Kampus

Hal yang Harus Dilakukan untuk Calon Mahasiswa

Selamat untuk temen temen yang telah naik kelas, Terutama untuk kamu yang baru naik kelas 12 SMA. Waktu akan terus berjalan tanpa menunggu mu saat malas ataupun tak siap. Kali ini kamu telah memasuki bangku sekolah dan bangun dari mimpi dan bergegas untuk menyiapkan diri.

Calon Mahasiswa

Kelas 12 merupakan masa-masa yang cukup kurang menyenangkan bagi anak SMA. Ujian kelulusan yang begitu banyak ditambah dengan seleksi masuk perguruan tinggi membuat siswa kelas 12 harus benar-benar siap. Dibanding ujian kelulusan, seleksi masuk perguruan tinggi menjadi hal yang harus lebih diperhatikan. Banyak siswa yang gagal masuk jurusan impian mereka sehingga salah jurusan atau harus mengulang tahun depan.

Di luar sana, banyak calon mahasiswa yang masih bingung bagaimana cara mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi. Bagi kamu yang sudah kelas 12 SMA, kamu bisa melakukan 7 hal bermanfaat berikut ini agar impian kamu masuk perguruan tinggi tidak hanya tinggal impian.

Kurangi Waktu Mainmu

SMA merupakan masa terindah yang pernah kamu alami, jadi banyak orang yang tidak akan meyianyiakan setiap moment di masa SMA. Namun kamu juga harus tau batasan batasan dalam bergaul. Pada kelas 10 sampai 11 kamu boleh mengkolaborasikan antara belajar dan bermain sekitar 50% dan 50 % . Namun saat kelas 12 kamu harus menurunkan intensitas kamu dalam bermain, karena boleh dikatakan kelas 12 merupakan waktu yang sangat menentukan bagimu kedepannya. Bila kamu ingin bekerja di kedinasan, kamu bisa mengikuti pendaftaran dan seleksi ikatan dinas seperti STAN, STIS, IPDN, STIN dan masih banyak lagi.

Jadi jangan sampai kamu menyianyiakan waktu di kelas 12 ini ya sahabat edura! Masa depan indahmu telah menantimu.

Memilih Jurusan Dengan Passionmu

Ini merupakan cara menentukan jurusan yang sesuai passion mu

  1. Melihat Potensi Diri
  2. Menyesuaikan Kepribadian (Personalitas)
  3. Menyesuaikan dengan Keinginan (Passion)
  4. Jangan Mengikuti Orang Lain
  5. Menggali Informasi
  6. Prospek Kerja
  7. Biaya Kuliah

Lebih lengkapnya kita kunjungi post kami sebelumnya disini

Belajar Tambahan di Luar Sekolah

Belajar disekolah terkadang hanya mengulas tentang beberapa pelajaran yang telah di rangkai oleh Kemendikbud. Jadi jangan heran bila dari setiap tes seperti SBMPTN ataupun Ikatan Dinas akan berbeda dan cendrung pertanyaan dan jawabanya terstruktur dan kompleks. Contohnya soal SBMPTN dimana setiap cara yang benar dan cara yang salah pasti ada jawabanya di pilihan gandanya. So… jangan terkecoh ya sobat edura !

Belajar dengan teman teman mu atau mau mengeluarkan uang yang lebih bisa mencoba mengikuti bimbingan belajar yang telah kamu percaya dan telah berpengalaman dalam menangani perihal SBMPTN atau Ikatan Dinas.

Namun, tidak semua siswa wajib bimbel ya. Kalau kamu bisa lebih fokus hanya dengan belajar sendiri, tidak masalah jika gak ikut bimbel. Namun, bagi kamu yang susah fokus, sangat disarankan untuk bergabung dengan bimbel.

Bergabung dengan Group PTN

Bergabung dalam group PTN di media sosial, biasanya terdapat di Line lebih tepatnya di Line Square. Didalamnya terdapat latihan soal soal beserta penjelasannya, Kamu juga bisa menanya didalam forum tersebut. Keuntungannya banyak lho. Kamu bisa menanyakan soal-soal sulit, mendapat lebih banyak informasi, menambah relasi, bahkan mendapatkan lebih banyak soal tryout.

Jangan Terfokus dengan Satu Tujuan

Nah, ini tips yang harus ditanamkan kuat-kuat bagi anak-anak kelas 12. Jalur undangan seperti SNMPTN mungkin merupakan impian banyak orang. Siapa sih yang gak mau lolos SNMPTN? Kamu gak perlu repot-repot mengikuti tes dan juga bisa liburan duluan di saat teman-teman kamu bingung cari kampus. Namun, terlena oleh harapan lolos SNMPTN itu berbahaya loh. Banyak sekali siswa yang berharap banget dengan SNMPTN karena nilainya sudah tinggi atau punya banyak sertifikat, tetapi akhirnya menangis karena ditolak.

Tidak hanya karena sakit di-PHP-in ya, tetapi juga hal ini membuat kamu akan leha-leha dalam belajar tes masuk. Ingat ya, di luar sana banyak anak-anak yang jauh lebih jago dari kamu. Jadi, kamu harus sadar bahwa menyiapkan diri untuk tes masuk perguruan tinggi sudah menjadi harga mati jika kamu ingin lanjut kuliah.

Rajin dan Rutin Belajar Materi

Mengikuti SBMPTN/ Ikatan Dinas yang pertama ini kamu harus banyak belajar tentang konsep bukan belajar cara cepat. Karena soal SBMPTN/Ikatan Dinas itu merupakan sebuah konsep yang dijabarkan. Cara cepat yang beredar merupakan proses pemangkasan dari Konsep dan cara pengerjaan. Jadi bijak bijaklah dalam memakai trik Cepat menjawab soal.

Guru kami memiliki tips dalam belajar ialah. Menjawab dan mencoba membahas soal SBMPTN dari tahun 2019 sampai 2014. Bila sobat edura sudah memahami pola soal, dijamin deh score SBMPTN/ Ikatan Dinas teman teman akan besar.

Berdo’alah

Seperti kita sedang melangkah dengan cepat dan tinggal satu langkah lagi untuk mencapai tujuan kita, namun terdapat lobang besar dan do’a itu di ibaratkan penyambung antara usaha dan tujuan kita. Belajar, berusaha tanpa do’a akan sia sia dan sebaliknya Do’a tanpa usaha juga akan sia sia. Karena dalam agama pun ada yang namanya Ikhtiar, berusaha terlebih dahulu, berdo’a dan tentang hasil kita pasrahkan kepada Allah SWT.

Minta do’alah kepada orang tua mu karena do’a orang tua merupakan perantara yang baik untuk Allah mengabulkan do’a doanya dan sebaliknya anak yang sholeh merupakan doa yang didengar oleh Allah SWT.

Work hard, Pray Hard”

Penutup

Sekian Info dari kami tentang Hal yang Harus Dilakukan untuk Calon Mahasiswa.  Informasi yang kami ambil merupakan opini dari penulis dan beberapa referensi IDN. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang perkuliahan . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih….

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura !

Tags

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close