Kampus

Analisis Fundamental, Cara Membaca Laporan Keuangan

Halo sobat edura! Dalam sukses berinvestasi saham tentunya banyak sekali aspek yang harus dianalisis. Semua ini dilakukan supaya kita bisa mendapatkan saham berkualitas bagus. Investasi saham yang sifatnya jangka panjang ini mengharuskan untuk menggunakan analisis fundamental sebagai sarana dalam berbelanja saham dimana bertujuan untuk mendapatkan profit di masa depan kelak. Mengenai analisis fundamental pun pelajaran yang tak bisa dilewatkan untuk dipelajari adalah cara membaca laporan keuangan.

Apa itu Laporan Keuangan?

Laporan keuangan merupakan berkas yang berisi riwayat berbagai macam transaksi baik dalam bentuk penjualan, pembelian, dan kredit dalam periode tertentu, baik itu perbulan, perkuartal, hingga pertahun.

Laporan keuangan sangat diperlukan bagi berbagai pihak, baik itu internal seperti langsung dari pihak perusahaan itu sendiri maupun eksternal untuk para stakeholder, OJK, investor, hingga masyarakat umum dalam mengambil keputusan.

Keberadaannya sangat penting supaya kita bisa tahu apakah kinerja perusahaan khususnya keuangannya masih bagus atau tidak. Juga berguna dalam mencatat riwayat transaksi yang pernah dilakukan perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Dalam dunia investasi sendiri kita bisa menganalisis laporan agar dapat mengetahui seberapa potensialkah perusahaan tersebut dalam jangka panjang juga mengestimasi berapa keuntungan yang akan didapatkan.

Laporan keuangan sendiri terbagi menjadi 4 bagian, yaitu :

  • NERACA (Balance Sheet)
  • LAPORAN LABA RUGI (Income Statement)
  • LAPORAN ARUS KAS (Statement of Cash Flows)
  • LAPORAN PERUBAHAN EKUITAS (Owner’ or Shareholders’ Equity Statement)

Cara Membaca Laporan Keuangan NERACA (Balanced Sheet)

Neraca berisi laporan mengenai kondisi perusahaan dari segi aset/aktiva, kewajiban/utang/beban (liabilities), dan modal (shareholder’s equity). Dalam investasi membaca NERACA dapat mengetahui seberapa kaya perusahaan tersebut.

Seperti namanya, NERACA ini bermaksud untuk mengetahui keseimbangan keuangan perusahaan yang terdiri dari :

Aset = Kewajiban + Modal

Biasanya laporan terdiri dari format bentuk T, dimana sebelah kiri merupakan aset yang dimiliki perusahaan sedangkan sebelah kanan adalah kewajiban/utang dan ekuitas/modal perusahaan. Kurang lebih formatnya akan seperti ini :

cara membaca laporan keuangan
  • Mengenai komponen dari aset lancar, utang jangka pendek, dll bisa berbeda-beda tergantung dari riwayat transaksi perusahaan

Selain format NERACA berbentuk T ada juga yang pola menurun seperti dibawah ini :

Aset sendiri merupakan harta atau sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan, contohnya seperti barang persediaan, mesin, uang cash, kendaraan, dll. Nah seluruh aset ini didapatkan dengan menggunakan uang dari pemegang saham (modal), profit yang dihasilkan (modal), dan utang (kewajiban)
Aset :

  • Aset lancar (aset yang mudah dikonversi menjadi kas) : kas, persediaan, piutang usaha
  • Aset tidak lancar (aset yang tidak mudah dikonversi menjadi uang) : bangunan, mesin, tanah

Hutang (kewajiban yang harus dibayarkan dari perusahaan kepada pihak yang memberi pinjaman) :

  • Hutang lancar – hutang yang harus dibayar dalam jangka pendek atau waktu setahun
  • Hutang tidak lancar – hutang yang sifatnya jangka panjang, seperti utang pada bank atau obligasi yang dikeluarkan perusahaan

Modal (merupakan segala yang dimiliki pemegang saham. Modal pun diperoleh dari total aset dikurangi total utang) :

  • modal disetor – uang yang pertama dibayar investor ketika saham pertama kali go public
  • Saldo laba ditahan – sebagian laba yang tidak diberikan kepada investor tapi digunakan kembali ke perusahaan

Tips dasar analisis NERACA bagi investor

  • Perusahaan berfundamental memiliki ciri pertumbuhan aset dan modal yang selalu pesat dari tahun ketahun
  • Aset lancar > utang lancar
  • Aset tidak lancar > utang tidak lancar
  • Modal > Utang
  • Selalu analisis antara aset dengan hasil penjualan. Karena jumlah aset yang besar tidak selamanya bagus karena bisa saja perusahaan sedang terjadi perputaran uang kas yang terhambat, produk tidak laku terjual, atau piutang tak tertagih. So, pastikan aset dan penjualannya tetap sama-sama maju dengan stabil

Cara Membaca Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi merupakan berkas yang didalamnya memuat informasi berupa pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Apa yang membedakannya dengan NERACA?

Jadi bisa dibilang laporannya lebih mengarah pada kinerja operasional perusahaan. Laporan inilah yang nantinya akan menghasilkan apakah dari hasil penjualan atau bisnisnya itu perusahaan itu untung atau rugi atau “kemampuan perusahaan dalam menghasilkan uang”.

Hal inilah yang membuat laporan laba rugi merupakan bagian yang paling diminati investor, informasi yang dimuat berupa pendapatan perusahaan, pengeluaran, dan laba/rugi pada periode tertentu.

Isi dari laporan laba rugi sendiri diantaranya sebagai berikut

  • Penjualan Bersih – keuntungan yang diterima dari hasil penjualan barang/jasa. Contoh sederhananya seperti seorang tukang bakso mendapatkan keuntungan dari bakso permangkuk/plastik yang dijualnya.
  • Beban Pokok Penjualan – biaya yang digunakan sebagai modal membuat produk atau jasa yang dijual. Misalnya bahan atau bumbu untuk membuat bakso, saus, garam, dll.
  • Beban Usaha – biaya yang bersumber dari operasi bisnis (selain modal membuat produk) seperti keperluan marketing, gaji, riset, dll
  • Penghasilan/Beban lain-lain – penghasilan atau biaya yang muncul karena kegiatan finansial, seperti pendapatan bunga, selisih kurs, dll.

Seperti yang telah dinyatakan sebelumnya, fungsi utama laporan laba/rugi ini adalah untuk menentukan apakah suatu perusahaan tersebut memperoleh keuntungan atau malah rugi dalam bisnisnya. Oleh karena itu berikut adalah cara menentukan untung/ruginya perusahaan :

Laba kotor = Penjualan Bersih – Beban Pokok Penjualan

Laba usaha = Laba Kotor – Beban Usaha

Laba bersih = Operating Profit – Beban lain-lain – Pajak

Berikut adalah contoh laporan laba rugi :

Tips Dasar Analisis Laporan Laba Rugi bagi Investor

  • Perusahaan yang memiliki fundamental baik adalah dimana pendapatan lebih besar dari pengeluaran yang berarti perusahaan tersebut untung.
  • Carilah perusahaan dengan angka EPS yang terus meningkat selama 5 tahun terakhir
  • Perhatikan laba usaha karena bila angkanya tinggi berarti perusahaan berhasil mengontrol biaya dan meningkatkan penjualan secara efisien
  • SEKALI LAGI selalu perhatikan perkembangan komponen diatas selama 5 tahun terakhir. Karena sering terjadi perusahaan yang tahun sebelumnya merugi tapi mengalami peningkatan laba secara signifikan. Hal seperti ini perlu diwaspadai
  • Angka penjualan harus tumbuh setiap tahun, namun hati-hati bila ada peningkatan yang terlalu drastis

Cara Membaca Laporan Arus Kas

Laporan arus kas sendiri adalah laporan yang berisi informasi mengenai dampak kegiatan operasi, investasi, dan pendanaan perusahaan terhadap arus kas selama sepanjang periode akuntansi.

Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa laporan arus kas dibuat supaya dapat memberikan informasi seputar pergerakan uang dimulai dari pergerakan uang masuk baik itu dari hasil penjualan, penerimaan dana, investasi, dll hingga pengeluaran seperti utang, membayar gaji karyawan, dll.

Berikut adalah contoh gambar laporan arus kas dari PT. Astra Internasional Tbk

laporan keuangan

Komponen dari laporan ini terdiri dari arus kas dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan. Nah mengenai arus kas dari aktivitas operasi dan juga pendanaan ini menunjukkan darimana perusahaan bisa mendapatkan uang. Sedangkan arus kas dari aktivitas investasi menunjukkan bagaimana perusahaan membelanjakan uangnya.

  • Arus kas dari aktivitas operasi – arus kas yang dihasilkan dari operasi bisnis perusahaan. Dihitung dari penerimaan penjualan dikurangin berbagai pengeluaran beban usaha
  • Arus kas dari aktivitas investasi – arus kas yang diperoleh dari riwayat pembelian maupun penjualan akses. Atau ketika perusahaan melakukan investasi di perusahaan lain dan berbagai instrument investasi
  • Arus kas dari aktivitas pendanaan – arus kas yang dihasilkan dari penerimaan dan pembayaran pinjaman.

Manfaat laporan arus kas bagi investor sangat berguna bagi pihak yang lebih senang menerapkan metode analisis konservatif dalam mengukur kinerja perusahaan. Karena dibandingkan dengan laporan lain seperti laporan laba rugi, laporan arus kas ini tidak mudah untuk dimanipulasi karena sumber informasinya langsung dari jumlah kas di rekening bank dan menghasilkan informasi yang lebih riil.

Tips Dasar Analisis Laporan Arus Kas bagi Investor

  • Pastikan bahwa total kas mengalami kenaikan, hal ini agar perusahaan dapat melaksanakan operasi bisnis yang selanjutnya. Kas dengan peningkatan yang positif bisa digunakan untuk membayar utang, buyback (membeli kembali) saham, dll. Pada intinya membuat perusahaan dapat menghindari pinjaman dan lebih mandiri
  • Tapi tetap saja dari kenaikan total kas antara perbandingan awal tahun dan akhir tahun PERHATIKAN pula darimana sumber kas tersebut berasal. Dari aktivitas operasi kah? Investasi? Pendanaan? Tentu saja perusahaan yang baik adalah yang kasnya berasal dari operasi bisnis.

Cara Membaca Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan perubahan ekuitas berisi perbandingan ekuitas (modal) dari awal hingga akhir periode. Isinya serupa dengan laporan neraca, hanya informasi modalnya lebih detail, yaitu dengan adanya perubahan pada moda perusahaan. Analisis laporan perubahan ekuitas digunakan untuk melihat perubahan modal dari awal hingga akhir periode.

Berikut contoh laporan perubahan ekuitas

cara membaca laporan keuangan

Darimana Kita Bisa Mendapatkan Informasi Laporan keuangan Perusahaan?

  • Koran nasional terutama kotan bisnis
  • www.reuters.com
  • RTI
  • Website resmi perusahaan
  • Website BEI, dapat dibuka disini

Sekian Info dari kami tentang Analisis Fundamental Cara Membaca Laporan Keuangan Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau seputar kampus  ini. Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Tags

Elvira

Sedang menyelesaikan studi di Universitas Padjadjaran jurusan Ilmu Komunikasi. Senang berorganisasi dan menghasilkan konten yang bermanfaat seputar beasiswa, perkuliahan, dan topik di jurusan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close