KampusSBMPTN

Belajar Bahasa Inggris dengan Menonton Film.

Mungkin bagi sebagian besar orang, belajar bahasa Inggris merupakan momok paling menakutkan. Ya karena bayangkan saja kita sebagai orang Indonesia, berbicara bahasa Indonesia dituntut harus menguasai bahasa inggris yang notabene merupakan bahasa yang paling sulit untuk dipelajari.

Susahnya belajar bahasa inggris tuh dimulai dari pembelajaran tata bahasa ketika berbicaranya, menulis kosakata dengan huruf yang runtut, dan terutama musuh terbesar kami.. dat fuckin grammar. Jangankan belajar komponen penting tadi sih.. bahkan mengumpulkan niat saja sudah susah.

Soalnya males gak sih harus baca bukunya dulu lah, ngapalin setiap kosakata dari kamus, dengerin sesi listening yang bikin suntuk lah. Eits.. walaupun emang susah tapi tetep gak boleh nyerah. Makannya disini bakal dikasih tips belajar bahasa inggris tersantuy, yaitu sambil nonton film.

Mengapa Gaya Belajar Bahasa Inggris Seperti Ini bisa Berhasil?

belajar bahasa inggris
Photo by Ivan Shilov on Unsplash

Belajarnya lebih real


Tentu saja karena kamu literally melihat dan mendengarkan dialog bahasa inggris secara langsung dalam bentuk film. Dimana film sendiri kan konteksnya lebih pada plot cerita kan?

Otomatis akan banyaaakkk sekali gaya bahasa dan kosakata beragam yang bisa kamu dapatkan dengan menonton film. Soalnya ngomongnya pun sudah benar-benar dalam jangka luas, orang itu film kok. Bisa membicarakan apa saja, sesuai dengan alur cerita filmnya.

Pasti sangat berbeda dengan hanya belajar dari buku atau listening khusus mengenai belajar bahasa inggris. Dimana kosakatanya cenderung terbatas dan terkesan kaku bahkan membosankan karena hanya membahas percakapan sederhana.

Ohiya, selain bakal panen kosakata baru, juga peluang hapalnya lebih gampang. Karena biasanya belajar dengan cara yang menyenangkan dan antusias juga tanpa beban akan memori otak pun semakin kuat dalam mengingat.

Kan kalau nonton film tuh akan banyak scene-scene seru yang membuatmu otomatis akan mengingat setiap momen dari film itu, termasuk apa yang tokoh sampaikan.

Kosakata Bahasa Inggris sebagai Konteks


Biasanya ketika kita berusaha belajar bahasa inggris dengan cara tradisional, seperti menghapal kosakata di kamus misalnya. Kamu mungkin bisa saja menghapalkan beberapa kata, tapi apa kamu tahu fungsi dari kata-katanya sendiri untuk apa?

Kamu hapal kosakatanya, tapi gak tahu gimana cara menggunakannya dalam runtutan kata atau kalimat.

Namun, dengan belajar bahasa inggris melalui film semuanya jadi beda. Karena film pastinya akan memberi contoh langsung gimana sih cara menggunakan kosakata tersebut menjadi suatu rangkaian kalimat yang baik.

Misalnya saja kalau film, kamu senangnya dengan genre romance nih. Otomatis kamu pun akan tahu bukan hanya sekedar kosakata doang tapi langsung berbagai rangkaian kalimat yang membuatmu makin ngerti gimana sih ngerangkai kata yang bener tuh.

Bahkan beberapa kata-kata yang dilontarkan pemerannya pun bisa digunakan sebagai quotes ala-ala untuk ngegombal atau sekedar caption ig misalkan? wkwk

Sekalian Belajar Grammar


Tahu gak sih? Kalo kamu dibiasain nonton film dengan berbahasa inggris tentunya. Secara tidak langsung kamu akan mempelajari juga fungsi-fungsi grammar.

Bahkan banyak teman-temanku juga yang jadi paham runtutan penggunaan verb dan berbagai tenses, direct dan indirect, dll berkat memperhatikan bahasa yang digunakan pada film.

Yaa.. walaupun kadang sering juga ada film yang menggunakan rangkaian bahasa yang terlalu santuy sehingga grammar pun gak diperhatiin lagi. Jadi pada gagasannya belajar dari nonton film tuh bikin kamu fasih dalam berbicara dan menulisnya.

Walau gak sampai level grammar nazi juga (golongan orng yg jago bat grammar sampe salah dikit pun langsung dikritik)

Rekomendasiin dong List Filmnya wkwk

belajar bahasa inggris
Photo by Jakob Owens on Unsplash


Buat kamu yang pingin belajar bahasa inggris dengan nonton santuy ria, nih beberapa rekomendasinya. Ohiya, btw list film ini lebih memprioritaskan untuk meningkatkan potensi bahasamu. Jadi listnya gak semua yang terkini atau lagi trend-trendnya sih. Tapi tetep seru kok!

Men In Black
List film disini gak sembarang ngasih film. Film ini sengaja dipilih karena selain emang plot ceritanya yang seru bernuasa komedi out of the box, juga diperankan langsung sama Will Smith.

Maksudnya disini bukan karena diperankan oleh aktor populer saja, tapi aktor ini memang menjadi tokoh utama yang memiliki pronunciation bahasa inggris yang sangat jelas. Sehingga cocok banget buat kamu yang pengen ngasah keterampilan listening.

The End of The F*cking World
Film ini bisa dibilang unik sih, karena walaupun nuansanya terkesan Amerika banget. Nyatanya keseluruhan pemeran tokoh dan latarnya tuh di Inggris. Jadi rasakan sensasi estetika amrik dengan logat khas british.

Bikin kamu sekalian belajar bahasa inggris british dimulai dari cara speaking dan listening. Ohiya ceritanya juga seru banget dan bentuknya series ya ini.

Berikut rentetan film lainnya
– Finding Nemo
– Harry Potter
– Hunger Games
– The Babadook
– Annihilation
– Forrest Gump
– The King’s Speech
– Toy Story
– The Theory of Everything
– Lord of The Rings
– Pirates of Carribean

Sekian Info dari kami tentang Belajar Bahasa Inggris dengan Menonton Film.. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau seputar kampus  ini. Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Tags

Elvira

Sedang menyelesaikan studi di Universitas Padjadjaran jurusan Ilmu Komunikasi. Senang berorganisasi dan menghasilkan konten yang bermanfaat seputar beasiswa, perkuliahan, dan topik di jurusan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close