EkonomiKampus

Harus banget Mempelajari Analisis Fundamental? Part 2

Artikel seputar mempelajari analisis fundamental ini adalah pembahasan dari topik sebelumnya, yaitu Apakah Investasi Saham Wajib Belajar Analisis Fundamental? Jadi alangkah baiknya buat kamu yang baru mampir, untuk baca yang part pertama dulu supaya lebih paham. Makasihh!
Yuk Lanjut..

mepelajari analisis fundamental

Nah bisa dilihat pergerakan saham ASII terus meningkat secara stabil. Hanya saja walaupun terus meningkat coba lihat lagi baik-baik, harganya pun sempat mengalami fluktuatif, sempat tergerus turun. Bahkan sempat tergerus cukup dalam, khususnya pada 2008 lalu karena karena terimbas krisis global.

mepelajari analisis fundamental

Lalu begitu sempat mengalami kelesuan, begitu kembali stabil, ASII pun langsung melesat naik secara pesat bahkan berhasil mencetak rekor kenaikan harga yang baru. Dengan kata lain, harga saham itu sangat ditentukan oleh fundamental perusahaannya. Bila sedang terjebak pada kondisi ekonomi lesu, biasanya perusahaan dengan fundamental baik pasti akan lebih cepat bangkit lagi.

Jadi bisa disimpulkan bahwa kondisi fluktuasi harga dipengaruhi oleh kinerja perusahaannya. Nah begitu pula keadaan perusahaan pun bergantung kondisi perekonomian global.

Dengan belajar analisis fundamental sendiri akan membantumu untuk bisa menganalisis perekonomian baik secara makro dan mikro

Dengan menerapkan analisis fundamental pun bisa membuat kamu jadi lebih aware dengan apa yang terjadi pada keadaan perekonomian di Indonesia.

Bahkan jika sudah benar-benar mahir, bukan tidak mungkin lagi bila kamu mampu memprediksi nasib perekonomian di Indonesia akan seperti apa kedepannya.

Sehingga kamu jadi bisa lebih mantap dalam memutuskan kapan masuk atau keluar dari pasar saham. Bursa saham adalah refleksi dari prestasi ekonomi suatu negara.

Dengan melakukan analisis makro ekonomi, maka kita bisa memprediksi apakah perekonomian suatu negara sedang kuat atau tidak. Karena perekonomian yang kuat berarti pergerakan sahamnya pun akan terus naik juga.

Kamu jadi dapat mengetahui apakah perekonomian negara sedang berkembang atau justru sedang menurun. Nah darisitu, bila perekonomian sedang tumbuh itu adalah kesempatan untuk melakukan investasi saham.

Sebaliknya bila perekonomian sedang lesu justru saat itulah waktunya untuk menghindari investasi saham. Karena pastinya pergerakan sahamnya pun sedang tidak bergairah.

Mempelajari Analisis Fundamental dapat memilih saham terbaik saat berinvestasi

Seperti yang telah dinyatakan sebelumnya bahwa masih banyak yang asal-asalan saat memilih saham. Padahal di bursa saham sendiri sudah ada 600 an pilihan yang bisa dibeli. Itu pun belum termasuk akan ada saham yang IPO atau perusahaan baru yang menawarkan perdana di bursa saham.

Masalahnya tidak semua saham pilihan ini memiliki fundamental yang baik. Sering kali muncul saham busuk/gorengan. Dimana ada saham yang mengalami pelonjakan kenaikan harga yang tajam lalu merosot tajam dalam waktu singkat.

Sama seperti halnya kamu berbelanja buah-buahan, kamu tidak ingin membeli buah yang sudah busuk bukan?

Untuk meminimalisir hal inilah yang membuat belajar analisis fundamental itu penting, teman-teman. Karena kamu jadi bisa memilah dan memfilter saham sehingga walaupun jumlah sahamnya sangat banyak, tapi kamu masih bisa menyeleksi dan fokus hanya cukup saham dengan fundamental baik saja. Sehingga…

Dapat meminimalisir risiko sekaligus meningkatkan profit

Karena kamu sudah memutuskan untuk memilih saham dengan fundamental baik, maka kamu bisa terhindar menjadi korban membeli saham busuk yang mengalami kenaikan harga karena hasil gorengan bandar. Apalagi sampai membeli saham yang perusahaannya terancam bangkrut!

Bahkan analisis fundamental pun turut menguntungkan para trader (berinvestasi jangka pendek). Soalnya trader tidak hanya bergantung pada kesimpulan dari pergerakan saham saja, tapi karena sudah tahu dengan seluk-beluk perusahaannya seperti apa dan sudah tahu situasi ekonomi negara. Jadi mengawasi pergerakan harganya bisa lebih santai.

Mempelajari Analisis fundamental = Anti Mood Swing

Biasanya fenomena yang umum terjadi di dunia pasar modal adalah perasaan naik turun mengikuti pergerakan saham. Khususnya untuk pemula yang naik dikit langsung ngefly tapi terkoreksi cuma sehari galaunya bukan main.

Nah dengan belajar analisis fundamental dan sudah menguasai kemampuan analisis perusahaan akan membuat kamu tidak mudah terpengaruh oleh fluktuasi harga sehingga emosi pun lebih terjaga deh!

Termasuk bila kondisi ekonomi sempat mengalami kelesuan parah seperti yang terjadi pada 1998 lalu. Walaupun ujian ini berdampak pada saham perusahaan andalanmu yang juga ikut ambyar.

Saham dari fundamental terbaik masih bisa kamu pertahankan dan hanya tinggal menunggu sampai harganya melambung.

Sekian Info dari kami tentang Harus banget Mempelajari Analisis Fundamental? Part 2 Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau seputar kampus  ini. Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih



Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close