EkonomiKampus

Apakah Analisis Fundamental Wajib Dipelajari di Dunia Saham?

Hal seperti ini memang sering ditanyakan oleh masyarakat yang berniat untuk terjun di pasar modal. Banyak yang menanyakan apakah benar analisis fundamental wajib dipelajari?

Bila ingin menjadi investor bijak dan sukses di masa yang akan datang maka jawabannya iya.

Analisis fundamental adalah metode yang wajib dipelajari terlebih dahulu sebelum seseorang memberanikan diri untuk membeli saham. Kenapa sih harus banget?

Karena membeli saham itu tidak sembarangan seperti shopping. Terjun dalam dunia investasi sama saja dengan mempercayakan modalmu pada perusahaan, dengan kata lain kamu sedang “membeli bisnis”.

Berbeda dengan shopping dimana sering terjadi kebiasaan ketika membeli suatu barang tanpa alasan yang jelas.

Seperti sedang scrolling di platform belanja online lalu kamu melihat barang yang menarik walaupun gak butuh amat tapi kamu tetap membelinya. Nah di dunia saham tidak bisa asal jual beli seperti itu.

Nih berikut penjelasan dasar seputar analisa fundamental dan teknikal yang bisa kamu ketahui terlebih dahulu.

Selama menjadi investor, sebelum memutuskan membeli saham, setidaknya harus bisa menjawab pertanyaan ini :

Apakah Saham ini Layak Dimiliki?

Memang masih sering terjadi kesalahpahaman ketika terjun ke pasar saham, yaitu terjebak mindset “ingin cepat kaya”. Makannya selalu membeli saham dengan gegabah tanpa berpikir panjang apakah saham pada perusahaan tersebut valuable atau tidak. Bahkan banyak pula yang memperlakukan jual beli saham layaknya judi atau bersifat spekulan.

Maka jangan heran bila banyak investor yang gugur di medan tempur karena langkah awalnya saja sudah asal-asalan. Karena terlanjur rugi terlalu banyak. Darisana lah terbentuk kesalahpahaman baru bahwa investasi saham itu penipuan atau cuma bikin rugi.

Padahal sebagai investor itu layaknya pembisnis pada umumnya, sekali membeli saham perusahaan A, maka harus tahu seluk-beluk bisnisnya juga dong?

Makannya Belajar Analisis Fundamental itu Hukumnya Wajib

Seorang investor itu seharusnya melakukan investasi berdasarkan nilai fundamental perusahaan. Seperti apakah kemampuan/kinerja perusahaan ini masih bisa bertahan dan memberikan laba di masa yang akan datang atau tidak?

Dengan kata lain kamu harus memahami betul prospek perusahaan yang hendak dibeli. Seperti halnya wiraswasta pada umumnya, ketika hendak terjun di dunia usaha mereka pasti melakukan riset terlebih dulu, bukan?

Seperti apakah ranah usaha yang diambil sudah sesuai dengan demand pasar kah, atau apakah kondisi strategi manajemennya memungkinkan untuk bersaing dengan bisnis lainnya kah.

Nah, investor pun harus bisa melakukan riset mendalam seperti itu. Darisinilah analisis fundamental pun diperlukan. Karena dengan mempelajari analisis ini akan mempermudah seseorang dalam menelusuri kinerja perusahaan secara mendalam.

Aspek Fundamental Perusahaan akan Berdampak pada Harga Sahamnya

Bisi dbilang harga saham adalah cerminan kualitas perusahaan. Oleh karena itu untuk kamu yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang atau hanya jual beli saham seperti trader pun, belajar analisis fundamental pun jadi suatu keharusan.

Karena walaupun harga saham bersifat fluktuatif pun, ciri-ciri perusahaan yang baik selalu memiliki harga saham yang selalu meningkat secara mantap. Misalnya saja seperti Bank BCA dengan kode saham BBCA.

BBCA merupakan saham dengan kapitalisasi terbesar di bursa efek Indonesia. Bahkan masyarakat umum pun sudah mengenal bank ini sebagai bank swasta terbesar di Indonesia.

Hal ini karena BCA mampu menghasilkan profit terbaik bagi pemegang saham dan memiliki rasio antara aset yang terbaik. Berarti artinya bank BCA memiliki sistem pengelolaan yang efisien dari sisi profitabilitasnya.

Seperti yang telah dinyatakan sebelumnya, bila perusahaan memiliki kinerja yang bagus, maka akan berpengaruh pada harganya bukan? Nah maka lihatlah grafik saham BBCA dibawah ini

analisis fundamental wajib dipelajari?

Berikut adalah grafik saham BBCA dari 2007 hingga saat ini. Grafik ini diambil per-tahun. Bisa dilihat kan bahwa grafiknya terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. Hal inilah yang membuat saham ini memang selalu diandalkan oleh investor.

Walaupun sama seperti keseluruhan emiten, BBCA pun turut jadi terkoreksi tajam akibat pandemik corona ini. sempat menurun pada awal tahun 2020 ketika virus corona dikabarkan pertama terjadi di Wuhan, China dan sudah mulai menyebar ke beberapa negara.

Bisa dibilang penurunan ini diantara malapetaka bagi pemilik saham BBCA dan berkah bagi investor lain karena memandang fenomena ini sebagai diskon. Kenapa bisa begitu? Berikut adalah contoh pergerakan saham Astra Internasional Tbk dengan kode ASII.

Analisis fundamental wajib dipelajari?

Kita sendiri pun tahu bahwa ASII memiliki jajaran produk berkualitas. ASII sendiri merupakan perusahaan kolosal yang bergerak sektor aneka industri atau lebih spesifiknya otomotif. Astra sendiri memiliki pangsa pasar yang sangat besar, manajemen yang solid juga transparan, dan memang masyarakatnya sendiri memiliki permintaan terhadap kendaraan pribadi yang cukup tinggi.

TO BE CONTINUED >>

Yep Pembahasan kita belum sampe disitu lohh! Makannya pantengin terus edura.id supaya bisa update terus wawasan baru seputar dasar-dasar dari dunia investasi saham.

Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Tags

Elvira

Sedang menyelesaikan studi di Universitas Padjadjaran jurusan Ilmu Komunikasi. Senang berorganisasi dan menghasilkan konten yang bermanfaat seputar beasiswa, perkuliahan, dan topik di jurusan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close