EkonomiKampus

Analisis Fundamental vs Analisis Teknikal

Berbagai alasan mengapa sebagian masyarakat masih enggan untuk melakukan investasi terutama saham karena kesulitan dalam memprediksi naik turunnya harga saham. Memang benar, pada dasarnya bila ingin berperan sebagai investor aktif maka harus memahami 2 aspek penting, yaitu analisis fundamental saham dan analisis teknikal.

Hal ini karena pergerakan harga saham itu bergantung dari berbagai aspek atau kondisi ekonomi baik dalam lingkup mikro maupun makro. Darisanalah keterlibatan analisis yang teliti dan mendalam pun diperlukan dan biasanya untuk bisa menguasai kedua analisis ini memang membutuhkan waktu.

Membahas analisis fundamental saham dan analisis teknikal sendiri, tahukah kamu? Bahwa keduanya merupakan dua hal yang berbeda. Bahkan penggunaan analisis ini ada hubungannya dengan tujuan seseorang ketika berinvestasi karena fokus yang ditelaahnya pun sudah berbeda.

Secara garis besar, intinya analisis fundamental itu berfokus pada aspek perusahaan secara keseluruhan dan bersifat jangka panjang. Sedangkan analisis teknikal mengarah pada analisis pergerakan harga sahamnya saja, sehingga sifatnya jangka pendek. Masih bingung? Tenang saja, berikut ada penjelasan lebih jauh mengenai analisis keduanya.

Apa itu Analisis Fundamental?

Analisis fundamental itu bisa diumpamakan seperti bertani. Supaya petani bisa mendapatkan hasil panen yang memuaskan, pastinya akan ada beberapa aspek yang harus dipastikan dulu, bukan? Seperti apakah cuacanya memungkinkan untuk bertani, kualitas benih, ketersediaan pupuk, kualitas atau kelembapan tanah, kadar Ph tanah, kebutuhan pasar, dll.

Supaya selain hasil panennya bagus juga laku dibeli oleh konsumen. Hal ini juga berlaku bagi analisis ini.

Analisis fundamental adalah analisis yang berfokus pada berbagai faktor seperti kinerja perusahaan, analisis ekonomi dan pasar makro-mikro, analisis persaingan perusahaan, analisis industri.

Sehingga dapat ditarik keputusan apakah perusahaan tersebut masih sehat atau tidak? Apakah aman untuk memulai investasi di perusahaan tersebut? Apakah perusahaan masih bisa memberikan keuntungan di masa yang akan datangkah? Atau apakah perekonomian secara nasional dan internasional masih dapat bertumbuh atau sedang lesu?

Dengan kata lain fundamental analysis berfokus pada kondisi lingkup makro (ekonomi global, inflasi, GDP, BI rate) hingga lingkup mikro (analisis perusahaan per-sektoral, kondisi perusahaan, laporan keuangan, manajemen perusahaan).

Dengan banyaknya komponen yang harus dianalisis seperti ini memang bisa disimpulkan jika investasi yang dilakukan ini untuk jangka waktu yang lama.

Karena dengan menelaah suatu perusahaan berdasarkan proses penyaringan dari efek ekonomi makro lalu ada pengerucutan analisis menuju aspek yang lebih spesifik dari ke bidang (sektor) perusahaan, hingga per-perusahaan satu-persatu, investor.

Jadi bisa memutuskan apakah perusahaan tersebut memiliki kinerja yang mumpuni sehingga dapat dipercaya untuk menanamkan modalnya untuk menjadi pemilik perusahaan tersebut agar memperoleh laba.

Apa itu Analisis Teknikal?

Nah sedangkan untuk analisis teknikal sendiri, kita bisa membayangkannya seperti jual beli produk.

Biasanya penjual akan memutuskan produk apa yang akan dibeli yang kemudian dijual kembali ke pasaran, supaya hasil jualnya bisa mendapatkan laba maka harus terjadi selisih harga beli dan jual bukan? Analisis teknikal pun sama.

Jadi tujuan dari analisis ini bukan untuk menjadi pemilik perusahaan dalam jangka panjang. Tapi hanya membeli sahamnya dalam waktu yang singkat lalu menjualnya saat harga saham tersebut naik.

Dengan kata lain technical analysis hanya menelaah seputar fluktuasi harga sahamnya saja dengan memprediksi apakah harganya sedang naik atau turun. Biasanya musim membeli terjadi ketika harga saham sedang turun, baru menjualnya lagi saat harganya naik.

Darisana lah kamu akan mendapatkan capital gain atau keuntungan yang diperoleh saat menjual saham.

Selama menggunakan analisis teknikal, akan ada beberapa indikator yang harus dipahami dulu, seperti stochastic, moving average,RSI, Bollinger Bands, dll. Nah bisa dibilang beberapa indikator inilah yang akan membantu pengguna supaya bisa menganalisis fluktuasi harga saham dengan lebih akurat.

Perbedaan Analisis Fundamental dan Analisis Teknikal

PerbedaanAnalisa FundamentalAnalisa Teknikal
Jangka WaktuMenyimpan saham atau menjadi memiliki perusahaan dalam jangka waktu yang lama, bahkan bisa berpuluh-puluh tahun.Hanya membeli saham dalam jangka waktu yang singkat, biasanya hanya 1 bulan, 3 bulan, beberapa hari dan jam. Bahkan level yang ekstrim seperti beli di pagi hari lalu jual lagi sorenya.
TujuanAnalisis ini umum digunakan bagi seseorang yang ingin menjadi investor atau pemilik perusahaanAnalisis ini umum digunakan bagi yang ingin menjadi trader, atau melakukan jual beli saham secara rutin dan mengambil keuntungan dari pergerakan harga. Atau seperti yang dinyatakan sebelumnya, yaitu menjadi pemilik saham dalam sementara.
Objek yang dianalisisDimulai dari perekonomian tingkat makro sampai, analisis sektoral seperti dimulai dari analisis beberapa perusahaan yang bergerak di sektor/bidang pertanian atau pertambangan, konsumsi, dll. Lalu menganalisis langsung perusahaannya baik secara kualitatif :
-manajemen
-posisi perusahaan dalam industri
-model bisnis, dll
maupun kuantitatif
– laporan keuangan
-rasio finansial
Sedangkan objek yang ditelusuri analisis ini lebih kepada pergerakan harga saham. Jadi hanya berfokus pada harga sahamnya saja yang tersedia dalam bentuk grafik/chart. Untuk membantu analisisnya sendiri, disertakan dengan beberapa indikator seperti :
– Moving Average
– Relative Strength Index (RSI)
– Moving Average Convergence Divergence (MACD)
– Stochastic
Sebetulnya ada banyak sekali indikator, tapi yang disebutkan diatas inilah yang umum digunakan.
KeuntunganKeuntungan yang diperoleh berupa dividen atau merupakan pembagian laba kepada pemilik saham berdasarkan banyaknya saham yang dimilikiKeuntungan yang diperoleh adalah capital gain atau hasil untung dari selisih harga beli dan jual.

Sekian Info dari kami tentang Analisis Fundamental vs Analisis Teknikal Informasi yang kami ambil merupakan ide dari penulis. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang ekonomi . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih



Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close