Kampus

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah D3 atau Vokasi

Hai Sahabat Edura! Kali ini admin akan share pengalaman pribadi nih kenapa sih kamu harus kuliah D3 daripada S1. Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi dari admin ya, yuk simak pembahasannya ya!

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah D3 atau Vokasi

Negara Indonesia memiliki beberapa perguruan tinggi dengan berbagai pilihan fakultas serta jurusan kuliah yang dimiliki. Penentuan jurusan kuliah merupakan salah satu problematika yang biasanya dialami siswa-siswi SMA/SMK ketika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Hal ini perlu dipikirkan secara matang karena nantinya akan berpengaruh pada masa depan, terutama dalam membentuk motivasi seseorang untuk mencapai suatu hal terbaik sesuai apa yang mereka jalankan.

Melihat banyaknya perguruan tinggi di Indonesia dengan beberapa fakultas serta beragam jurusan di dalamnya, tahukah Sahabat Edura, bahwa di Indonesia terdapat Program Pendidikan Sekolah Vokasi ? Sekolah Vokasi adalah program pendidikan keahlian yang berorientasi pada penerapan ilmu praktik. Berbeda dengan sistem jenjang pendidikan S1, S2, dan S3, Sekolah Vokasi mendidik mahasiswanya agar menjadi lulusan yang berkompeten serta terampil dalam dunia kerja.

Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan Revolusi Industri 4.0 saat ini, Indonesia dengan jumlah pengangguran mencapai 7 juta jiwa dituntut untuk mampu memenuhi permintaan tenaga kerja terampil untuk pasar kerja domestik maupun pasar internasional. Sekolah Vokasi adalah salah satu solusi untuk menjawab tuntutan tersebut. Hal ini dikarenakan Sekolah Vokasi menerapkan sistem kurikulum dengan 70% praktik industri dan 30% teori yang siap mencetak SDM terampil dan siap kerja, sehingga diharapkan terjadi penurunan dalam angka pengangguran di Indonesia. Lalu apa saja keunggulan dari Program Pendidikan Sekolah Vokasi ?Lebih banyak praktik daripada teori

Lebih banyak praktik daripada teori

Sekolah Vokasi pada dasarnya memiliki kurikulum yang lebih berorientasi dalam mencetak lulusan terampil agar siap dalam menghadapi dunia kerja. Program pendidikan ini sangat cocok bagi kalian yang tidak terlalu menyukai teori, tetapi menyukai sistem pendidikan dengan praktik terjun langsung ke lapangan.

Sebagian besar dosen yang mengajar di Sekolah Vokasi berasal dari seorang praktisi dengan keahlian di bidangnya masing-masing dan ketika semester akhirpun, mahasiswa vokasi akan diwajibkan magang di berbagai perusahaan baik dalam negeri ataupun luar negeri demi menghadapi dunia kerja nantinya.

Jadi, dengan adanya sistem tersebut biasanya suatu perusahaan akan lebih mempertimbangkan pemilihan tenaga kerja dari Sekolah Vokasi yang memiliki keunggulan kompetensi khusus dalam bidang keahlian.

Kuliah singkat

Lamanya waktu menempuh pendidikan di Sekolah Vokasi adalah 3 tahun, berbeda dengan sarjana yang membutuhkan waktu lebih lama. Hal tersebut disebabkan adanya sistem paket mata kuliah yang telah ditentukan oleh masing-masing pihak perguruan tinggi.

Jika lulus sarjana harus membuat laporan skripsi terlebih dahulu, di Sekolah Vokasi salah satu syarat lulus adalah membuat laporan Tugas Akhir (TA). Tugas ini dibuat sesuai dengan apa yang dilakukan saat magang di sebuah perusahaan.

Berpeluang dalam menghasilkan seorang pengusaha

Pendidikan Vokasi sangat berhubungan dengan wirausaha. Terdapat beberapa jurusan tertentu di suatu perguruan tinggi yang menuntut mahasiswanya agar mampu secara mandiri menciptakan atau mengembangkan suatu usaha melalui pembelajaran praktik di suatu mata kuliah.

Pembelajaran tersebut dimulai dari adanya tugas kuliah mengunjungi suatu perusahaan, menganalisis suatu usaha, menciptakan dan memasarkan suatu produk,dll. Hal ini didukung pula dengan adanya program vokasi dalam menghasilkan tamatan yang memiliki kompetensi penguasaan IPTEK, produktif, berpenghasilan sendiri, unggul dalam bersaing secara global, serta upaya meniciptakan kualitas tenaga yang terampil.

Beragam pilihan program jurusan

Jurusan di Sekolah Vokasi biasanya lebih spesifik, tidak ada di jenjang pendidikan sarjana. Contohnya adalah jurusan Paramedik Veteriner, Manajemen Agribisnis, Teknologi Manajemen Perkebunan, Ekonomi Terapan, Supervisor Jaminan Mutu Pangan, Manajemen Perhotelan, dll.

Peluang kerja besar dan dapat melanjutkan ke jenjang ekstensi

Lulusan Sekolah Vokasi memiliki kesempatan yang sama dengan lulusan sarjana dalam mendapatkan pekerjaan. Lulus dengan gelar keahlian, adanya sertifikat profesi, dan pengalaman dalam magang merupakan hal potensial yang dapat dijadikan pertimbangan instansi pemerintah atau perusahaan dalam merekrut tenaga kerja lulusan vokasi.

Selain itu, lulusan Sekolah Vokasi juga berkesempatan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana atau ekstensi dengan waktu studi 2 tahun. Bahkan, terdapat beberapa instansi yang memiliki program untuk membiayai kelanjutan pendidikan tenaga kerjanya.


Gelar kelulusan atau dimanapun kalian mengakhiri studi pendidikan di suatu perguruan tinggi, memang bukanlah penentu kesuksesan di masa depan. Jadi, tetaplah berusaha dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Demikian beberapa penjelasan mengenai Sekolah Vokasi yang dapat admin berikan. Semoga bermanfaat…

Sekian Info dari kami tentang 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah D3 atau Vokasi. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya kampus ini. Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Tags

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close