Kampus

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Gap Year

” Kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda ” kalimat tersebut merupakan hal yang sudah kita tau bahkan terkadang kita sepelekan. Kalimat tersebut sangat membantu kita untuk bangkit dari keterpurukan. “ La Tahzan, Innallaha Ma’ana, yang artinya Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita “.

Tertolak SBMPTN merupakan hal yang tidak diinginkan oleh setiap orang. Terlebih untuk temen temen yang telah mengeluarkan uang dan  waktu yang tidak bisa disebut sedikit. Perasaan sedih pasti ada, terlebih untuk kamu yang sebelumnya tertolak SNMPTN. Namun pertanyaanya ” Mau sampai kapan kalian bersedih terus? “. Temen temen harus segera menentukan langkah selanjutnya, jangan biarkan waktu tergerus habis tidak dipakai dengan bijak. Namun ini tidak mudah seperti bayangan admin.

Banyak cara memasuki Perguruan Tinggi Negeri yang di impikan salah satunya dengan mengikuti jalur Mandiri atau Ujian Mandiri. Namun bagi kebanyakan orang Jalur Mandiri ini membuat orang tuanya bekerja lebih ekstra untuk mendapatkan penghasilan yang diperuntukan untuk membayar UKT dan jumlahnya tidak main main. Mau tak mau gap year merupakan pilihan terbaikmu. Berikut beberapa alasan mengapa kamu harus gap year.

Mengetahui Minat dan Bakat

gap year
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Setelah melewati masa sekolah yang panjang pasti kamu terlalu fokus pada sekolah, ekskul sekolah dan belajar pastinya. Kamu hanya memiliki waktu luang sekitar 1 Bulan saja untuk berhenti sejenak dengan rutinitas di sekolah. Waktu luang itu sangat baik untuk kita manfaatkan dalam menggali apa minat dan bakat temen temen yang selama ini masih terpendam dalam diri temen temen.

Misalnya disaat temen temen mengikuti ekskul futsal disekolahan yang ada di benat pikiran temen temen bahwa bakat kamu adalah bermain futsal, namun saat kamu memiliki waktu luang yang banyak kamu bisa saja memiliki minta dan bakan menjadi seorang desainer, fotograper, freelancer atau yang lainnya. Dengan minat dan bakatmu yang telah muncul kepermukaan, temen temen bisa saja menjadikan minat dan bakat temen temen sebagai tujuan untuk mengikuti SBMPTN tahun depan.

Nah, dengan waktu luang setahun mendatang kamu jadi punya waktu untuk mengenal diri, berdamai dengan kegagalan, dan mencari tahu apa yang selama ini kamu cari. Dengan ini harapannya kamu bisa menemukan cara dan mulai melangkah untuk masa depanmu yang lebih baik.

Lebih Banyak Waktu Luang

gap year
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Disaat kamu terbiasa untu beraktifitas dipagi hari sampai sore hari, pastinya akan terasa berat bila dilakukan terus menerus. Namun kini bangun pagimu  tak lagi terbebani berangkat sekolah. Sekarang kamu bebas menggunakan waktumu untuk apa saja. Termasuk mempelajari hal-hal baru yang tidak sempat kamu lakukan selama sekolah

Kamu bisa melakukan aktivitas seperti hunting foto, kursus desain, ataupun hanya sekedar sunmori bersama motor kesayangan, kursus bahasa asing, dan lain-lain. Tidak hanya mengisi kesibukan, hal ini juga bisa menambah kualitas dirimu lho. Seru kan!

Refreshing

gap year
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Harimu terasa monoton saat berada pada masa sekolah dan faktanya kamu membutuhkan yang namanya refreshing . Ya! Travelling!! kamu bisa manfaatkan waktu gap year-mu ini untuk melakukan perjalanan. Jangan khawatir tidak ada yang menemani karena kamu bisa melakukan solo travelling. Jangan salah, meski terlihat kesepian, menjadi solo traveller memiliki banyak manfaat asal kamu bisa menjaga diri. Di perjalanan kamu akan mendapatkan banyak pelajaran hidup, teman baru, atau mungkin pasangan. Who knows?

Family Time

gap year
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Harta yang paling berharga adalah keluarga. Yap ! disaat kamu masuk kampus idamanmu yang berada jauh dari rumah, maka kamu akan merasakan yang namanya menjadi seorang mandiri. Menyiapkan makan sendiri, Belanja peralatan setiap hari sendiri, bangun tidur senidiri dan lain sebagainya.

Maka waktu gap year inilah menjadi waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluargamu. Menghabiskan waktu bersama keluargamu yang setahun kemudian akan kamu tinggalkan untuk menuntut ilmu di kampus kebanggaanmu. Kamu bisa travelling dengan keluargamu walaupun itu hanya sekedar jalan jalan.

Mencoba Bekerja

gap year
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Disaat kamu meminta jajan atau ongkos untuk kehidupan di masa SMA, hal yang terbalik akan dihadapi saat berada di kampus. ” Mau minta uang malu, kalau ga minta kelaparan ” itulah salah satu hal yang memaksamu hidup mandiri secara finansial. Karena itu kamu harus belajar untuk mencari uang sendiri.

Kamu bisa memulai dengan pekerjaan pekerjaan ringan seperti pekerjaan paruh waktu, membuat usa kecil kecilan, menjadi seorang freelancer . Semua itu akan bermanfaat dan menambah pemasukkan dan memperkaya CV, pekerjaanmu ini bisa juga berjalan hingga kuliahmu nanti.

Prepare SBMPTN Tahun Depan

gap year
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Mulai belajar dari kesalahan pada tahun sebelumnya, kamu harus mempersiapkannya dengan baik, karena kamu telah mencobanya tahun kemarin dan kamupun sudah mengerti seperti apa bentuk bentuk soal SBMPTN.

Tentu saja kamu akan unggul persiapan dari pesaingmu dengan satu tahun gap year ini. Dengan berbekal riset jurusan yang lebih mendalam, belajar yang lebih panjang, dan pengalaman kegagalan, kemungkinanmu untuk lolos SBMPTN tahun depan akan semakin besar.

Pada akhirnya, kamu akan menyadari bahwa kegagalanmu kali ini bukan sebuah akhir. Satu tahun kedepan adalah petualangan barumu. Jalanilah dengan penuh optimisme, selamat berjuang dan jangan sampai putus do’a.

 

Sekian Info dari kami tentang 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Gap Year.  Informasi yang kami ambil merupakan opini dari penulis dan beberapa referensi IDN. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang perkuliahan . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih….

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura !

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This
Close