Kampus

7+ UKM Kampus Yang Harus Kamu Coba

Sebagai manusia tentunya tidak bisa terlepas dari yang namanya Unit Kegiatan Mahasiswa atau yang paling sering disebut dengan UKM. UKM merupakan rangkaian kegiatan yang wajib Kamu ikuti ketika berada di dalam dunia perkuliahan. UKM yang harus diikuti harus juga berupa kegiatan positif dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan Kamu .

Selain itu, mengikuti UKM juga bisa menambah relasi Kamu baik itu di dalam kampus maupun di luar kampus. Manfaat dari mengikuti UKM ini tentunya banyak sekali akan tetapi, Kamu juga harus bisa mengatur waktu dengan baik. Karena, tidak semua orang bisa menyeimbangkan antara kuliah ataupun kegiatan yang mereka ikuti.

UKM yang Harus Diikuti Ketika Kuliah

1. Bidang Himpunan Kemahasiswaan

UKM yang harus Kamu ikuti pertama yaitu UKM pada bidang himpunan kemahasiswaan. Mengikuti kegiatan ini tentunya sangat menguntungkan bagi Kamu karena, bisa lebih mendalami mengenai jurusan Kamu sendiri. Biasanya pada bidang ini Kamu akan memiliki relasi kakak tingkat dan Kamu bisa memanfaatkan dengan bertanya tentang perkuliahan yang akan Kamu jalani.

Selain itu, pada bidang ini biasanya juga akan sangat didukung oleh dosen jurusan Kamu . Hal ini juga bisa Kamu manfaatkan dengan mendekati dosen jurusan agar Kamu lebih dikenal. Manfaat dari dikenalnya dosen jurusan Kamu sangatlah banyak salah satunya Kamu akan lebih diperhatikan mengenai progres perkuliahan.

Contoh dari UK bidang himpunan kemahasiswaan misalnya yaitu himpunan mahasiswa jurusan, fakultas ataupun himpunan mahasiswa dari daerah masing-masing. Relasi merupakan hal pertama yang akan Kamu dapatkan jika mengikuti UKM ini.

2. Bidang Seni

UKM yang kedua yaitu pada bidang seni. Kegiatan ini sangat cocok bagi Kamu yang memiliki bakat dan ingin mengembangkannya. Mengikuti kegiatan ini tentunya akan sangat menguntungkan karena selain bisa mengembangkan kemampuan, Kamu juga bisa menambah relasi baik itu antar  jurusan maupun lintas jurusan.

Pada tingkat perkuliahan biasanya Kamu akan diajak tampil ataupun diperlombakan. Dengan adanya perlombaan maka Kamu bisa mengukur kemampuan yang dimiliki serta, bisa menambah pengalaman pribadi Kamu. Selain itu, mengikuti UKM bidang seni juga dapat mmenambah kepercayaan diri untuk tampil di depan umum.

Bagi Kamu yang menyukai musik bisa memilih untuk mengikuti UKM di bidang musik dan bagi Kamu yang lebih menyukai menari pilihlah juga UKM yang menekuni bidang tersebut. Pilihan seni yang ingin Kamu tekuni bisa dipilih sesuai dengan kemampuan dan kemauan yang Kamu miliki. Sehingga, hal ini tidak memaksakan sesuatu yang bukan menjadi minat Kamu.

3. Bidang Olahraga

Berbeda halnya dengan UKM pada bidang seni tadi selanjutnya yaitu UKM untuk Kamu yang lebih menyukai olahraga. Bidang ini terdiri dari berbagai jenis kegiatan misalnya yaitu olahraga sepak bola dan basket. Kegiatan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena seiring berjalannya waktu Kamu akan terus berlatih untuk mengerjakan aktivitas berat.

Tidak hanya itu, kegiatan pada bidang olahraga juga dapat meningkatkan sportivitas dan kerjasama tim saat bermain. Kamu juga bisa mengukur kemampuan Kamu dengan membandingkan dengan pemain yang lain. UKM yang satu ini biasanya juga sering mengikuti perlombaan di dalam kampus. Selain mengikuti perlombaan Kamu juga bisa mengadakan perlombaan dan Kamu menjadi panitianya.

4. Bidang Kewirausahaan

Bagi Kamu yang ingin sekali mengikuti UKM tetapi tidak mempunyai skill pada bidang olahraga atau seni, Kamu bisa memilih untuk mengikuti kegiatan pada bidang kewirausahaan. Kegiatan ini biasanya banyak diikuti oleh mahasiswa yang ingin kuliah tetapi juga bisa menghasilkan uang. Jika mengikuti kegiatan ini Kamu akan mengetahui seluk beluk dari program usaha agar bisa berhasil.

Mengikuti kegiatan di bidang kewirausahaan juga akan membuat Kamu mengenal lebih banyak orang atau yang sering disebut memperluas jaringan. Usia muda merupakan waktu yang tepat untuk merintis usaha agar bisa Kamu kembangkan ketika sudah ingin memasuki dunia kerja. Membuka usaha biasanya juga merupakan peluang bisnis yang sangat besar.

Bagi kampus-kampus besar biasanya sering mengadakan pekan kreativitas mahasiswa dimana mahasiswa tersebut diharuskan untuk mengeluarkan ide kewirausahaannya. Bagi mahasiswa yang dinilai kreatif maka pihak kampus akan memberikan modal untuk menjalankan bisnis nya. Hal ini bisa Kamu manfaatkan untuk mengembangkan kemampuan berwirausaha Kamu.

5. Bidang Kemanusiaan

Selanjutnya salah satu UKM yang bisa Kamu ikuti yaitu UKM untuk bidang kemanusiaan. Dengan mengikuti UKM ini maka akan melatih Kamu agar lebih peka terhadap lingkungan. Hal ini juga akan membuat orang-orang yang memerlukan bantuan menjadi lebih terbantu dan bebannya lebih ringan.

Mengikuti UKM pada bidang kemanusiaan ini akan membuat Kamu menjadi pribadi yang pandai bersyukur dengan membandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Ketika Kamu berada dalam lingkungan dunia kerja tentunya akan berhubungan dengan orang banyak dan jika Kamu memiliki sifat yang lemah lembut dan sopan tentunya akan banyak orang yang menghormati.

Salah satu contoh UKM pada bidang kemanusiaan adalah PMI. UKM ini biasanya sudah pasti terdapat di setiap kampus karena, manfaat dari adanya UKM ini sudah terbukti mampu menolong orang yang membutuhkan. Seseorang yang jiwa sosialnya besar pasti akan lebih memilih UKM di bidang kemanusiaan karena merupakan UKM yang sangat bermanfaat bagi sesama manusia.

6. Bidang Kepenulisan

UKM yang bisa Kamu ikuti ketika menjadi mahasiswa salah satunya adalah UKM yang bergerak di bidang kepenulisan. UKM ini tentunya merupakan sebuah wadah untuk melatih Kamu menjadi manusia yang lebih cerdas. Pada UKM ini juga biasanya seseorang akan menjadi mahasiswa yang mampu berfikir kritis dalam menghadapi masalah.

Dengan mengikuti UKM ini skill menulis Kamu akan lebih berkembang karena Kamu akan belajar dengan orang-orang yang sudah jauh lebih mendalami ilmu ini. Jika Kamu sudah mempunyai bekal yang cukup mengenai karya tulis maka berarti Kamu sudah siap bersaing dengan orang-orang diluar sana dengan cara mengikuti lomba menulis esai ataupun jenis lomba lainnya.

7. Bidang Keagamaan

UKM ini biasanya diikuti oleh orang ingin meningkatkan ilmu pengetahuan mengenai agama. Dengan mengikuti kegiatan yang ada pada UKM ini tentunya Kamu akan mendapat pengetahuan yang tidak diketahui sebelumnya. Selain itu, mengikuti UKM ini juga bisa menjadi dakwah dan memupuk rasa cinta terhadap tuhan sang pencipta.

Di setiap kampus biasanya terdapat UKM yang biasanya lebih banyak disebut sebagai Lembaga dakwah. Manfaat mengikuti UKM satu ini salah satunya yaitu bisa menjadi ajang silaturahmi antar sesama umat beragama islam maupun umat beragama lainnya.

Kuliah adalah waktu yang tidak boleh disia-siakan, mengikuti kegiatan kampus juga akan menambah isi dari CV Kamu . Hal ini berguna untuk Kamu jika sudah memasuki dunia kerja karena biasanya skill akan lebih berkembang saat diluar mata kuliah. UKM yang harus diikuti atau yang ingin diikuti haruslah disesuaikan dengan kapasitas dari diri Kamu.

Abid Ra

Writer, Business Enthusiast, and Traveler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close