Kampus

6 Cara Menjadi Mahasiswa Millennial Yang Bermanfaat

Millennial. Kata yang sudah tidak asing bagi kita, bahkan sering kali kita mendengar atau menemukan kata-kata tersebut di berbagai tempat dan media portal.  Millennial adalah generasi manusia yang lahir pada kisaran tahun 1980-2000an. Generasi ini dikenal dengan kemampuannya pada bidang teknologi dan perilaku konsumtif yang melekat pada kebanyakan individu. Bahkan, millennial cenderung tidak peduli terhadap keadaan sosial di sekitar mereka, pola hidup kebebasan dan hedonisme adalah karakter erat yang dapat digambarkan oleh generasi tersebut.

Sebagai seorang mahasiswa yang lahir di generasi millennial, apakah kamu setuju dengan pernyataan diatas ? Lalu, apa saja sih hal-hal positif yang bisa kita lakukan untuk menanggapinya ?

Ini Dia 6 Cara Menjadi Mahasiswa Millennial Yang Bermanfaat

Nah, kali ini admin akan membagikan beberapa informasi yang dapat kamu lakukan agar menjadi mahasiswa millennial berfaedah, bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Berikut ulasannya :

Bantulah Orang Lain

Membantu sesama merupakan hakikat dasar kita sebagai makhluk sosial. Apalagi dalam kehidupan millennial seperti saat ini, perkembangan era digital sudah banyak digunakan untuk mempermudah segala aktivitas, termasuk dalam membantu orang lain. Banyak media atau platform yang dapat dijadikan wadah untuk menyalurkan niat baik kamu dalam membantu sesama. So, yuk jadilah generasi muda millennial yang peduli sesama, karena sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain.

Gunakan Media Sosial dengan Bijak

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa generasi millennial selalu dijuluki dengan generasi “no gadget, no life”, karena kebiasaannya yang selalu memegang gadget everytime, dari yang muda hingga tua media sosial wajib punya ! Namun, apakah kamu sudah menggunakannya dengan bijak ? Terutama dengan peran kamu sebagai mahasiswa ? Hmm…jika dirasa belum, yuk mari kita ubah kebiasaan ini menjadi lebih bijak. Hindari penyebaran informasi yang tidak jelas alias hoax, berikan komentar terhadap suatu isu dengan etika baik, dan jangan asal-asalan dalam membagikan konten ya, sobat. Lebih baik kamu menggunakan media sosial untuk mempublikasikan karya-karya kamu dan berusahalah agar menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Berfikiran Kritis

Sikap kritis akan membuka pikiran untuk lebih jeli terhadap semua masalah ataupun keadaan. Melalui pola pikir kritis,  kita tidak akan mudah terpengaruh terhadap hal-hal yang belum pasti kebenarannya ataupun oleh hal yang baru diketahui. Pekalah terhadap masalah yang terjadi di lingkungan sekitar dan pikirkan kontribusi apa yang dapat kamu lakukan untuk masyarakat luas.

Bangun Jiwa Leadership

Jiwa leadership atau kepemimpinan perlu kita latih dari sekarang. Walapun ilmu ini bisa dibilang susah karena mencakup pengalaman yang matang, namun kamu dapat melatihnya mulai dari menjadi orang yang jujur, memberikan contoh yang baik, suka membantu, menjadi pemimpin dalam kelompok belajar/penelitian, dll.

Jadilah Problem Solver dan Kembangkan Ide

Menjadi seorang problem solver atau pemecah masalah merupakan hal terpenting dan sangat dibutuhkan dimanapun berada. Berbekal pemikiran yang kritis dan jiwa kepemimpinan, cobalah berikan solusi-solusi terhadap permasalahan yang terjadi. Kembangkan ide dan diskusikan dengan orang-orang yang ada disekitarmu. Melalui diskusi, kamu akan mendapat pandangan luas terhadap ide yang telah kamu ciptakan. Jangan lupa seimbangkan antara ide yang telah direncanakan dengan pengaplikasiannya agar impactnya benar-benar berguna bagi orang lain. Ide tidak akan ada gunanya apabila tidak dieksekusi.

Ciptakan Pekerjaan

Era generasi millennial sudah saatnya berpikir untuk menciptakan pekerjaan, bukan mencari pekerjaan. Banyak lulusan pendidikan tinggi yang sampai saat ini masih menjadi pengangguran. Kita perlu ikut andil dalam menuntaskan hal-hal seperti itu. Apa arti ijazah yang bertumpuk, jika kepedulian dan kepekaan tidak ikut dipupuk? Ap gunanya sekolah tinggi-tinggi, jika hanya perkaya diri sendiri dan famili? Oleh karena itu, apabila tak mampu menuntaskannya secara sendiri, berkolaborasilah dengan teman/orang yang berpotensi, lalu kembangkan usaha dan ciptakan pekerjaan.

Menjadi ramah itu baik, menjadi sopan itu terpuji, menjadi bermanfaat itu bijaksana. Menghadapi era generasi millennial saat ini, apakah kamu sudah bermanfaat bagi sesama? Jika belum, yuk kita sama-sama menyibukkan diri dengan hal positif dan bermanfaat di lingkungan sekitar. Demikian ulasan dari admin, semoga bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close