Kampus

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Aktif Organisasi di Kampus

Halo, sobat Edura! Buat kamu para mahasiswa khususnya mahasiswa baru pasti sering dilanda keraguan untuk lebih memilih akademik atau organisasi, bukan? 

Sebagai mahasiswa memang tanggung jawab utama kita yaitu berkuliah, namun ada baiknya sambil mengikuti kuliah kamu juga ikut andil dalam organisasi di kampusmu. Kadang waktu berkuliah nggak akan selalu full dalam seminggu dan dalam sehari, sayang dong kalau kamu menyia-nyiakan waktu luangmu dengan diam saja di kosan. 

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika aktif berorganisasi. Nah kali ini admin akan membagikan 7 alasan kenapa kamu harus aktif organisasi di kampus, langsung saja :

Memperluas Relasi

Aktif organisasi akan membuat kita bertemu banyak orang yang bahkan bukan berasal dari jurusan atau fakultas kita sendiri. Dengan begitu kamu juga akan berkesempatan menambah relasimu dengan latar belakang yang tidak terbatas.

Siapa tahu nanti merekalah yang akan menolongmu ketika kamu membutuhkan bantuan, menawarkanmu kesempatan bekerja atau bahkan di masa depan kalian bisa berkolaborasi dalam mewujudkan karya yang kreatif.

Meningkatkan Softskills

Mengikuti suatu kegiatan atau organisasi akan meningkatkan softskils kamu lho. Apasih softskills itu? Soft skills adalah istilah untuk menggambarkan kombinasi dari kemampuan sosial, kemampuan komunikasi dan kecerdasan emosi seseorang.

Kamu pernah mendengar tentang time management, critical thinking atau problem solving? Nah ketiga hal tersebut merupakan contoh dari beberapa softskills yang bisa kamu dapatkan dari sebuah organisasi. Softskills  ini juga akan jadi modal kamu untuk memasuki dunia kerja nantinya.

Mengembangkan Bakat

Kamu hobi menggambar? Fotografi? Nge-MC atau Menyanyi? Tentu akan lebih menguntungkan kalau kamu menyalurkan dan mengembangkan bakatmu lewat organisasi.

Kalau hanya diam kamu nggak bakalan maju. Nggak menutup kemungkinan lho jam terbang kamu makin tinggi hingga bisa mencetak prestasi non akademik dengan potensi dirimu tersebut. Menguntungkan bukan?

Produktif dan Menambah Pengalaman 

Organisasi merupakan wadah pembelajaran. Pengalaman berorganisasi mengajarkan kita untuk bertanggung jawab menangani program kerja atau project tertentu.

Ketika organisasi memanggilmu sedangkan tugas menumpuk disini kamu akan berlatih bagaimana memprioritaskan dan memanage waktu. Belajar untuk produktif. Euforianya hampir mirip dunia kerja nih!

Mempertajam Kepekaan terhadap Lingkungan Sekitar

Anak-anak organisasi apalagi seorang aktivis kampus akan sering turun ke lapangan, dituntut untuk peduli dengan isu dan lingkungan sekitar. Dalam mengembangkan diri kita juga nggak boleh lalai dan abai terhadap lingkungan sekitar.

Untuk mengimbangi kesibukan dengan program kerja atau event kamu juga bisa ikut dalam kegiatan sosial yang nggak perlu jauh-jauh, bisa dimulai dari lingkungan warga di sekitar kampusmu. Inget dong tri dharma perguruan tinggi yang terakhir? Yap, pengabdian kepada masyarakat! 

Bekal Dunia Kerja

Selain nilai akademis, soft skills berorganisasi akan diperhitungkan ketika kamu mengajukan lamaran pekerjaan lho! HRD dari perusahaan akan melihat pengalaman organisasi yang kamu miliki.

Bagaimana kemampuanmu bersosialsasi dan beradaptasi dalam lingkungan organisasi, menangani menjadi nilai plus lho! Dengan begitu peluangmu untuk diterima di perusahaan tersebut juga tinggi.


Bagaimana sobat? Masih ragu? Nilai akademis bukan satu-satunya yang dapat menjamin masa depan kita, jadi nggak ada salahnya kan kalau kita menngoptimalkan diri melalui organisasi di kampus yang nggak akan merugikan kita?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close