KampusSBMPTN

4 Jurusan Terkait dengan Kehutanan

Hutan merupakan bagian dari alam yang perlu dilestarikan. Hallo sobat edura! buat temen temen yang telah menjalani SBMPTN di tahun ini 2019 masih milih milih dalam mencari jurusan? jangan khawatir sekarang admin akan membagikan jurusan jurusan yang terkait dengan Kehutanan. Buat teman teman yang suka dengan alam, satwa liar dan rindangnya pepohonan, teman teman bisa memilih jurusan kehutanan ini selain sebagai hobi tapi bisa menjadikan prospek kerja yang nyata dikemudian hari. Prospek kerja jurusan ini sangat banyak diantaranya ialah Departemen Kehutanan, bisa menjadi peneliti di (LIPI), menjadi pengusaha pengolahan hutan dan masih banyak yang lainnya. Ga usah basa basi lagi yuk simak ulasan berikut ini. Jurusan Terkait dengan Kehutanan

Kehutanan

jurusan kehutanan

Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.

Hutan menurut Undang-Undang tentang Kehutanan Nomor 41 tahun 1999 adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.

Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata

Konservasi Sumberdaya Hutan merupakan program studi yang menyajikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang perlindungan dan pelestarian ekosistem hutan. Kamu akan difokuskan pada pembelajaran tentang penyelamatan, perlindungan, pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hutan secara bijaksana untuk kelestarian sumberdaya hutan sebagai penyangga kehidupan secara berkelanjutan. Bidang kelimuan yang dipelajari antara lain ekologi dan manajemen satwaliar, konservasi keanekaragaman tumbuhan, hingga tentang rekreasi alam.

Lulusan program studi Konservasi Sumberdaya Hutan akan mempunyai keahlian dalam bidang konservasi sumberdaya alam hayati, menguasai aspek praktis dan teoritis pengelolaan sumberdaya alam hayati untuk menjawab tantangan permasalahan terkait. Lulusan program studi ini dapat bekerja di instansi pemerintah (seperti Departemen Kehutanan, Pertanian, Pendidikan, Kementrian Lingkungan hidup), lembaga penelitian, perusahaan multinasional dan nasional, serta LSM.

Pada jurusan ini temen – temen akan mendapatkan Mata Pelajaran Konservasi Sumber Daya Alam Hayati, Ekologi Satwaliar, Perilaku Satwaliar dan lain lain. Kalian dapat menemui jurusan ini di Institut Pertanian Bogor dan Universitas Jambi.

Silvikultur

Silvikultur merupakan perpaduan antara ilmu dan seni menumbuhkan hutan yang menyajikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi pembangunan, dan rehabilitasi hutan yang mampu berperan aktif dalam meningkatkan produktivitas dan manfaat sumberdaya hutan untuk kesejahteraan masyarakat. Program studi ini berfokus pada perawatan tegakan hutan untuk menjamin produktivitas. Silvikultur juga erat kaitannya dengan reforestasi lahan hutan yang telah kritis akibat tangan manusia. Disini Silvikultur berperan dalam memberi arahan rancangan pembangunan dan pemeliharaan tegakan hutan melalui pengaturan komposisi, struktur dan pertumbuhan.

Lulusan prodi ini bergelar Sarjana Kehutanan (S.Hut). Lulusannya banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional untuk pengembangan dan pembudidayaan hutan di kawasan industri sehingga dapat terehabilitasi dengan lebih baik. Lulusan Silvikultur juga dibutuhkan di lembaga-lembaga pemerintahan seperti Kementerian Pertanian, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan perguruan-perguruan tinggi.

Pada jurusan ini temen – temen akan mempelajari Pemuliaan Pohon, Kebakaran Hutan, Pengolahan hasil hutan dan lain lain. Jurusan ini tersedia di Institut Pertanian Bogor dan Universitas Gajah Mada.

Teknologi Hasil Hutan

Teknologi Hasil Hutan merupakan program studi yang menyajikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengelola dan mengolah hasil hutan kayu dan non-kayu dengan efisien untuk kesejahteraan umat manusia secara luas. Pada program studi ini kita akan mempelajari teknik eksplorasi hasil hutan, dan pengolahan kayu untuk dimanfaatkan menjadi bahan konstruksi, furnitur, pulp kertas, energi biomassa, dan banyak lagi melalui proses pengeringan, pengawetan, serta cara dalam meningkatkan kualitas hasil hutan. Selain ilmu dalam mengolah hasil hutan menjadi produk-produk yang bermanfaaat, di program studi ini juga akan dipelajari ilmu tentang manajemen industri hasil hutan, dan pengelolaan limbah dari industri hasil hutan.

Hutan merupakan paru-paru bumi yang sangat penting untuk dijaga. Eksploitasi hutan yang berlebihan dan tidak sesuai prosedur telah berakibat kekacauan terhadap keseimbangan alam dan menyebabkan berbagai bencana. Para ahli di bidang Teknologi Hasil Hutan yang kompeten sangat dibutuhkan agar hasil hutan dapat dikelola dengan lebih baik. Para lulusan Teknologi Hasil Hutan memiliki prospek kerja di Departemen Kehutanan, industri pengolahan kayu dan kertas, industri mebel dan bahan konstruksi.

Pada jurusan ini temen – temen akan mendapatkan pelajaran mengenai anatomi Kayu, Pengolahan kayu, energi biomassa. Jurusan ini tersedia di Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Patimura

Manajemen Hutan

Pada program studi Manajemen Hutan kita akan mempelajari cara pengelolaan sumberdaya hutan, inventarisasi, dan perumusan kebijakan dalam pengelolaan hutan lestari berbasis ekosistem. Manajemen Hutan mencakup ilmu tentang aspek administratif, ekonomi, hukum, dan sosial berkaitan dengan kehutanan. Manajemen Hutan mendalami teknologi dan kebijakan untuk perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pengelolaan hutan berbasis ekosistem. Dalam Manajemen Hutan, selain pengetahuan tentang ekologi dan klimatologi hutan, juga diperlukan pengetahuan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi (SIG) untuk melakukan pemetaan.

Deforestasi yang terus meningkat setiap tahunnya di Indonesia merupakan salah satu bukti bahwa Indonesia masih sangat membutuhkan ahli manajemen hutan. Lulusan program studi ini memilik kemampuan manajerial, analisis, ditambah dengan pemetaan dan SIG sehingga prospek kerjanya tidak hanya sebatas di sektor kehutanan saja. Temen temen bisa menjadi Geografi, Pengawas Hutan, Ahli Konservasi.

Pada jurusan ini temen temen akan mendapatkan Zoologi, Botani, Ilmu Tanah Hutan , Dendrologi dan lain lain. Jurusan Ini temen temen bisa dapatkan di Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Pattimura, Universitas Palangka Raya, Universitas Papua, Universitas Simalungu, Universitas Muhammadiyah Palu. 

Penutup

Sekian Info dari kami tentang Jurusan Terkait dengan Kehutanan .  Informasi yang kami ambil merupakan info resmi dari laman YTM .Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang perkuliahan . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih….

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura !

Tags

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close