BeasiswaBeasiswa S1Beasiswa S2Beasiswa S3

Tips Lolos Beasiswa ini, Jarang Yang Tahu!

Tips Lolos Beasiswa! Catat!

Hallo Sobat Edura! Broo broooooo, mimin punya tips menarik nih, mau tau ga nihhhh? Tips untuk lolos seleksi beasiswa menurut mimin yang harus kalian coba implementasikan ke diri kalian yaa… Kali ini ada “7 Tips Agar Lolos Seleksi Beasiswa” yang sangat bermanfaat untuk kalian simak dan cermati. Sebelum baca artikel ini, mimin harap kalian jangan lupa follow instagram mimin yaa, cek di instagram : edura_id. Jika sudah, Yuk ahhh cekidot scroll down!!!

Mimin sudah survey ke beberapa mahasiswa berprestasi dalam skala nasional maupun internasional lhoo yang sudah sukses mendapatkan biaya pendidikan gratissss alias beasiswa pendidikan, mimin merangkum menjadi 7 tips.

1. You Must Apply Faster!

“Cepat, cepat, cepat!!!”

Kutipan untuk memberikan berkas pendaftaran sedini mungkin bisa jadi adalah nasihat yang paling sering kamu dengar. Nyatanya, para sumber kita juga mengatakan hal yang sama. Contoh analoginya yaitu, ketika kita menyelesaikan tugas kita sedini mungkin, maka kita tidak akan terbebani saat deadline pengumpulan tugas, ketika kita tidak terbebani, jiwa raga kita akan tenang dan itu akan menjaga tubuh kalian. Sebuah kutipan dari aristotle ketika kita sudah selesai sebelum waktu awal, banyak kontribusi yang dapat kita lakukan untuk kesehatan, kekayaan dan hikmah atau pengetahuan.

“It is well to be up before daybreak, for such habits contribute to health, wealth, and wisdom.” – Aristotle

Mimin berikan analogi yaa, ada dua orang sedang balapan motor, yang satu dengan motor Yamaha YZR-M1, yang satu dengan motor Mio J, asal kalian tahu Yamaha YZR-M1 merupakan motor yang digunakan Valentino Rossi pada tahun 2017 lho. Pertanyaannya, siapakah yang menang dalam lomba balap motor itu? Sang Mio J atau Sang Yamaha YZR-M1? Jawabannya adalah Yamaha YZR-M1, karena cepat !!!

Yes benar sekali, kalian untuk lolos atau menang seleksi beasiswa, kalian harus cepat dibandingkan dengan pelajar lainnya!!!

2. Check The University Official Website Frequently

“Wahhh, di website kampus ini ternyata ada info beasiswa baru, kriterianya juga sudah diupdate, untung saja saya melihat dari sekarang, kalau tidak cek dari sekarang bisa saja saya tidak lolos kriteria beasiswa ini”

Sering-sering cek website universitas untuk mengetahui info terbaru tentang beasiswa yang diadakan oleh universitas tersebut, mulai dari persyaratan mengikuti beasiswa, sampai deadline apply berkas, karena bisa jadi penyelenggara beasiswa merubah persyaratan ataupun deadline apply berkasnya.

Jadi, sekarang kamu jangan sering-sering lagi ya stalk mantan, tapi sekarang kamu fokuslah stalk website beasiswa. Okkk sobat edura

Ingat!!! Jadwal batas pengiriman penting kalian ketahui yaa, jangan kirim berkas sebelum waktu yang ditentukan panitia karena nanti berkasmu ketumpuk dengan berkas yang lain, dan jangan juga kirim berkas lewat dari waktu yang ditentukan panitia, karena nanti berkasmu gapenting juga, toh udah lewat dari batas pengiriman, hehehe…

3. Pay Attention of The Essay Topic

“Mantap, topik yang disuruh isi di essay sama dengan apa yang saya pelajari sebelumnya, hahaha saya yakin saya bisa nih lolos beasiswa ini”

Topik! Topik! Topik! Baca dan perhatikan topik dan tema dari essay. Jangan sampai kalian isi essay tapi akhirnya essay yang kalian buat itu temanya berbeda dengan tema essay yang diinginkan pihak penyelenggara beasiswa.

“Convince yourself that you are working in clay, not marble, on paper not eternal bronze: Let that first sentence be as stupid as it wishes.” – Jacques Barzun

Waiiitt, ini essay lho, bedakan dengan curhat yaa, jangan sampai saat menulis essay kalian jadi curhat. Apalagi curhat tentang dia yang meninggalkanmu tanpa alasan, “Dulu saya bersamanya, namun …..” Jangan gitu ya bro brooo… Mimin tahu kok perasaanmu… Sini pelukkk hehehehe.

4. Let Other Correct You!

“Wah iya ya, benar sekali apa yang kamu katakan, terima kasih ya atas masukkan dari kamu, kalau kamu tidak memberitahu saya, kesalahan kecil saya bisa menjadi kesalahan fatal, terima kasih yaa”.

Kutipan singkat namun sangat bermakna yang harus kalian ingat dari sang pemain basket yang bermain di tim Los Angeles Lakers.

“I like criticism. It makes you strong.” – LeBron Raymon James

Ingat bro brooo, orang sukses itu adalah orang yang mau di kritik, jadi kalian harus open minded mulai dari sekarang yaa. Mimin tahu kok kamu bisa!!!

5. Find Alternative

“Jika saya tidak diterima di beasiswa ini untung saja saya mempunyai alternatif beasiswa lain, yess!!!”

Kalau kita pergi dari bekasi ke jakarta aja mempunyai banyak jalan alternatif, masa impianmu tidak dibuat banyak alternatif, nanti kalau cuma satu doang nyesel lho!!! Pasti nyesel, nyesek dehhh, yakin sama mimin. Apalagi kalai tidak diterima beasiswa, lalu kamu juga diputusin oleh cemewewmu. Hahaha nyesek kuadrat tuh, mungkin sampai nyesek kubik…

6. Time Management

“Jadwal hari ini bla bla bla, pagi hari saya harus melakukan bla bla bla, siang hari saya harus melakukan bla bla bla, sore hari saya harus melakukan bla bla bla”

Kalian para pejuang beasiswa, kalian harus mampu mengatur waktu, memprioritaskan kegiatan untuk mengisi waktu waktumu, jangan sampai SKS yaaa, Sistem Kebut Semalam, jangan seperti itu, jika seperti itu kamu akan pusying dan tugas tidak akan terlaksana, tugas saja tidak terlaksana, apalagi beasiswa.

Nahhh, pada tips sebelumnya mimin bilang kalau kamu harus mempunyai alternatif, ya benar sekali. Namun yang harus kalian cermati yaitu time managementnya jangan sampai kalian mempunyai alternatif tapi alternatif itu bentrok. Waduh kan bahaya banget!!! Jadi banyaknya alternatif dengan time management itu sangat saling berkolerasi yaa bro broo…

7. Apply, apply, apply!

Yuk jangan kebanyakan mikir bro bro, ketika berkas kamu sudah lengkap, langsung aja apply ke pihak beasiswa. Apply aja dulu, kan sudah ikhtiar tuhhh, baru deh kamu tawakal, berikan semua kepada Allah, yakinlah jawaban Allah adalah yang terbaik untuk kita.

Kalau ga diterima? Kan ada alternatif !!! Apply lagi ke alternatif yang lain, jangan menyerah, teruslah berusaha.

Terakhir, mimin kasih quote untuk kamu nihhh, semoga membuatmu semakin semangat. Ingat orang sukses itu dulunya jatuh, jatuh, dan jatuh.

“Semakin sering kamu terjatuh, semakin besar kemingkinan kamu menemukan sesuatu yang berharga.” -Sergey Brin, co-founder Google.Inc

Di usia kita saat ini, terjatuh dan berdiri lagi adalah hal biasa. Segala hal besar tidak akan didapatkan dengan mudah bukan? Tetap semangat !!!


Sekian Info dari kami tentang tips ini. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya info ini. Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura!

Related Articles

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Beasiswa S1 The University of Manchester di Inggris - Edura Indonesia Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Tips Lolos Beasiswa ini, Jarang Yang Tahu! […]

Close