Beasiswa

Tips Beasiswa: Strategi Menulis Essay

Bagi para mahasiswa, bisa mendapatkan beasiswa merupakan anugerah yang berarti. Tips Beasiswa merupakan hal yang penting.

Bagaimana tidak dengan beasiswa banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, misalnya saja dapat meringankan beban biaya selama perkuliahan sehingga dapat mendorong motivasi mahasiswa dalam meraih prestasi setinggi mungkin.

Oh, selain tips menulis essay. Kalian juga bisa liat tips/strategi lainnya disini ya. 9+ Tips Untuk Mendaftar Beasiswa

Selain itu dengan beasiswa pun dapat memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mengembangkan potensi softskill dan hardskillnya.

Karena beasiswa akan menuntun mahasiswanya dengan berbagai program character development yang akan diikuti. Sehingga dari mengikuti program tersebut pun bisa menambah jaringan pertemanan dan peluang memperoleh karir kelak.

Dengan berbagai benefit yang didapat dari perkuliahan inilah yang membuat beasiswa sangat diminati oleh mahasiswa jadi jangan heran bila persaingannya ketat.

Oleh karena itu penting sekali bagi kamu untuk mempersiapkan strategi jitu untuk meningkatkan peluang memperebutkan tiket beasiswa dari sekian ribu mahasiswa. Nah salah satu yang mungkin harus diasah dari sekarang adalah kemampuan dalam menulis essay.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Essay untuk Beasiswa?

Essay sendiri singkatnya adalah sebuah narasi seputar topic tertentu. Biasanya dalam suatu aplikasi beasiswa, Kamu akan melihat tugas menulis jenis essay yang berbeda, seperti study pan, letter of statement, motivational letter, dll.

Namun pada dasarnya essay merupakan cara kamu untuk menjual self branding mengenai mengapa kamu pantas mendapatkan beasiswa itu. Pastinya kamu harus dapat meyakini pemberi beasiswa bila kamu memenuhi kriteria yang ditargetkan mereka. Dengan kata lain…

Asahlah kemampuan menulismu

Sebetulnya bisa menghasilkan hasil penulisan yang maksimal tidak bisa didapatkan secara instan. Usahakan kamu sudah membiasakan dirimu untuk rajin dan bahkan mencintai menulis.

Pasalnya tidak peduli seberapa menjanjikannya kamu sebagai mahasiswa, tapi bila kamu tidak bisa menuangkannya dalam bentuk tulisan dengan teknik menulis yang benar, semua jadi percuma. Jadi be consistent, struggle! Yuk berusaha untuk mencintai menulis dari sekarang.

Kamu harus tahu betul latar belakang beasiswanya

Setiap beasiswa tentu memiliki latar belakang dan tujuan yang berbeda. Kadang ada program beasiswa yang mengedepankan calon yang aktif berorganisasi, memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, menguasai akademik tertentu, dll.

Nah jauh sebelum menulis essay maka pastikan kamu sudah menemukan beasiswa yang sesuai dengan riwayat pendidikan atau potensimu. Sehingga kamu bisa mendapat gambaran mau menulis essay seputar apa.

Your unique way of writing

Dapat menghasilkan essay yang unik menjadi nilai plus bagi pemberi beasiswa. Selain memperhatikan gaya tulisan yang catchy.Tentu kamu harus tahu topik apa yang sekiranya ng-klik bagi mereka.

Mungkin dengan bisa menyebutkan potensi atau kelebihan kamu yang jarang dimiliki orang lain, pengalaman anti-mainstream, atau goals utama kamu. Pastinya harus sesuai dengan ranah beasiswa yang kamu daftar tentunya.

Keliatannya emang sulit mencapai hal ini. Nah cara menghasilkan tulisan essay yang ideal, bisa dengan…

Sering-seringlah berburu referensi contoh essay beasiswa yang ideal

Kalau misalnya kamu punya teman yang pernah mendapatkan beasiswa, tidak ada salahnya untuk minta contoh essay buatan temanmu. Atau kamu bisa mencarinya di internet.

Memang pada dasarnya mencari sumber inspirasi dan contoh itu penting supaya kamu tidak terlalu mulai dari 0 banget ketika menentukan gambaran essaynya.

Buatlah struktur format essay yang benar

Dengan menentukan kerangka format essay dapat memudahkan kamu dalam menulisnya. Pada umumnya essay terdiri dari pembukaan, isi, dan penutup.

Mengenai pembukaannya sendiri kamu bisa memulainya dengan membahas isu-isu yang relevan seperti permasalahan yang terjadi di Indonesia dan betapa berminatnya kamu untuk mendalami masalah tersebut.

Darisana kamu bisa membuat tulisan tersebut mengalir ke isinya seperti passion/bidang keahlian yang sesuai dalam pemecahan masalah. Sebutkan juga potensi dan kelebihan apa saja yang kamu miliki sehingga pemberi beasiswa berhasil melihatmu sebagai mahasiswa menjanjikan.

Tentukan Target

Decision Making, Pengambilan Keputusan.

Pastinya selama kamu mendaftar beasiswa, sebutkan juga goals utamamu yang tentunya harus memberikan manfaat bagi banyak orang. Tentu saja pihak penyelenggara beasiswa ingin mengetahui main goals atau tujuan nyata kamu.

Darisini tulislah dengan spesifik goals utama kamu dan kaitkan bahwa dengan mendaftar beasiswa terkait akan membuat cita-cita muliamu bisa tercapai.

Tulislah secara rinci mengenai tujuanmu itu, misalnya seperti strategi dalam mencapainya, sudah sejauh mana kamu berjuang dalam menggapainya, visi dan misi, dll.


Sekian Info dari kami tentang Tips Beasiswa: Strategi Menulis Essay. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya beasiswa ini. Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close