BeasiswaBeasiswa S1

Bantuan KIP UKT/SPP untuk Mahasiswa S1 dan Diploma Tahun 2020

Halo sobat edura! Seperti biasa kali ini kita akan memberikan informasi terbaru seputar beasiswa atau program yang akan membantu kamu dalam meringankan permasalahan dalam pendidikanmu terutama dalam soal biaya. Apalagi sekarang ini kita sedang ditimpa kesulitan karena dampak pandemi sehingga banyak diantara kita yang kesulitan dari segi finansial. Oleh karena itu Pemerintah melalaui Kemendikbud menghadirkan program bantuan KIP UKT/SPP untuk mahasiswa khususnya yang saat ini sedang memasuki semester ganjil, 3, 5, dan 7.

Tentu saja berkat adanya penyebaran virus corona pada awal tahun 2020 membuat banyak sekali terjadi perombakan masif pada segala aspek tak terkecuali bidang pendidikan. Misalnya saja seperti ada perubahan metode belajar pada Maret lalu dimana segala aktivitas pembelajaran dilakukan secara online.

Bermula dari hanya berlangsung selama 2 minggu, lalu direncanakan hingga memasuki tengah tahun 2020 hingga akhirnya ketidakstabilan pandemi ini membuat metode belajar online harus berlangsung selama setahun penuh juga sampai ada gagasan terbaru dalam strategi belajar seperti pada artikel berikut.

Walaupun belajar berlangsung secara online tanpa memanfaatkan fasilitas kampus seperti sebelumnya tapi tetap saja ada masalah tersendiri bagi mahasiswa terutama dalam hal membayar biaya semester atau UKT/SPP.

Seperti yang terjadi pada salah satu PTN, UNPAD dimana sempat terjadi seruan protes karena menuntut keringanan UKT karena kondisi ini. Tapi tahukah kamu? Sekarang ini pihak pemerintah pun turut mendengar aspirasi mahasiswa dengan menghadirkan suatu program bantuan yang dapat meringankan beban UKT. Seperti apa itu?

Mengenai Program Bantuan KIP UKT/SPP untuk Mahasiswa

Dengan kondisi pandemi saat ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan turut menyelenggarakan suatu kebijakan terkait penyesuaian UKT juga bantuan UKT/SPP mahasiswa. Kebijakan ini pun sejalan dengan Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 mengenai Standar Satuan Biaya Operasional pendidikan Tinggi pada Perguruan Tinggi di lingkungan Kemendikbud.

Kebijakan ini dilakukan dalam rangka merespon berbagai masukan dari berbagai pihak khususnya stakeholder pendidikan yang mengharapkan adanya bantuan dalam rangka meringankan sekaligus membantu mahasiswa dan perguruan tinggi akan sulitnya keadaan pandemi covid-19 saat ini.

Dalam rangka mencapai tujuan merdeka belajar – kampus merdeka dan menjamin pemerataan pendidikan tinggi melalui Permindikbud no. 10 Tahun 2020 tentang Program Indonesia Pintar (PIP) yang diperuntukkan bagi mahasiswa dengan memprioritaskan mahasiswa yang memegang KIP (Kartu Indonesia Pintar), mahasiswa dari ekonomi miskin, rentan miskin, atau pertimbangan khusus.

Syarat Penerima Bantuan KIP UKT/SPP untuk Mahasiswa

  1. Merupakan mahasiswa D2,D3,D4, dan S1
  2. Mahasiswa aktif yang sedang menjalankan perkuliahan semester gasal pada tahun 2020/2021 pada semester 3,5, dan 7 bagi Sarjana/D4 dan semester 3 dan 5 untuk bagi D3
  3. Diberikan kepada mahasiswa PTN/PTS di seluruh Indonesia
  4. Merupakan mahasiswa yang sedang mengalami kendala finansial karena terdampak pandemi COVID-19 sehingga tidak sanggup membayar UKT/SPP semester ganjil tahun 2020/2021
  5. Mahasiswa yang keluarganya merupakan peserta Program Keluarga Harapan (PKH), pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau memiliki pendapatan gabungan orang tua/wali maksimal Rp4.000.000 dengan pembagian jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000 per anggota keluarga
  6. Perguruan Tinggi melakukan verifikasi apakah mahasiswa layak untuk mendapatkan bantuan UKT/SPP dan bertanggungjawab akan kebenarannya
  7. Mahasiswa tidak sedang mengikuti beasiswa lain baik secara penuh atau sebagian atau dibiayai oleh program bidik misi
  8. Melengkapi data NIM dan NIK pada saat pengusulan

Biaya yang Ditanggung Program Bantuan KIP UKT/SPP untuk Mahasiswa

Mahasiswa peserta program bantuan KIP akan mendapatkan bantuan tanggungan UKT/SPP maksimal sebesar Rp2,4 juta selama satu semester ganjil pada tahun 2020

CATATAN PENTING!!

Penyaluran bantuan UKT/SPP pada mahasiswa KIP Kuliah akan diumumkan melalui surat edaran kepada PTN dan LLKDIKTI

Untuk informasi lengkap terkait program ini dapat dialses disini atau dapat diakses melalui Perguruan Tinggi masing-masing mulai Senin, 6 Juli 2020.

Penerimaan bantuan akan Dibatalkan Bila

Penerimaan bantuan UKT/SPP mahasiswa dari perguruan tinggi akan dibatalkan bila ditemukan ada data yang tidak valid

INFORMASI LEBIH LANJUT:
Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Gedung C Lantai 13, Jalan Jenderal Sudirman Senayan,
Jakarta 10270
Email: [email protected]
https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Sekian Info dari kami tentang Bantuan KIP UKT/SPP untuk Mahasiswa S1 dan Diploma Tahun 2020. Untuk konsultasi mengenai pendidikanbeasiswa atau lebih spesifiknya tentang perkuliahan . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih….

Tags

Elvira

Sedang menyelesaikan studi di Universitas Padjadjaran jurusan Ilmu Komunikasi. Senang berorganisasi dan menghasilkan konten yang bermanfaat seputar beasiswa, perkuliahan, dan topik di jurusan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close