BeasiswaBeasiswa S1

Humanity Scholarship: Beasiswa S1 Korban Bencana

Hai sahabat edura! Kali ini admin akan membagikan beasiswa untuk para mahasiswa S1. Beasiswa ini diberikan kepada mereka korban bencana alam. Nama dari beasiswa ini yaitu Humanity Scholarship. Seperti korban bencana alam di Palu, Lombak, dll. Beasiswa ini diberikan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Beasiswa yang akan memberikan pendanaan berupa uang semesteran. Ayo tunggu apa lagi? Silakan baca artikelnya dibawah ini guys!

Humanity Scholarship: Beasiswa Mahasiswa S1 Korban Bencana

humanity scholarship
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Beasiswa kemanusiaan diperuntukan bagi mahasiswa/i UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan sekitarnya yang menjadi korban atau terdampak bencana di wilayah Lombok, Palu dan Selat Sunda. Beasiswa dapat berupa biaya Semester/SPP. Agar adanya bencana tidak memutus impian mereka untuk menyelesaikan pendidikan di tingkat perguruan tinggi atau universitas.

Beasiswa yang diperuntukan bagi Mahasiswa S1 yang berdampak bencana di Indonesia. Beasiswa ini berupaya memberikan biaya kuliah semester untuk mahasiswa

STF UIN Jakarta

humanity scholarship
  • Share
  • Tweet
  • Pin

“Beranilah bermimpi besar, karena mimpi memiliki kekuatan.”

Demikian kalimat yang menginspirasi para penggagas Social Trust Fund UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Jamhari Makruf, Dr. Amelia Fauzia, dan Emi Ilmiah, MA., pertengahan tahun 2012 lalu. Mimpi besar itu adalah bagaimana UIN Jakarta bisa menjadi ikon kebanggaan umat Islam Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan memiliki dana abadi yang sangat besar. Dana abadi itu bisa menopang biaya operasional dan pengembangan pendidikan di kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rasa “iri” kepada perguruan tinggi besar di dunia seperti Harvard University menjadi motivasi tersendiri. Harvard, juga universitas besar lainnya di dunia, seperti Yale, Stanford, Princeton, dan MIT, memiliki dana abadi (endowment) yang sangat besar. Harvard misalnya, data terakhir yang dirilis pada tahun 2013 menyebutkan, dana abadi yang berhasil dihimpun sebesar USD 32,3 milyar. Maka wajar, banyak mahasiswa di universitas-universitas tersebut yang mendapat beasiswa. Lebih dari itu, kualitas pendidikan universitas itu juga sangat tinggi. Peringkat mereka tak pernah keluar dari 10 universitas terbaik dunia.

Mimpi besar itu kemudian dirajut melalui langkah-langkah sederhana, menghimpun dan mengoptimalkan kedermawanan masyarakat. Potensi kedermawanan yang sangat besar di masyarakat itu harus bisa didayagunakan agar dapat membawa manfaat untuk masyarakat luas. Untuk tahap awal, kolega terdekat dari dosen dan karyawan UIN Syarif Hidayatullah diajak untuk menyisihkan sebagian rezekinya melalui STF. Ada yang berdonasi Rp 50 ribu, Rp 100 ribu, dan seterusnya.

Agar pengelolaan dana dilakukan secara professional, transparan, dan akuntabel, maka STF harus diresmikan melalui badan hukum resmi. Pada 20 Juli 2012, STF mendaftarkan diri sebagai lembaga sosial dan kemanusiaan dengan bentuk yayasan melalui notaris. Tepat pada 15 Februari, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mengesahkan badan hukum STF. Eksistensi STF juga diperkuat dengan SK Rektor bernomor Un.001/R/HK.00.5/47/2012, sebagai lembaga non-struktural di bawah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Persyaratan

Berikut ini persyaratan umum yang diperlukan untuk mendaftar pada beasiswa kemanusian ini.

  • Tercatat aktif sebagai mahasiswa/i S1 UIN Jakarta & sekitarnya
  • Terdampak Bencana di Lombok, Palu, Donggala, Sigi, Banten dan Lampung
  • IPK minimum 2,75
  • Melengkapi dokumen persyaratan

Dokumen Persyaratan

Lengkapilah dokumen-dokumen dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

  • Foto 3 x 4
  • Curriculum Vitae
  • Surat Keterangan Aktif Kuliah
  • Fotokopi KTP, KK & KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
  • Transkrip Akademik IPK sampai akhir yang telah dilegalisir
  • Personal Statement (Deskripsi kondisi keluarga pasca bencana disertai dengan foto kondisi terkini)
  • Form pendaftaran beasiswa kemanusiaan

Pendaftaran

Beasiswa yang diperuntukan bagi Mahasiswa S1 yang berdampak bencana di Indonesia. Beasiswa ini berupaya memberikan biaya kuliah semester untuk mahasiswa.

Cara Pendaftaran

Ikutilah Alur dan Proses Pendaftaran berikut ini untuk melamar pada beasiswa ini:

  • Mendownload formulir beasiswa disini
  • Kirim dokumen persyaratan (soft file) ke email [email protected]
  • Pengumuman peserta yang lolos sekeksi berkas dikirim via email personal
  • Interview sesuai dengan waktu yang ditentukan dengan membawa berkas hard copy

Deadline Pendaftaran

Deadline pendaftarannya : 25 Februari 2019

Informasi Resmi

Informasi lebih detail mengenai Humanity Scholarship: Beasiswa S1 Korban Bencana dapat menghubungi kontak berikut:

Alamat : Gedung ex-Farmasi
Kampus 1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Jl. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia. 15412

No. HP: +62 81380559914

Email: [email protected]

Website: https://www.stfuinjakarta.org

Informasi Resmi Pendaftaran

Sekian Info dari kami tentang Humanity Scholarship: Beasiswa Mahasiswa S1 Korban Bencana . Jika kalian masih bingung tentang Beasiswa ini dapat konsultasi. Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kami untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terimakasih

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker