Beasiswa

9+ Tips Untuk Mendaftar Beasiswa

Beasiswa menjadi salah satu hal yang pasti diincar oleh para mahasiswa baik yang sedang menempuh S1, S2, S3 atau Diploma. Untuk mendapatkan beasiswa Kamu diharuskan bersaing dengan banyak orang karena, yang ingin mendapatkan beasiswa bukan hanya Kamu saja. Tips apply beasiswa merupakan salah satu hal yang dibutuhkan.

Jika Kamu memperoleh beasiswa maka tentunya beban biaya akan lebih ringan itulah salah satu alasan seseorang ingin mendapatkan beasiswa. Jika Kamu memiliki kemampuan yang lebih, hal ini akan menjadi salah satu nilai lebih juga yang akan dinilai dari diri Kamu. Beasiswa bisa Kamu dapatkan jika usaha yang Kamu kerahkan lebih dari usaha orang lain.

Tips Apply Beasiswa

1. Daftar secepat mungkin

Tips yang pertama saat Kamu ingin mendaftar beasiswa kuliah yaitu mendaftarlah secepat mungkin. Beasiswa biasanya mempunyai batasan dan jika Kamu mendaftar terlebih dahulu maka keuntungan yang bisa Kamu dapatkan salah satunya yaitu pihak yg menyediakan beasiswa akan mempertimbangkan dan mengingat Kamu.

Mendaftar beasiswa lebih awal tidak menjadi jaminan bahwa Kamu akan diterima akan tetapi, pihak yang menyediakan beasiswa akan lebih jeli apalagi pada saat di akhir deadline mereka hanya akan melihat sekilas lamaran yang masuk. Jika Kamu menjadi orang pertama yang mendaftar maka sudah bisa dipastikan bahwa mereka membaca nama Kamu.

2. Lebih sering mengecek website resmi universitas

Tips yang kedua yaitu Kamu harus lebih sering mengecek website resmi universitas. Karena, pihak universitas akan memposting mengenai beasiswa jauh-jauh hari sebelum deadline. Jika Kamu menunggu postingan beasiswa secara global tentunya akan lebih lambat dari yang diposting di website resminya. Hal ini yang menyebabkan Kamu menjadi ketinggalan informasi dari yang lain.

Cara ini lebih efisien agar Kamu lebih cepat mendapatkan info mengenai beasiswa. Jika Kamu mendapatkan informasi lebih dahulu tentunya hal ini berbanding lurus dengan mendaftar secepat mungkin. Inilah yang menjadi salah satu alasan seseorang bisa mendapatkan beasiswa dan orang-orang lainnya bahkan ada yang tidak mengetahui mengenai informasi tersebut.

3. Topik essay lebih diperhatikan

Tips yang satu ini bisa Kamu terapkan jika beasiswa yang ingin Kamu gapai mempunyai syarat pembuatan essay. Buatlah esai dengan judul yang menarik perhatian sehingga Kamu terpilih. Selain itu, perhatikan juga sistematika dalam menulis esai tersebut. Karena esai yang baik merupakan esai yang orisinil dan tanpa ada kesalahan ketika menulisnya.

Kamu harus lebih banyak meluangkan waktu untuk mengidentifikasi esai yang telah dibuat. Sebelum membuat esai Kamu juga harus memahami terlebih dahulu apa saja persyaratan yang diminta oleh pihak beasiswa. Jika esai yang Kamu buat sesuai dengan apa yang ada di persyaratan tentunya esai Kamulah yang akan menarik perhatian mereka.

4. Minta koreksi kepada orang lain

Tips yang satu ini juga berhubungan dengan beasiswa yang menyertakan esai sebagai persyaratannya. Esai yang telah Kamu buat harus dipastikan bebas dari typo ataupun kesalahan lainnya. Meminta koreksi kepada orang lain juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk memastikan esai yang Kamu buat sudah benar.

Biasanya orang lain akan jauh lebih teliti membaca esai yang kita buat. Selain mengoreksi kesalahan dalam menulis Kamu juga bisa meminta kritik atau saran dari teman-temanmu. Hal ini akan menjadi salah satu cara untuk mengevaluasi esai yang telah Kamu kerjakan. Sehingga Kamu akan lebih yakin saat mengirim kepada pihak penyelenggara beasiswa tersebut.

5. Mencari alternatif

Selanjutnya yaitu mencari alternatif beasiswa lainnya. Ketika Kamu ingin mendaftar beasiswa pastikan Kamu sudah mengumpulkan beberapa beasiswa lainnya bukan hanya satu beasiswa saja. Jika Kamu hanya mempunyai satu pilihan beasiswa dan terjadi hal yang tidak diinginkan misalnya tidak lolos maka Kamu tidak mempunyai alternatif lain.

Sebaliknya jika Kamu mengumpulkan beberapa info lainnya dan saat mengikuti tes tetapi hasilnya di luar rencana maka Kamu bisa menggunakan plan lainnya. Plan lainnya ini berupa mengikuti tes beasiswa lain dengan catatan harus belajar dari kesalahan sebelumnya. Perhatikanlah kelemahan yang Kamu miliki saat gagal mengikuti tes beasiswa.

6. Manajemen waktu

Manajemen waktu merupakan suatu hal yang sangat penting dan perlu Kamu perhatikan. Karena, ada sebagian orang yang tidak bisa mengatur waktunya dengan baik. Pengaturan waktu yang baik ini dapat membantu Kamu dalam menyeimbangkan antara kegiatan belajar dan dan aktivitas lainnya.

Manajemen waktu yang tidak baik bisa mengakibatkan Kamu tidak matang di kedua hal tersebut. Kamu akan merasa stress dengan jadwal yang berantakan sehingga semua tidak berjalan sesuai dengan apa yang Kamu harapkan. Sehingga menjadi salah satu penghalang ketika Kamu ingin tes beasiswa bahkan bisa menjadi penyebab Kamu tidak lolos tahap seleksi beasiswa.

7. Buatlah daftar beasiswa yang diminati

Agar lebih memudahkan Kamu dalam mencari beasiswa hal yang harus Kamu lakukan juga ialah membuat daftar beasiswa. Pembuatan daftar beasiswa ini dapat Kamu kelompokan berdasarkan jenis beasiswa, kualifikasi yang dibutuhkannya, deadline untuk mendaftar maupun program studi yang akan ditawarkan.

Selain itu membuat spreadsheet beasiswa juga bisa Kamu gunakan agar lebih memudahkan pencarian beasiswa yang diinginkan. Buatlah daftar berdasarkan negara, universitas maupun program studi yang ditawarkan. Daftarlah beasiswa sebanyak mungkin hingga Kamu mendapati salah satu beasiswa tersebut.

8. Buatlah motivasi yang anti mainstream

Pembuatan pesan motivasi yang anti mainstream ini bertujuan agar Kamu bisa pihak yang menyeleksi Kamu akan tertarik dengan apa yang Kamu sampaikan. Hindarilah kata-kata yang selalu sering didengar atau familiar kata-katanya.  Motivasi ini juga merupakan salah satu persyaratan yang harus Kamu penuhi.

Kamu bisa menceritakan fakta-fakta mengapa Kamu ingin mendapatkan beasiswa tersebut. hal ini menunjukan bahwa Kamu mempunyai keinginan yang kuat untuk mendapatkan beasiswa. Selain mempunyai keinginan yang kuat, Kamu juga harus menunjukkan bahwa diri Kamu layak. Sehingga pihak yang menguji akan memutuskan Kamu untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

9. Jangan malu bertanya dalam mencari informasi

Ketika Kamu mencari informasi maka jangan malu untuk bertanya kepada teman-teman yang sudah mendapatkan beasiswa terlebih dahulu. Tanyakan kepada teman-temanmu apa saja persyaratan yang dibutuhkan lalu seperti apa tes yang akan diajukan agar bisa lolos seperti mereka.

Selain bertanya kepada teman-teman Kamu juga bisa bertanya kepada kakak tingkat yang mendapatkan beasiswa. Hal ini menguntungkan bagi Kamu yang mempunyai relasi yang banyak karena, beasiswa yang didapatkan oleh seseorang itu biasanya berbeda-beda jenisnya. Kamu bisa menyesuaikan jenis beasiswa dengan apa yang Kamu minati.

Jika mengalami kegagalan saat mencoba tes beasiswa maka jangan berhenti untuk berjuang hingga akhirnya Kamu mendapatkan apa yang diinginkan. Tips apply beasiswa diatas harus diterapkan dengan tepat agar Kamu lebih mudah mendapatkan beasiswa. Karena beasiswa merupakan impian dari kebanyakan orang dan Kamu harus benar-benar memperjuangkannya.

Abid Ra

Writer, Business Enthusiast, and Traveler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close