SaintekSBMPTN

Pembahasan Try Out TPS UTBK 2021 (Saintek) Batch 2.0

Halo sobat Edura! Gimana nih kabarnya? Semoga selalu sehat dan baik – baik saja ya! Sebelumnya kami ingin mengucapkan terima kasih bagi teman – teman yang sudah mengikuti Try Out UTBK 2020 Batch 2.0. Semoga Try Out ini bisa menjadi gambaran dan ajang untuk melatih kemampuan teman – teman dalam menghadapi soal UTBK 2021 nanti. Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan kunci jawaban beserta pembahasan dari soal Try Out TPS UTBK 2021 (SAINTEK) Batch 2.0. Yuk, simak pembahasannya!

1.Jawaban C
Berdasarkan kolom tahun pada tabel, diketahui bahwa kontribusi ekspor terbesar adalah daerah Jawa Barat.

2. Jawaban A
Berdasarkan tabel, pernyataan yang sesuai adalah pilihan (a) pada kolom provinsi Jawa Barat, terlihat jumlah ekspor yang tinggi, namun jika dilihat kembali, angkanya terus menurun setiap tahun.

3. Jawaban E
Terdapat pada kalimat di baris ke 3 yaitu, “Secara spesifik, ekspor Indonesia ditentukan oleh kinerja ekonomi dan perdagangan provinsi”

4. Jawaban A
Berdasarkan tabel, provinsi Irian dan Kalsel mengalami peningkatan yang cukup stabil, dari tahun sebelumnya.

5. Jawaban E
Berdasarkan bacaan, hal utama yang dapat membangun perdagangan internasional tentunya kinerja ekonomi serta perdagangan antar provinsi.

6. Jawaban B
Berdasarkan angka ekspor dalam tabel, terlihat angka yang paling mendominasi ditempati oleh provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Riau, dan Jakarta.

7. Jawaban B
Berdasarkan bacaan di atas, luas wilayah Indonesia berpengaruh pada variatifnya komoditi ekspor secara keseluruhan, meskipun setiap provinsi hanya mengekspor satu sampai dua komoditi utama saja.

8. Jawaban E

Berdasarkan bacaan di atas, dapat diketahui bahwa devisa kelautan mencapai US $71 miliar setiap tahunnya, Indonesia pun memiliki wilayah perairan yang luas yang dapat menjadi potensi pemasukkan dan peluang pasar perikanan pun cukup luas.

9. Jawaban A

Berdasarkan tabel, seluruh sektor mengalami penurunan angka PDB yang hasilnya berpengaruh pada PDB nasional di tahun terakhir.

10. Jawaban D

Berdasarkan bacaan, jika sektor perikanan mengalami peningkatan maka dapat disimpulkan bahwa nelayan akan ikut tersejahterakan dan akhirnya akan berpengaruh pada kontribusi ekonomi nasional.

11. Jawaban B

Jika angka PDB mengalami penurunan, maka dapat disimpulkan bahwa presentasi kenaikannya akan ikut menurun.

12. Jawaban E

Berdasarkan tabel, tidak ada sektor yang mengalami penurunan angka PDB berturut-turut, namun hampir semua mengalami penaikan terlebih dahulu sebelum turun di tahun terakhir.

13. Jawaban A

Berdasarkan bacaan, dapat diketahui bahwa perikanan tangkap Indonesia mendominasi dari seluruh kategori hasil perikanan sebesar US $15.

14. Jawaban C

Simpulan yang paling tepat adalah bahwa sektor perikanan mendominasi kontribusi ekonomi negara, namun sektor ini belum mampu memaksimalkan seluruh potensi yang ada.

15. Jawaban A

16. Jawaban E

17. Jawaban C

18. Jawaban B

19. Jawaban C

20. Jawaban A

21. Jawaban C
Judul yang baik adalah yang menarik dan mampu mewakili seluruh isi bacaan, maka jawaban yang tepat adalah “Pembiasaan Anak dalam Mendengarkan Cerita”

22. Jawaban C
Pernyataan yang paling sesuai dengan bacaan di atas adalah bahwa neuron merupakan salah satu syaraf yang akan menguntungkan anak di masa depan dalam kegiatan membaca (kalimat terakhir)

23. Jawaban E
Kalimat yang tidak efektif adalah kalimat 3:
Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, (K)
menemukan (P)
perbedaan yang terjadi pada aktivitas otak anak (O)
Kalimat ini tidak efektif karena tidak mempunyai subjek, harusnya diperbaiki dengan kalimat:
Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics (S)
Menemukan (P)
perbedaan yang terjadi pada aktivitas otak anak (O)
dan kalimat 9 yaitu:
Pada studi ini (K)
Menunjukkan (P)
Bahwa perkembangan daerah ini dimulai pada usia yang sangat muda. (O)
Kalimat ini juga tidak efektif karena tidak memiliki subjek, seharusnya siperbaiki dengan menghilangkan kata “pada”
Studi ini (S) menunjukkan (P) bahwa perkembangan daerah ini dimulai pada usia yang sangat muda (O)

24. Jawaban A
Sinonim yang meknanya paling sesuai sebagai pengganti kata tersebut adalah kata “wilayah” untuk mengganti kata “daerah” dan kata “dinamis” untuk mengganti kata “aktif”

25. Jawaban E
Berdasarkan bacaan, dampak yang terjadi pada anak yang orangtuanya pasif dalam membaca dalah perkembangan otaknya lebih lambat daripada orangtua yang aktif dan pertumbuhan neuronnya kurang terbantu.

26. Jawaban B
Pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan adalah B, karena pada paragraf satu disebutkan bahwa tubuh jangkrik bentuknya beruas-ruas, dengan tiga bagian rumas yaitu kepala, dada, dan perut.

27. Jawaban B
Paragraf padu adalah paragraf yang memiliki susunan kalimat yang logis, dan tidak mengandung kalimat sumbang, yaitu kalimat yang keluar dari permasalahan yang dibicarakan. Pada paragraf dua terdapat dua pokok pikiran utama yang dibahas, yaitu mengenai habitat jangkrik dan kebiasaan jangkrik. Hal ini menyebabkan paragraf dua menjadi tidak padu.

28. Jawaban C
Perbaikan kata tersebut adalah C, kata “lembab” adalah bentuk tidak baku dari “lembap” dan “pertamanan” seharusnya diganti “taman”

29. Jawaban C
Pernyataan yang sesuai adalah C, dalam paragraf terakhir disebutkan bahwa pembudidayaan jangkrik tidak membutuhkan biaya dan tempat yang besar, dan jangkrik mudah untuk dikembangbiakan sehingga siapa saja bisa memulai usaha budidaya ini.

30. Jawaban E
Kalimat tersebut harus diperbaiki dengan membubuhkan tanda koma sebelum kata “dan” karena fungsinya sebagai perincian.

31. Jawaban A
Judul yang sesuai dengan isi bacaan tersebut adalah “Kandungan Alami dan Khasiat Madu” karena bacaan tersebut tidak hanya membahas kangdungan madu, namun membahas juga khasiat dari setiap kandungannya.

32. Jawaban C
Berdasarkan bacaan, zat yang tidak terkandung dalam asam organic pada madu adalah asam nitrit.

33. Jawaban E
Berdasarkan bacaan tersebut, zat yang tidak terkandung dalam madu adalah Fosfat.

34. Jawaban B
Pernyataan yang tidak sesuai adalah b, karena kandungan air dalam madu berfungsi untuk melancarkan metabolisme lebah itu sendiri, bukan untuk tubuh manusia.

35. Jawaban A
Berdasarkan bacaan tersebut, madu berkhasiat untuk melancarkan pertumbuhan tulang dan gigi, bukan untuk memperkuat tulang dan gigi.

36. Jawaban C
Dari bacaan tersebut dapat disimpulkan bahwa kandungan utama madu adalah gula dan ada tambahan 20% kandungan air yang keseluruhan kandungannya berkhasiat untuk tubuh manusia.

37. Jawaban C
Istilah yang paling tepat untuk mengisi rumpang tersebut adalah modern, bidang, praktis, dan menggandrunginya.

38. Jawaban A
Kalimat majemuk bertingkat adalah bentuk kalimat tunggal yang diperluas, perluasan itu menimbulkan klausa baru. Kalimat “walaupun komputer itu dilengkapi alat-alat canggih” merupakan kalimat tunggal yang diperluas dengan klausa “para hacker masih dapat mengacaukan data-datanya”.

39. Jawaban A
Kalimat dasar atau kalimat inti adalah kalimat yang berintonasi normal dan terdiri dari unsur pusat (S-P). Kalimat dasar dari dari kalimat perluasan tersebut adalah “tanaman menyerap gas”

40. Jawaban C
Makna kata “memangkas” dalam kalimat tersebut yang paling sesuai adalah “membatasi”

41. Jawaban B
Berdasarkan bacaan tersebut, paragraf dua membicarakan tentang tentang tempat peneluran penyu sisik.

42. Jawaban E
Kata tempurung memiliki persamaan kata dengan kata batok dan cangkang, semantara geluk memiliki makna tempurung tempat air yang maknanya tidak sesuai.

43. Jawaban A
Persamaan kata sporadic menurut KBBI adalah tidak tentu.

44. Jawaban B
Antonim untuk kata landai adalah curam.

45. Jawaban D
Permasalahan pokok yang dibahas dalam teks tersebut adalah mengenai limbah sebagai permasalahan serius dalam sanitasi (baris ke 2)

46. Jawaban E
Persamaan kata serius dalam kalimat tersebut adalah genting, akut, kritis dan gawat. Sementara lasat memiliki makna payah.

47. Jawaban B
Sinonim kata nabati adalah “hal yang berasal dari tumbuhan”

48. Jawaban D
Padat memiliki persamaan makna yang paling sesuai adalah pejal.

49. Jawaban C
Pokok permasalahan yang dibahas adalah mengenai dampak negatif dan positif telepon genggam.

50. Jawaban E
Kata kecanduan memiliki persamaan kata dengan tergila-gila, keranjingan, gemar, suka. Maka kebalikan maknanya adalah benci.

51. Jawaban A
Kata yang memiliki makna serupa dengan kata buruk adalalah “cendala” yang artinya hina, buruk, atau keji. Sementara gabas dan subal memiliki makna kasar, tengik bermakna bau tidak sedap dan rebeh bermakna terkulai.

52. Jawaban B
Banglas, bambang, jelah, dan lawah memiliki makna yang sama yaitu luas atau lapang. Sementara lintang memiliki arti lebar suatu bidang.

53. Jawaban C
Topik dari teks tersebut adalah kesediaan hewan untuk membantu sesamanya. Dibuktikan pada paragraf pertama. Topik tersebut juga dibahas di seluruh paragraf.

54. Jawaban B
Ide pokok paragraf terakhir adalah seekor tupai rela membahayakan dirinya sendiri ketika memberi peringatan kepada sesama spesiesnya.

55. Jawaban A
Kata “lurking” memiliki makna “mengintai”, maka kaa yang paling sesuai adalah “watching over” yang artinya mengawasi.

56. Jawaban C
Kata “hive” memiliki arti “sarang”, maka jawaban yang paling sesuai adalah “nest”

57. Jawaban C
Hal yang kita ketahui berdasarkan teks tersebut terdapat pada kalimat 4, kalimat ke ini menyatakan secara spesifik bahwa peneliti sudah memeriksa mumu dan mampu mengembangkan teorinya terkait mumi tersebut.

58. Jawaban E
Subjek yang dibahas dalam paragraf tersebut adalah “embalmers”

59. Jawaban A
Bacaan tidak secara khusus menjelaskan proses pembalseman mumi, namun terlihat dari beberapa tahapan dan waktu pengerjaan pembalseman mumi, maka secara logika dapat disimpulkan bahwa proses pembalseman ini sangat panjang dan rumit atau “lengthy and complicated”

60. Jawaban C
Kata “decay” yang berarti kerusakan, memiliki makna kata yang dekat dengan “deteriorate” yang memikili arti “memburuk”

61. Jawaban B

1\frac{3}{5} - 1,45 = \frac{8}{5} - \frac{145}{100} = \frac{160}{100} - \frac{145}{100} = \frac{15}{100} = \frac{3}{20}

62. Jawaban C

2 adalah berapa persen dari 120

2 = \frac {x}{100}% 120

x = \frac {100}{60}

x = 1,67%

63. Jawaban E

8,785 : 0,06 = 8785 : 60 = 125,5

64. Jawaban B

60,5\% \times 12,5=\frac {60,5}{100} \times 12,5=7,5625

65. Jawaban B

0,07 : 3,5=7 : 350=0,02

66. Jawaban A

12,25\% \times \sqrt{36}=\frac {12,25}{100} \times 6=0,735

67. Jawaban B

(17 + 18)^2=(35)^2=1225

68. Jawaban B

15 \times 13 + 12 \times 11 - 14 \times 13=195 + 132 - 182=145

69. Jawaban B

\sqrt{ \frac{9}{15} \times \frac {81}{64}}=\sqrt {\frac{9}{15}} \sqrt {\frac {81}{64}}= \frac {3}{5} \times \frac {9}{8}= \frac {27}{40}

70. Jawaban E

r=2^2 + 2.2.3 + 3^2=4+12+9=25

\frac {r}{pq}= \frac {25}{2.3}= \frac {25}{6}=4 \frac {1}{6}

71. Jawaban A

x= \frac {105}{5}=21

y= \frac {87}{3}=29

Sehingga x < y

72. Jawaban A

180^\circ=x+2x+3x=6x

x=30^\circ

Sehingga x < y

73. Jawaban E
Karena nilai x dan y tidak diketahui dengan jelas maka hubungan x dan y tidak dapat ditentukan.

74. Jawaban E

x^2-9=0

(x+3) (x-3)=0

x=-3 atau x=3

Karena nilai x memiliki 2 nilai maka hubungan x dan y tidak dapat ditentukan.

75. Jawaban A

x=12\% . 48=\frac {12}{100}.48=5,76

y=48\% . 10=\frac {48}{100}.10=4,8

Sehingga x > y

76. Jawaban E

0,04 \times 60=2,4km

77. Jawaban D

\frac {jumlah\hspace {0.2cm} total\hspace {0.2cm} nilai}{5}=nilai\hspace {0.2cm} rata-rata

\frac {(91+88+86+78+x)}{5}=85

\frac {(343+x)}{5}=85

343+x=425

x=82

Sehingga nilai terakhir yang dibutuhkan adalah 82

78. Jawaban D

25\%.Harga\hspace {0.2cm} jual=Laba

25\%.Harga\hspace {0.2cm} jual=harga\hspace {0.2cm} jual - harga\hspace {0.2cm} beli

\frac {25}{100}.x=100000-x

0,25.x=100000-x

1,25.x=100000

x=\frac {100000}{1,25}=80000

Sehingga harga belinya adalah Rp 80.000

79. Jawaban D

Jika x rupiah dibagikan ke n orang, tiap orang akan mendapatkan 60000 rupiah

\frac {x}{n}=60000, x=60000n ... (1)

Jika x rupiah dibagikan ke n+1 orang, tiap orang akan mendapatkan 50000 rupiah

\frac {x}{n+1}=50000, x=50000n+50000 ... (2)

Dari persamaan 1 dan 2 diperoleh :

60000n=50000n+50000

10000n=50000

n=5

Sehingga x rupiahnya adalah x = 60000 (5) = 30000 rupiah

80. Jawaban B

Diketahui tinggi tabung P duakalinya tinggi tabung Q = 2T : T
Jari jari tabung P setengahnya jari jari tabung Q=\frac {1}{2} R:R
Volume Tabung yaitu: \pi r^2 t

Sehingga perbandingan isi tabung P dan Q adalah

V_p:V_q

\pi (\frac {1}{2}R)^2 2T:\pi r^2 t

\pi \frac {1}{4}R^2 2T:\pi r^2 t

\frac {1}{2}:1

1:2

Sehingga perbandingan isi tabung P dan Q adalah 1 : 2


Nah, sekian informasi dari kami mengenai Pembahasan Soal Try Out TPS UTBK 2021 (SAINTEK) Batch 2.0.

Terus latih kemampuan sobat dengan mengerjakan contoh soal Matematika lengkap ditautan berikut ini Latihan Soal Matematika.

Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang perkuliahan. Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya.

Silahkan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram atau link disini ya.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima kasih!

Tags

Silvia Nurul Jihan

Undergraduate Student at SBM ITB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close