SBMPTNSoshum

Pembahasan Try Out TPA UTBK 2021 (Soshum) Batch 2.0

Halo sobat Edura! Gimana nih kabarnya? Semoga selalu sehat dan baik – baik saja ya! Sebelumnya kami ingin mengucapkan terima kasih bagi teman – teman yang sudah mengikuti Try Out UTBK 2020 Batch 2.0. Semoga Try Out ini bisa menjadi gambaran dan ajang untuk melatih kemampuan teman – teman dalam menghadapi soal UTBK 2021 nanti. Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan kunci jawaban beserta pembahasan dari soal Try Out TPA UTBK 2021 (SOSHUM) Batch 2.0. Yuk, simak pembahasannya!

Geografi

Pembahasan no. 1 :
(Jawaban B)

Untuk memetakan wilayah rawan tsunami, peta geologi struktur dapat memproyeksikan kondisi batuan dan bentang alam struktural yang kokoh maupun tidak. Selain itu, peta wilayah ketinggian dapat menjadi acuan seberapa tinggi gelombang yang mungkin akan sampai ke bibir pantai. Peta sebaran fasilitas umum maupun tutupan lahan dapat dimanfaatkan untuk mengetahui jalur evakuasi maupun infrastruktur yang tersebar di daerah tersebut (untuk keperluan pra dan pasca penanganan bencana). Sementara peta wilayah administrasi relatif memuat informasi yang terlalu general dan kurang sesuai untuk pemetaan rawan bencana.

Pembahasan no. 2 :
(Jawaban B)

· Dalam kondisi normal, azimuth dianggap lebih cocok untuk daerah kutub, kerucut untuk daerah lintang sedang, dan silindrikal untuk daerah ekuator
· Dalam kondisi oblique (miring), azimuth dianggap cocok untuk daerah lintang sedang
· Benua Eropa sebagian besar termasuk ke dalam wilayah tersebut, sehingga cocok untuk dipetakan dengan azimuthal oblique dan konikal normal

Pembahasan no. 3 :
(Jawaban E)

· Titik, garis, luasan merupakan komponen terkecil dalam penyusunan suatu file/data
· Citra satelit dan foto udara merupakan hasil dan wahana yang digunakan untuk proses pemetaan (SIG dan penginderaan jauh)
· Data kontinu dan diskrit hanya berfokus kepada angka (hitungan), bukan spasial (keruangan)
· Data raster dan vektor merupakan kedua data yang dapat dimanfaatkan untuk proses tersebut (keyword: dua kelompok data)

Pembahasan no. 4 :
(Jawaban E)

Semua daerah tersebut telah diakui secara internasional oleh UNESCO

Pembahasan no. 5 :
(Jawaban E)

Meskipun kelima alasan tersebut menguntungkan secara ekonomi, penambangan terumbu karang dapat mengancam eksistensi kelestarian terumbu karang dan biota bawah laut. Oleh karena itu, butuh adanya budidaya yang sesuai prosedur untuk menunjang kehidupan terumbu karang agar dapat sustainable

Pembahasan no. 6 :
(Jawaban B)

Gaya Coriolis disebabkan adanya gerak rotasi Bumi dan menyebabkan perbedaan arah gerak rotasi angin yang berhembus dari kutub (utara maupun selatan) menuju ekuator

Pembahasan no. 7 :
(Jawaban D)

Bahasa Inggris, Tiongkok, Arab, Perancis, Spanyol dan Rusia diakui secara resmi oleh PBB

Pembahasan no. 8 :
(Jawaban A)

Teori Malthus menyatakan pertumbuhan penduduk ibarat deret ukur (2, 4, 8, 16, 32, …) sementara pertumbuhan sumberdaya ibarat deret hitung (1, 2, 3, 4, 5, …).
· Deret ukur yang dimaksud ialah geometris, sementara deret hitung yang dimaksud ialah pertambahan secara aritmatis

Pembahasan no. 9 :
(Jawaban B)

· Perhitungan yang dilakukan berdasarkan tempat tinggal saat sensus dilakukan (bukan penduduk asli) ialah sensus De Facto, sementara yang berdasarkan tempat asli ialah De Jure. Bentuk sensus yang dipakai di Indonesia ialah De Facto.
· Metode dimana petugas mendatangi kediaman penduduk satu persatu ialah canvasser, sementara apabila menyerahkan data untuk diisi mandiri oleh penduduk ialah householder. Metode yang dipakai di Indonesia ialah canvasser.

Pembahasan no. 10 :
(Jawaban C)

Teori Walter Christaller memiliki rumus 6n + 1. Pada bagian K4, terdapat 6 wilayah yang “mendukung secara parsial” dengan memberikan jalur lalu lintas yang paling efisien à terminal bus antarkota.
· Fasilitas supermarket, niaga, dan perdagangan cocok untuk teori K3.
· Sementara itu, fasilitas Civic Center cocok untuk teori K7

Pembahasan no. 11 :
(Jawaban A)

Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Administratif Cimahi berada di sebuah di sebuah cekungan yang dikelilingi gunung-gunung. Cekungan ini terisi endapan Danau Bandung Purba. berupa endapan lempung dan pasir yang bersifat relatif lunak. Keempat kota di atas berada di atas endapan danau ini. Sumber ancaman gempa bagi Cekungan Gempa bisa berasal dari gempa bumi di jalur subduksi selatan Jawa dan sesar-sesar yang berada di sekitar Bandung. Sumber ancaman gempa yang paling dekat adalah sebuah retakan memanjang yang dikenal sebagai Sesar Lembang. Sesar Lembang adalah sebuah retakan memanjang barat timur dari kaki Gunung Manglayang hingga ke Padalarang sepanjang lebih dari 22 km. Sesar ini mulai diungkapkan dalam buku “geology of Indonesia” yang ditulis oleh Van Bemmelen (1949).

Pembahasan no. 12 :
(Jawaban E)

Daerah Tanjung Benoa dan sekitarnya dari sejumlah titik pengeboran sampel merupakan lembah yang diisi oleh material pasir lanau lempung saling jari menjari. Dengan demikian apabila terjadi goncangan yang cukup kuat pada area tersebut rentan potensi likuifaksi.

Pembahasan no. 13 :
(Jawaban B)

Rekonstruksi perubahan muka air laut wilayah paparan sunda menggunakan proksi serbuk sari (pollen) yang terekam di endapan marin. Hasil rekonstruksi memperlihatkan adanya fase perubahan iklim sejak masa holosen atau sekitar 12.000 tahun yang lalu. fase pertama ditandai dengan kenaikan muka air laut dalam periode 10.000-7.000 tahun yang lalu, kemudian periode 7.0002.000 tahun yang lalu dengan aktivitas terestrial yang dominan di Pare-pare dan kolonisasi mangrove di kalimantan. Analisa variasi iklim masa lalu dengan memperhatikan kandungan geokimia dari jenis karang porites dari Sulawesi Tenggara dan Banten mengindikasikan bahwa suhu muka air laut cenderung meningkat sejak 1860.

Pembahasan no. 14 :
(Jawaban D)

Fenomena gelombang panas hanya terjadi pada negara-negara subtropis atau wilayah lintang tinggi. Fenomena yang biasa terjadi di negara tropis disebut sebagai fenomena suhu panas. Kawasan Surabaya memiliki RTH yang lebih luas daripada Bandung. Namun, Surabaya memiliki suhu yang lebih tinggi daripada Bandung dikarenakan elevasi yang lebih rendah.
Landasan hukum lebih lanjut tentang RTH ditetapkan dalam : Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan; serta Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 05/ Prt/ M/ 2008 Tentang Pedoman Penyediaan Dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau Di Kawasan Perkotaan. Dalam Pasal 2 Permendagri RTHKP, salah satu tujuan penataan RTHKP adalah untuk menjaga mewujudkan kesimbangan antara lingkungan alam dan lingkungan buatan di perkotaan.

Pembahasan no. 15 :
(Jawaban B)

Karena air yang dibawa ke permukaan kaya akan nutrisi, upwelling di pesisir mendukung pertumbuhan rumput laut dan plankton. Hal ini akan menyediakan makanan bagi ikan, mamalia laut dan burung. Selama El Nino, fenomena cuaca yang berubah menyebabkan angin melambat dan upwelling melemah sehingga tangkapan ikan akan menurun drastis saat fenomena tersebut terjadi. Air dingin yang mengalir ke permukaan saat upwelling akan mendinginkan udara di wilayah tersebut. Hali ini mendorong perkembangan kabut di daerah pesisir.

Pembahasan no. 16 :
(Jawaban E)

Piramida granat adalah nama lain piramida stasioner artinya proporsi balita dan manula makin berkurang sehingga menjadi seimbang dan mengarah ke zero population growth

Pembahasan no. 17 :
(Jawaban B)

Lahan tambang dekat pesisir akan menghasilkan limbah yang nanti mengalir ke laut sehingga akan membuat kadar suspensi meningkat. Hal ini akan membuat kerusakan terumbu karang, karena mereka tidak bisa hidup di air yang kotor atau keruh.

Pembahasan no. 18 :
(Jawaban A)

Tidak semua tumbuhan dapat hidup di wilayah hutan taiga. Hanya tumbuhan jenis konifer saja yang dapat bertahan. Hal ini karena konifer memiliki kemampuan untuk bertahan di suhu yang ekstrim.

Pembahasan no. 19 :
(Jawaban B)

Di Indonesia, kota-kota pelabuhan yang berkembang pesat, misalnya Jakarta, Semarang dan Surabaya umumnya memiliki pola permukiman penduduk yang berbentuk permukiman yang tersebar secara memanjang (pola linier) mengikuti garis pantai.

Pembahasan no. 20 :
(Jawaban C)

Seperti Schmidt-Ferguson, Oldeman hanya menggunakan unsur curah hujan sebagai dasar dari klasifikasi iklim. Perbedaannya adalah Oldeman menggunakan metode bulan kering dan bulan basah berturut-turut dan dihubungkan untuk zonasi komoditas pertanian di daerah tertentu. Klasifikasi Oldeman juga sering dikenal dengan sebutan zona agroklimat. Contohnya curah hujan 200 mm per bulan sangat cocok untuk budidaya padi basah. Sementara palawija cocok ditanam pada bulan dengan curah hujan 100 mm. Musim hujan selama 5 bulan berturut-turut cukup untuk dilakukan budidaya padi sawah dalam satu musim.

Sosiologi

Pembahasan no. 21 :
(Jawaban D)

Perubahan sosial terjadi ketika ada sesuatu yang mendorong untuk terjadinya sebuah perubahan di dalam segala aspek kehidupan masyarakat. Perubahan sosial terjadi karena ada dorongan dari seseorang dengan motivasi ingin merubah suatu hal lama menjadi hal yang lebih baik. Seseorang tersebut dapat dinamakan agen perubahan atau agent of change.

Pembahasan no. 22 :
(Jawaban D)

Mobilitas sosial adalah perubahan, pergeseran, peningkatan, ataupun penurunan status dan peran anggotanya (gerakan secara horizontal maupun vertikal). Perpindahan yang dilakukan petani dari desa ke kawasan industri membuka peluang bagi petani untuk mengalami social climbing atau mobilitas yang perpindahannya mengalami peningkatan.

Pembahasan no. 23 :
(Jawaban B)

Pengertian ras secara umum adalah klasifikasi manusia berdasarkan ciri biologis yang dimiliki bukan berdasarkan ciri- ciri yang terstruktur secara sosial. Ras juga bisa diartikan sebagai golongan penduduk pada suatu daerah yang mempunyai beberapa sifat keturunan, yang berlainan dengan penduduk pada daerah lainnya. Selain itu, Ras diartikan sebagai suatu kategori dengan pengelompokan sejumlah orang berdasarkan karakteristik sik tubuh, yang meliputi warna kulit, bentuk tengkorak kepala, struktur rambut, bentuk mata atau hidung, dan simbol- simbol fisik lainnya dengan perspektif subjektif.

Pembahasan no. 24 :
(Jawaban C)

Kuliner adalah hasil dari budaya, maka dari itu setiap daerah memiliki kuliner dengan ciri khasnya masing-masing.

Pembahasan no. 25 :
(Jawaban D)

Arbitrasi adalah bentuk penyelesaian konflik dengan menghadirkan pihak ketiga sebagai pemutus keputusan agar konflik dapat diselesaikan.

Pembahasan no. 26 :
(Jawaban C)

Mengenal sistem kasta di Bali, sistem kasta didapatkan melalui sebuah keturunan dalam keluarga. Akan sangat sulit untuk naik ke kasta yang lebih atas karena sistem kasta didapat melalui keturunan, oleh karena itu sistem kasta di Bali dinamakan mobilitas sosial tertutup.

Pembahasan no. 27 :
(Jawaban D)

Konflik peran adalah konflik yang terjadi karena ada benturan saat kita sedang menjalankan peran-peran tertentu. Konflik peran merupakan bentuk adanya perselisihan antara harapan-harapan yang berkaitan dengan suatu peran. Konflik peran merupakan hasil dari tidak konsistennya harapanharapan berbagai pihak atau persepsi seseorang dengan adanya perbedaan antara tuntutan peran dan kebutuhan, serta nilai-nilai individu dan sebagainya.

Pembahasan no. 28 :
(Jawaban E)

Pembahasan no. 29 :
(Jawaban C)

Interaksi dapat dilakukan oleh individu-individu, kelompok-kelompok, dan individu-kelompok. Interaksi individu-kelompok terjadi ketika satu orang sedang berinteraksi dengan banyak orang dari pihak lain.

Pembahasan no. 30 :
(Jawaban C)

Teori konflik dari Karl Marx memiliki asumsi dasar bahwa perbedaan kepentingan antar kelas sosial menciptakan relasi sosial yang bersifat konfliktual. Perbedaan inilah yang disebut kesenjangan. Semakin besar kesenjangan, semakin besar potensi timbulnya konflik sosial. Kesenjangan tidak hanya ditentukan oleh perbedaan kelas, namun bisa juga ras, gender, kultur, selera, agama, dan lainnya. Teori konflik digagas oleh Karl Marx dalam studinya mengenai konflik kelas antara borjuis dan proletar. Borjuis sebagai kelompok pemilik faktor produksi memiliki kontrol atas sumber daya. Proletar adalah kelompok kelas pekerja yang tidak memiliki kontrol atas sumber daya.

Pembahasan no. 31 :
(Jawaban E)

Post-strukturalis merupakan sebuah aliran yang mendekonstruksi pemikiranpemikiran dari tahap sebelumnya yaitu strukturalis. Aliran post-strukturalis lahir sekitar tahun 1960 di Negara Perancis. Pada konteks soal di atas, jelas nampak bahwa Emile Durkheim merupakan seorang sosiolog yang bukan termasuk pada aliran post-strukturalis. Lebih jauh lagi, Durkheim merupakan salah satu dari tiga tokoh sosiologi klasik yang sering diidentikan dengan ‘trinitas’ bersama Karl Marx dan Max Weber.

Pembahasan no. 32 :
(Jawaban A)

Emile Durkheim merupakan seorang sosiolog yang mengamati masyarakat Eropa Barat dengan skala analisis makrososiologis. Berbagai hasil risetnya seperti pengamatan sistem lingkungan pada masyarakat pelaku bunuh diri membuat banyak ilmuwan sosial yang sepakat bahwa Emile Durkheim menganut perspektif strukturalis. Dengan karirnya sebagai ilmuwan sosial di era klasik, Emile Durkheim dinyatakan sebagai orang yang mencetus paradigma strukturalis dalam sosiologi.

Pembahasan no. 33 :
(Jawaban A)

Gagasan Karl Marx pada dasarnya berangkat dari sebuah konsep dasar berupa historical materialism, yaitu konsep yang menyatakan bahwa sejarah manusia selalu berhubungan dan dipengaruhi oleh aspek material (yang empiris menurut panca indera). Penekanan aspek material tersebut dinilai cenderung mengabaikan unsur-unsur immaterial atau yang tidak dapat dirasakan melalui panca indera manusia secara umum. Hal tersebut menyebabkan gagasan materialisme Karl Marx dianggap mengabaikan Tuhan yang mana tidak dapat ditangkap oleh panca indera manusia secara umum.

Pembahasan no. 34 :
(Jawaban E)

Paradigma interaksionis-simbolik menekankan analisis dalam skala mikrososiologis yang mana berfokus pada pendalaman makna subjektif seseorang terhadap suatu hal. Dalam soal di atas, opsi E merupakan topik riset sosial kontemporer yang skala analisisnya sesuai untuk diteliti dengan paradigma interaksionis-simbolik. Sebab, opsi A, B, dan D merupakan riset kuantitatif yang mana skala analisisnya makrososiologis dan lebih menekankan generalisasi daripada kedalaman data. Sedangkan studi kasus pada opsi C merupakan riset kualitatif yang masih berskala makrososiologis.

Pembahasan no. 35 :
(Jawaban D)

Peniruan yang dilakukan oleh para relawan pada soal di atas lebih didasari oleh adanya unsur kekerenan bila mampu membantu masyarakat dengan fashion style ala penjahat fiktif. Kekerenan sebagai hal yang ingin diperoleh para relawan untuk mempermudah mereka dalam diterima dan diakui oleh masyarakat merupakan wujud imitasi terhadap karakter Joker. Sehingga, faktor yang mendorong para relawan pada soal di atas dalam menyerupai Joker hanya pada tataran fisik ialah imitasi.

Pembahasan no. 36 :
(Jawaban D)

Tindakan bom bunuh diri sejatinya merupakan penyimpangan yang tidak dapat ditolerir karena membahayakan kehidupan pihak tak bersalah baik bagi pelaku maupun target korban. Adapun bom bunuh diri juga terus menerus terjadi, sehingga bom bunuh diri dapat dikategorikan sebagai perilaku menyimpang sekunder.

Pembahasan no. 37 :
(Jawaban C)

Salah satu sifat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan ialah non-etis, yaitu tidak adanya penilaian negatif terhadap topik apapun. Dalam konteks soal di atas, video ‘1444’ yang notabene memuat dokumentasi bunuh diri oleh seorang remaja tidak dapat dinilai sebagai hal yang tabu dalam ranah sosiologi. Kendati demikian, diskusi dan pengkajian terhadap topik terkait harus menggunakan teori dan pemahaman konteks sosial yang tepat agar tidak menimbulkan misinterpretasi.

Pembahasan no. 38 :
(Jawaban C)

Secara umum, teori sosial menyatakan bahwa kebudayaan memiliki tiga sifat dasar antara lain universal, terus berubah, dan menentukan jalan hidup. Pada konteks soal di atas, kebudayaan tekno-sentris wujud dari respon masyarakat terhadap kondisi sosial Jepang yang terus mengalami penurunan angka kelahiran. Respon tersebut secara tidak langsung menunjukkan bahwa kebudayaan mampu menentukan kelangsungan hidup manusia atau determinatif.

Pembahasan no. 39 :
(Jawaban B)

Lakunya Korean Wave dalam industri hiburan tidak lepas dari gencarnya produksi konten hiburan berupa lagu dan tarian K-Pop beserta pemberitaan oleh para jurnalis. Hal ini menunjukkan bahwa media massa memiliki peranan besar dalam menanamkan nilai keindahan pada konten hiburan yang diproduksi orang-orang Korea Selatan.

Pembahasan no. 40 :
(Jawaban B)

Modernisasi dilakukan oleh manusia dikarenakan adanya motif ekonomi yaitu keinginan memperoleh keuntungan maksimal dengan pengorbanan minimal. Hal ini mendorong manusia untuk terus memperbaharui alat dan pengetahuan guna mampu memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara yang lebih mudah. Minimalisasi usaha fisik oleh penciptaan inovasi teknologi menunjukkan bahwa modernitas memiliki semangat berupa memudahkan hidup manusia.

Ekonomi

Pembahasan no. 41 :
(Jawaban D)

Prinsip ekonomi berarti bagaimana pengorbanan minimum untuk mendapatkan output tertentu atau pengorbanan tertentu untuk mendapatkan hasil maksimum. Sehingga jawaban yang paling tepat adalah D.

Pembahasan no. 42 :
(Jawaban D)

Kurva penawaran bergeser ke kiri atas berarti telah terjadi penurunan jumlah barang yang ditawarkan. Hal ini disebabkan salah satunya oleh kenaikan upah pekerja (faktor input), sehingga hal tersebut menyebabkan pergeseran kurva penawaran sepatu ke kiri. Sehingga jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan no. 43 :
(Jawaban B)

Industri mobil (dalam hal ini Suzuki Karimun Wagon R) merupakan industri pasar oligopoli. Ciri dari pasar oligopoli adalah memiliki interdependensi. Interdependensi berarti suatu barang saling bergantung dan mempengaruhi satu sama lain. Hal inilah yang menyebabkan patahan di dalam kurva (Kinked Demand Curve).

Pembahasan no. 44 :
(Jawaban D)

Jawaban yang paling tepat adalah D. Jika bunga acuan Bank Indonesia turun, maka orang akan cenderung meminjam uang di bank daripada menabung. Hal ini akan memudahkan pemilik usaha untuk meminjam uang secara kredit sehingga akan munculnya usaha-usaha yang dapat meningkatkan perekonomian.

Pembahasan no. 45 :
(Jawaban B)

Keadaan paling rasional terletak pada tahap produksi ke 2. Hal ini dikarenakan terjadinya efisiensi produk maksimal atau disebut rasional dengan MP=0 yang menunjukkan tingkat produksi maksimum/titik puncak. Terjadinya penurunan AP dan MP merupakan hasil dari hukum The Law of Diminishing Return meskipun TP nya mengalami peningkatan. Akan tetapi, peningkatan TP akan mencapai maksimum ditandai dengan MP yang menyentuh sumbu X.

Pembahasan no. 46 :
(Jawaban B)

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah:
1) Peluang berhasil
2) Stress dan tekanan
3) Lingkungan kerja
4) Tingkat kompetisi
Sehingga, jawaban yang paling tepat adalah B. jenis kelamin.

Pembahasan no. 47 :
(Jawaban E)

Jenis pengangguran dengan kondisi dimana masih menanti pekerjaan, karena belum dapat menemukan pekerjaan yang sesuai disebut pengangguran friksional.

Pembahasan no. 48 :
(Jawaban D)

Perusahaan yang beroperasi di pasar monopoli menghadapi fungsi permintaan Q=10-P dan biaya rata-rata perusahaan tersebut adalah 2 dengan Q merupakan jumlah barang yang diminta dan P adalah harga.

Pembahasan no. 49 :
(Jawaban B)

Apabila terjadi kenaikan pendapatan menjadi Rp 3,6 juta per bulan maka jumlah barang X yang diminta justru semakin berkurang. Hal ini menandakan bahwa barang X merupakan barang inferior karena setiap terjadinya kenaikan pendapatan akan menurunkan tingkat permintaan barang tersebut. Contoh barang inferior adalah buku bekas, atau barang yang memiliki kualitas dibawah barang normal.

Pembahasan no. 50 :
(Jawaban D)

Pengertian Produk Domestik Bruto (PDB) dapat diartikan sebagai nilai keseluruhan semua jasa dan barang yang diproduksi pada wilayah tersebut dan dalam jangka waktu tertentu (pada umumnya per tahun). Sehingga jawaban yang paling tepat adalah D.

Pembahasan no. 52 :
(Jawaban E)

E = (Q2-Q1) / (P2-P1) * P/Q
0,5 = 500.000/X * 800/10.000.000
0,5 = 40/X
X = 80

Pembahasan no. 53 :
(Jawaban B)

Sudah jelas.

Pembahasan no. 54 :
(Jawaban D)

Agregat artinya totalitas, keseluruhan. Seperti pendapatan nasional, inflasi, pengangguran. Ekonomi makro adalah studi ekonomi secara keseluruhan.

Pembahasan no. 55 :
(Jawaban E)

Faktor yang mempengaruhi perubahan jumlah permintaan walaupun harga barang tetap adalah:

  • Pendapatan konsumen berubah
  • Harga barang lain yang bersangkutan
  • Ekspektasi konsumen, jumlah dan komposisi konsumen di pasar
  • Selera konsumen

Pembahasan no. 56 :
(Jawaban A)

Intensifikasi adalah usaha menambah jumlah dan kualitas hasil produksi tanpa menambah faktor produksi.
Opsi 4 termasuk dalam ekstensifikasi, yaitu cara dengan menambah faktor produksi.

Pembahasan no. 57 :
(Jawaban A)

Sudah jelas.

Pembahasan no. 58 :
(Jawaban C)

Permintaan absolut yaitu permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli.

Pembahasan no. 59 :
(Jawaban C)

Karena E = %DQ / %DP
Maka kemungkinan jawaban adalah C, yaitu
7 = 21% / 3%

Pembahasan no. 60 :
(Jawaban D)

Indeks Gini merupakan indikator yang menunjukkan tingkat ketimpangan pendapatan secara menyeluruh.

Kurva Lorenz adalah kurva tentang ketidakmerataan pembagian kekayaan atau pendapatan.

Kurva Engel memperlihatkan jumlah komoditi yang ingin dibeli konsumen per periode waktu pada berbagai tingkat pendapatan totalnya.

Kurva Isocost menunjukkan semua kombinasi dua macam input yang dibeli perusahaan dengan pengeluaran total dan harga faktor produksi tertentu.

Pembahasan no. 61 :
(Jawaban C)

Pembahasan no. 62 :
(Jawaban D)

Perbedaan yang paling mendasar dari kehidupan manusia purba food gathering/berburu makanan dan food producing/memproduksi makanan adalah pola kehidupannya. Pada masa food gathering manusia purba berpola hidup berpindah-pindah (nomaden), sedangkan di masa food producing manusia berpola hidup menetap (sedenter).

Pembahasan no. 63 :
(Jawaban A)

Kata ‘Kjokkenmoddinger’ berasal dari bahasa Denmark yaitu ‘kjokken’ yang berarti dapur dan ‘modding’ yang berarti sampah. Kjokkenmoddinger dapat dikatakan sebagai sampah dapur. Kjokkernmoddinger adalah tumpukan sampah kerang yang telah menggunung dengan ketinggian 7 meter dan berasal dari masa mesolitikum.

Pembahasan no. 64 :
(Jawaban D)

utbk 2021

Pembahasan no. 65 :
(Jawaban B)

(a) Verplichte Leverantie : Penyerahan wajib hasil bumi dengan harga yang telah ditentukan VOC.

(b) Contingenten : Kewajiban bagi rakyat untuk membayar pajak berupa hasil bumi.

(c) Ekstirpasi : Hak VOC untuk menebang atau menggagalkan panen rempahrempah agar tidak terjadi Over Produksi yang dapat menurunkan harga rempah-rempah.

(d) Poenale sanctie (pidana sanksi) : Sebuah sanksi hukuman pukulan dan kurungan badan yang dijalankan oleh kolonial Belanda yang berlaku di Suriname dan Hindia Belanda.

(e) Pelayaran Hongi : Pelayaran dengan menggunakan perahu Kora-kora (perahu perang) untuk mengawasi pelaksanaan monopoli dagang VOC dan menindak pelanggarnya.

Pembahasan no. 66 :
(Jawaban C)

Salah satu faktor eksternal yang membuat munculnya nasionalisme atau pergerakan nasional di Indonesia yaitu kemenangan perang Jepang atas Rusia di perang. Selama ini sudah menjadi suatu anggapan umum jika keperkasaan Eropa (bangsa kulit putih) menjadi simbol superioritas atas bangsa-bangsa lain dari kelompok kulit berwarna. Hal itu ternyata bukan suatu kenyataan sejarah. Perjalanan sejarah dunia menunjukkan bahwa ketika pada tahun 1904-1905 terjadi peperangan antara Jepang melawan Rusia, ternyata yang keluar sebagai pemenang dalam peperangan itu adalah Jepang. Hal ini memberikan semangat juang terhadap para pelopor pergerakan nasional di Indonesia.

Pembahasan no. 67 :
(Jawaban B)

a)Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat
dipimpin oleh Kartosuwiryo
b)Pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah dipimpin oleh Amir Fatah
c)Pemberontakan DI/TII di Aceh
dipimpin oleh Daud Beureuh
d)Pemberontakan DI/TII di Kalimantan Selatan
dipimpin oleh Ibnu Hajar
e)Pemberontakan DI/TII di Sulawesi Selatan
dipimpin oleh Kahar Muzakar

Pembahasan no. 68 :
(Jawaban A)

Sedenbu (Departemen Propaganda) bertujuan untuk melakukan upaya persuasif dengan penanaman doktrin pola pikir dan perilaku masyarakat Indonesia untuk membantu kerja sama antara Jepang dan pribumi melawan Sekutu. Upaya persuasif ini diharapkan memberikan pemikiran masyarakat Indonesia sesuai keinginan Jepang.

Pembahasan no. 69 :
(Jawaban D)

Perjanjian resmi pertama yang dilakukan Belanda dan Indonesia setelah kemerdekaan adalah Perundingan Linggarjati. Van Mook bertindak langsung sebagai wakil Belanda, sedangkan Indonesia mengutus Soetan Sjahrir, Mohammad Roem, Susanto Tirtoprojo, dan A.K. Gani. Namun, realisasi di lapangan tidak sepenuhnya berjalan mulus. Beberapa kali pasukan Belanda berulah dan memicu bentrokan di sejumlah daerah. Hingga akhirnya, tanggal 15 Juli 1947, van Mook mengeluarkan ultimatum agar RI menarik mundur pasukan sejauh 10 kilometer dari garis demarkasi yang telah dibuat. Kehendak Belanda tersebut tentu saja ditolak oleh pemerintah RI. Van Mook semakin murka dan pada 20 Juli 1947 ia menyatakan melalui siaran radio bahwa Belanda tidak terikat lagi pada hasil Perundingan Linggarjati. Kurang dari 24 jam setelah itu, Agresi Militer Belanda I pun dimulai.

Pembahasan no. 70 :
(Jawaban C)

Presiden Soekarno dalam upaya merebut Irian Barat, mengatasnamakan dirinya sebagai “penyambung lidah rakyat” telah menyerukan komando rakyat yang dikenal dengan sebutan Trikora (Tri Komando Rakyat). Berdasarkan hasil Konferensi Meja Bundar (KMB), masalah Irian Barat akan dibahas satu tahun pasca pengakuan kedaulatan. Akan tetapi sampai waktu yang ditentuk an Belanda tidak mau membahas masalah Irian Barat.Usaha dilakukan oleh bangsa Indonesia untuk mengembalikan Irian Barat kepangkuan ibu pertiwi. Berbagai cara damai dilakukan hingga pada akhirnya melakukan aksi militer pembebasan Irian Barat.

Pada tanggal 19 Desember 1961 Presiden Ir. Soekarno mengumumkan Tri Komando Rakyat (Trikora) di Yogyakarta. Isi Trikora sebagai berikut.

  1. Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan Belanda.
  2. Pengibaran bendera di Irian Barat
  3. Bersiaplah untuk mobilisasi umum guna mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air dan bangsa

Pembahasan no. 71 :
(Jawaban A)

Kebijakan fusi partai Orde Baru menghasilkan dua partai baru. Partai-partai tersebut antara lain Partai Demokrasi Indonesia (PDI) yang berhaluan Nasionalis, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang berhaluan Islam.
Partai-partai yang difusikan :
1. PDI – PNI, Murba, IPKI, Parkindo, Partai katolik fusi partai menjadi Partai Demokrasi Indonesia
2. PPP – NU, Parmusi, PSII, PERTI fusi partai menjadi Partai Persatuan Pembangunan

Pembahasan no. 72 :
(Jawaban D)

Istilah “An eye for an eye” atau dalam Bahasa Indonesia “Mata untuk mata” merupakan sebuah istilah yang berasal dari kitab hukum kuno Kerajaan Mesopotamia. Kitab tersebut diberi nama “Codex Hammurabi”, yang mengikuti nama raja yang membuatnya, Raja Hammurabi.

Pembahasan no. 73 :
(Jawaban C)

Slogan liberte, egalite, fraternite merupakan slogan yang populer dikumandangkan rakyat Prancis saat melakukan revolusi. Slogan ini pertama kali dipopulerkan oleh Maximilien Robespierre, seorang politikus yang berperan penting dalam memicu Revolusi Prancis.

Pembahasan no. 74 :
(Jawaban E)

James Watt adalah seorang insinyur asal Inggris yang berhasil menemukan mesin uap pertama YANG EFISIEN. Sebelum Watt, sudah ada beberapa insinyur yang merancang mesin uap mereka masing-masing. Namun rancangan mesin uap mereka dinilai kurang efisien karena boros dalam penggunaan bahan bakar.

Pembahasan no. 75 :
(Jawaban C)

Shogun adalah kepala militer dari Jepang pada masa feodal. Shogun menggantikan Tenno/kaisar dalam pemerintahan karena kaisar dianggap tidak becus dalam mengatur negara. Sebelum Restorasi Meiji, keluarga kerajaan hanya fokus dalam kesenian sampai-sampai negara sendiri ditelantarkan. Oleh karena itu, shogun pada masa itu mengambil alih kekuasaan dari kaisar untuk memimpin negara.

Pembahasan no. 76 :
(Jawaban D)

Ketiga slogan tersebut berasal dari salah satu negara Blok Axis pada PD II.

Hakko Ichiu berasal dari Jepang yang memiliki makna “delapan dunia, satu atap”. Hal tersebut memiliki makna bahwa Jepang ingin menyatukan seluruh 8 belahan dunia dalam satu atap, dan atap tersebut adalah
Imperium/kekuasaan Jepang.

Lebensraum berasal dari Jerman yang memiliki makna “Living Room” atau “Ruang Kehidupan”. Slogan tersebut memiliki makna bahwa luas daerah (Living Room) yang dimiliki Negara Jerman sekarang tidaklah cukup untuk menampung potensi orang Jerman. Oleh karena itu, Negara Jerman harus menguasai wilayah negara lain, dengan kata lain memperluas living room mereka, agar rakyat Jerman dapat memaksimalkan potensi hidup mereka.

Italia Irredenta adalah slogan yang berasal dari Negara Italia yang memiliki makna “Italia yang belum ditebus”. Slogan tersebut bermaksud untuk meningkatkan morale rakyat Italia untuk mendukung pemerintah fasis dalam MEREBUT KEMBALI wilayah-wilayah negara lain yang awalnya milik Italia. “Italia yang belum ditebus” merujuk kepada wilayah-wilayah luar negara Italia yang memiliki populasi yang dapat berbahasa Italia atau pernah dikuasai Italia pada masa lalu

Pembahasan no. 77 :
(Jawaban B)

North Atlantic Treaty Organization (NATO) adalah organisasi pertahanan Blok Barat dalam menghadapi Blok Timur dalam Perang Dingin. Secara singkat, NATO memiliki tujuan untuk melindungi negara-negara yang bergabung dengannya dari serangan Blok Timur. Jika salah satu negara NATO diserang oleh Blok Timur, maka seluruh negara NATO akan menyerang negara Blok Timur yang menyerang negara tersebut.

Pembahasan no. 78 :
(Jawaban D)

Gorbachev dapat dikatakan sebagai presiden pertama Uni Soviet yang berusaha untuk mendemokrasikan Soviet. Kebijakan-kebijakannya seperti Glasnost yang membuat pemerintahan menjadi lebih transparan, dan Perestroika yang membuat perekonomian Soviet lebih liberal.

Pembahasan no. 79 :
(Jawaban C)

Prancis membantu Amerika dalam melawan Inggris karena Prancis merupakan rival dari Inggris. Prancis membantu Amerika Serikat dengan bantuan tentara dan ekonomi. Bantuan ekonomi yang diberikan kepada Amerika berujung sial karena membuat ekonomi Prancis hancur. Keruntuhan Ekonomi Prancis itulah yang nantinya akan memicu Revolusi Prancis.

Pembahasan no. 80 :
(Jawaban A)

Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) adalah negaranegara yang banyak mengekspor minyak bumi. Organisasi ini didirikan oleh Iran, Irak, Kuwait, Saudi Arabia, dan Venezuela dengan tujuan untuk mengatur pasar minyak bumi global. Indonesia pernah menjadi anggota OPEC, namun keluar pada tahun 2008 karena turunnya produksi minyak di Indonesia. Hal ini mengubah posisi Indonesia dari eksportir minyak menjadi importir minyak.

Pembahasan no. 81 :
(Jawaban E)

utbk 2021

Pembahasan no. 82 :
(Jawaban D)

Untuk 4 mata uang, peluang muncul minimal dua sisi gambar adalah peluang ketika muncul 2 sisi gambar atau 3 sisi gambar atau 4 sisi gambar maka
Jumlah titik sampel = 4C2 + 4C3 + 4C4 = 6 + 4 + 1 = 11
Jumlah ruang sampel = 2x2x2x2 = 16
Maka, peluangnya adalah 11/46

Pembahasan no. 83 :
(Jawaban E)

Pembahasan no. 84 :
(Jawaban D)

Pembahasan no. 85 :
(Jawaban A)

Pembahasan no. 86 :
(Jawaban C)

Pembahasan no. 87 :
(Jawaban E)

Pembahasan no. 88 :
(Jawaban E)

Pembahasan no. 89 :
(Jawaban C)

Pembahasan no. 90 :
(Jawaban A)

Pembahasan no. 91 :
(Jawaban B)

Pembahasan no. 92 :
(Jawaban A)

Pembahasan no. 93 :
(Jawaban D)

Pembahasan no. 94 :
(Jawaban E)

Pembahasan no. 95 :
(Jawaban E)

Pembahasan no. 96 :
(Jawaban D)

Pembahasan no. 97 :
(Jawaban D)

Pembahasan no. 98 :
(Jawaban B)

Pembahasan no. 99 :
(Jawaban C)

Pembahasan no. 100 :
(Jawaban D)


Nah, sekian informasi dari kami mengenai Pembahasan Soal Try Out TPA UTBK 2021 (SOSHUM) Batch 2.0.

Terus latih kemampuan sobat dengan mengerjakan contoh soal Matematika lengkap ditautan berikut ini Latihan Soal Matematika.

Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang perkuliahan . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya.

Silahkan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram atau link disini ya.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima kasih!

Tags

Elvira

Undergraduate Communication Student at Universitas Padjadjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close