SBMPTNSoshum

Pembahasan Soal Mega Try Out TPA UTBK 2021 (Soshum) Batch 3.0

Halo sobat Edura! Gimana nih kabarnya? Semoga selalu sehat dan baik – baik saja ya! Sebelumnya kami ingin mengucapkan terima kasih bagi teman – teman yang sudah mengikuti Try Out UTBK 2020 Batch 3.0. Semoga Try Out ini bisa menjadi gambaran dan ajang untuk melatih kemampuan teman – teman dalam menghadapi soal UTBK 2021 nanti. Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan kunci jawaban beserta pembahasan dari soal Try Out TPA UTBK 2021 (SOSHUM) Batch 3.0. Yuk, simak pembahasannya!

Baca Juga:

    Daftar Isi

    Sejarah

    Pembahasan no. 1
    Jawaban : B

    Berdasarkan wacana di atas, dijelaskan bahwa public speaking/pidato merupakan bentuk dari yang diinginkan dalam dunia pendidikan pada masa peradaban romawi kuno. Hal tersebut menjadi sebuah keharusan jika ingin dipandang menjadi kelas terhormat.

    Pembahasan no. 2
    Jawaban : E

    Artefak adalah hasil peninggalan zaman praaksara (zaman sebelum mengenal tulisan), jadi bisa kita simpulkan bahwa tidak ada artefak tertulis

    Pembahasan no. 3
    Jawaban : E

    Pra sejarah atau pra aksara dapat diartikan merupakan masa dimana manusia belum mengenal tulisan. Jadi segala bentuk komunikasi dan pewarisan kebudayaan melalui tradisi lisan, sehingga jika ingin mengkaji kebudayaan manusia masa pra aksara diperlukan sumber sejarah berupa sumber benda.

    Pembahasan no. 4
    Jawaban : B

    Dalam ruang lingkup sejarah terdiri dari ruang, waktu dan manusia. Konsep manusia dimaksudkan karena pelaku dan objek peristiwa sejarah adalah manusia.

    Pembahasan no. 5
    Jawaban : D

    Candi Borobudur merupakan hasil akulturasi dari budaya lokal Indonesia yakni Punden berundak dengan agama dan budaya budha dari India

    Pembahasan no. 6
    Jawaban : D

    Beberapa bangunan masjid yang ada di Indonesia dilengkapi dengan kentongan atau bedug untuk menyerukan adzan atau panggilan sholat. Beberapa literatur menyatakan bahwa Bedug dan kentongan merupakan budaya asli Indonesia, sehingga adanya bedug dan kentongan merupakan akulturasi kebudayaan asli Indonesia dengan Islam bukan akulturasi antara Islam dengan Hindu-Budha. Sedangkan sumber lain menyatakan bahwa Bedug ada di Indonesia seiring kedatangan Laksamana Cheng Ho dan perkembangannya bedug ukuran kecil biasa dipakai untuk instrumen musik orang muslim China. Tetapi bisa kita berikan kesimpulan bahwa bedug dan kentongan bukan dari zaman Hindu-Budha.

    Pembahasan no. 7
    Jawaban : A

    Candi yang berada di wilayah Jawa Timur, yaitu candi Jago, kidal, badut, sedangkan prambanan, Borobudur dan Ratu boko berada di wilayah Jawa Tengah

    Pembahasan no. 8
    Jawaban : E

    Sumber sejarah yang menerangkan bahwa islam telah masuk ke nusantara pada abad ke-11 adalah makam Fatimah binti Maimun yang ditemukan di wilayah Leran, Gresik berangka tahun 1082.

    Pembahasan no. 9
    Jawaban : D

    Kebijakan penanaman kopi serta teh di wilayah Priangan disebut oleh pemerintah kolonial dengan kebijakan Preanger Stelsel.

    Pembahasan no. 10
    Jawaban : A

    Pada dasarnya sistem sewa tanah yang diterapkan oleh Raffles bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat tetapi kenyataannya sistem ini mengalami kegagalan. Kegagalan tersebut disebabkan oleh masyarakat pribumi belum mengenal sistem uang, pengukuran tanah belum baku karena dilihat dari tingkat kesuburan tanah dan rakyat masih mengenal sistem pajak komunal (bersama-sama).

    Pembahasan no. 11
    Jawaban : E

    Kondisi Belanda yang mengalami kekosongan kas negara akibat harus menghadapi berbagai perang seperti perang dengan Belgia dan Pangeran Diponegoro, akhirnya harus melaksanakan Sistem Tanam Paksa untuk mendapatkan uang instan. Kebijakan ini dicetuskan oleh Gubernur Jendral Van den Bosch.

    Pembahasan no. 12
    Jawaban : A

    Armada Eropa yang pertama sampai ke Nusantara melalui jalur laut adalah Portugis yang masuk melalui Malaka pada tahun 1511 yang dipimpin oleh Alfonso d’ Albuquerque.

    Pembahasan no. 13
    Jawaban : D

    Sultan Hasanudin dapat dikalahkan VOC melalui Politik Adu domba, dimana raja bawahan Hasanudin bernama Aru Palaka dibujuk Belanda untuk menyerang Hasanudin dengan imbalan tahta Makassar. Keterlibatan Aru Palaka tersebut menyebabkan Sultan Hasanudin kalah melawan VOC dan harus menandatangani perjanjian Bongaya.

    Pembahasan no. 14
    Jawaban : C

    Perhimpunan Indonesia (PI) merupakan salah satu organisasi nasionalis yang muncul sekitaran masa pergerakan radikal dan organisasi ini tidak mengangkat islam sebagai ideologinya.

    Pembahasan no. 15
    Jawaban : C

    Organisasi massa paling ditakuti di era pergerakan nasional adalah Sarekat Islam. Namun usianya tidak lama. pada akhirnya sarekat Islam pecah menjadi SI Merah di bawah Semaun dan SI Putih di bawah H.O.S Tjokroaminoto.

    Pembahasan no. 16
    Jawaban : B

    Isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959:
    a. Pembubaran Konstituante
    b. UUDS 1950 digantikan UUD 1945
    c. Pembentukan MPRS dan DPAS

    Pembahasan no. 17
    Jawaban : D

    Latar belakang terjadinya reformasi gereja dimulai ketika Eropa dikuasai oleh kekaisaran Romawi Timur yang sangat dekat dengan Paus. Hal tersebut menyebabkan gereja sangat mendominasi pada masa abad pertengahan. Dengan kekuatannya tersebut, akhirnya gereja berhasil membuat berbagai kebijakan untuk melegalkan kekuasaannya seperti membuat surat pengampunan dosa. Bagi rakyat yang tidak bisa membeli surat tersebut, terdapat opsi lain yakni dengan melakukan perang suci untuk merebut Jerussalem yang saat itu sedang diduduki oleh muslim. Bagi Martin Luther, surat pengampunan tersebut merupakan bagian dari penyimpangan yang dilakukan oleh Paus.

    Pembahasan no. 18
    Jawaban : C

    Nasionalisme adalah sebuah faham cinta tanah air yang berdampak kepada munculnya rasa kebangsaan di suatu masyarakat. Nasionalisme ini bisa dibuktikan dengan adanya persatuan dan kesatuan bangsa dan adanya organisasi modern yang sifatnya nasional.

    Pembahasan no. 19
    Jawaban : D

    AFTA (Asean Free Trade Area) merupakan bagian dari konsekuensi kerjasama di bidang ekonomi antar negara di wilayah Asia Tenggara, kebijakan ini diberlakukan secara resmi pada tahun 2015. Salah satu dampak dari kebijakan ini adalah timbulnya pasar yang bebas tanpa ada bea yang diterapkan pada barang yang telah diimpor dari luar, sehingga akan banyak barang luar negeri yang mungkin akan lebih murah dibandingkan barang buatan dalam negeri. Untuk menanggulangi hal tersebut maka setiap negara di Asia Tenggara harus mulai mawas diri dengan meningkatkan daya saing di semua bidang.

    Pembahasan no. 20
    Jawaban : D

    Indonesia ikut membantu menyelesaikan konflik di Kamboja dan Vietnam dengan jalan menyelenggarakan Jakarta Informal Meeting

    Geografi

    Pembahasan no. 21
    Jawaban : E

    Bentuk-Bentuk Erosi
    1. Erosi Lembar / Sheet Erosion / Erosi permukaan. Erosi lembar/ sheet erosion atau erosi permukaan adalah pengangkutan lapisan tanah yang merata tebalnya dari suatu permukaan bidang tanah. Kekuatan jatuh butir-butir hujan dan aliran air dipermukaan tanah merupakan penyebab utama erosi ini.

    2. Erosi Alur / Riil Erosion. Yaitu erosi yang terjadi akibat terkonsentrasinya air pada tempat terperciknya partikel-partikel tanah yang kemudian membentuk aliran ke bawah. Timpaan air hujan yang keras mempunyai daya pemecah agregat yang lebih kuat sehingga partikel tanah terpecik ke luar dari kedudukannya.

    3. Erosi Parit / Gulley Erosion.
    Proses terjadinya sama dengan erosi alur tetapi saluran-saluran yang terbentuk sudah sedemikian dalamnya sehingga tidak dapat dihilangkan dengan pengolahan tanah biasa. Erosi parit yang baru terbentuk berukuran sekitar 40 cm lebar dan dalamnya sekitar 25 cm. Erosi parit yang telah lanjut dapat mencapai 30 meter dalamnya.

    4. Erosi Tebing Sungai.
    Erosi tebing sungai terjadi sebagai akibat pengikisan tebing oleh air yang mengalir dari bagian atas atau oleh terjangan arus air yang kuat pada kelokan sungai. Erosi tebing akan lebih hebat jika vegetasi penutup tebing telah habis atau jika dilakukan pengelolaan terlalu dekat dengan tebing.

    5. Longsor /Landslide
    Longsor adalah suatu bentuk erosi yang pengangkutan atau pemindahan tanahnya terjadi pada suatu saat dalam volume yang besar.

    6. Erosi Interal
    Erosi internal adalah terangkutnya butir-butir primer kebawah kedalam celah-celah atau poripori tanah, sehingga tanah menjadi kedap air dan udara. Erosi ini menyebabkan menurunnya kapasitas infiltrasi tanah dengan cepat sehingga aliran permukaan meningkat yang menyebabkan erosi lembar dan erosi alur. (Sitanala Arsyad, 1989 :32

    Pembahasan no. 22
    Jawaban : D

    Bentuk DAS ada tiga jenis, yaitu:
    • Bentuk Bulu Ayam: DAS bentuk bulu ayam memiliki debit banjir sekuensial dan berurutan. Memerlukan waktu yang lebih pendek untuk mencapai mainstream. Memiliki topografi yang lebih curam daripada bentuk lainnya.
    • Bentuk Kipas: DAS berbentuk kipas memiliki debit banjir yang terakumulasi dari berbagai arah sungai dan memiliki waktu yang lebih lama daripada bentuk bulu ayam untuk mencapai mainstream. Memiliki topografi yang relatif landai daripada bulu ayam.
    • Bentuk parallel / Kombinasi: DAS bentuk kombinasi memiliki debit banjir yang terakumulasi dari berbagai arah sungai di bagian hilir. Sedangkan di bagian hulu sekuensial dan berurutan

    Pembahasan no. 23
    Jawaban : D

    Tujuan utama tanggul buatan adalah untuk mencegah banjir di dataran yang dilindunginya. Bagaimanapun, tanggul juga mengungkung aliran air sungai, menghasilkan aliran yang lebih cepat dan muka air yang lebih tinggi. Tanggul juga dapat ditemukan di sepanjang pantai, di mana gumuk / gundukan pasir pantainya tidak cukup kuat, di sepanjang sungai untuk melindungi dari banjir, di sepanjang danau atau polder. Tanggul juga dibuat untuk tujuan empoldering/membentuk batasan perlindungan untuk suatu area yang tergenang serta suatu perlindungan militer.
    Tanggul bisa jadi hasil pekerjaan tanah yang permanen atau hanya konstruksi darurat, biasanya terbuat dari kantong pasir sehingga dapat dibangun secara cepat saat banjir.
    Tanggul pertama kali dibangun di peradaban sungai Hindus, (Pakistan dan India utara sekitar 2600 SM) sebagai harapan kehidupan agraris orang-orang Harappa. Tanggul juga dibangun lebih dari 3000 tahun yang lalu di Mesir kuno, di mana sistem tanggul dibangun sepanjang 966 km di ambang kiri sungai Nil, membentang dari bendungan Aswan sampai delta Nil di pesisir Mediterania. Peradaban Mesopotamia dan China Kuno juga membangun sistem tanggul raksasa.
    Gosong sungai adalah kumpulan-kumpulan sedimen (pasir atau kerikil) yang telah diendapkan oleh aliran sungai pada tubuh sungai. Jenis-jenis gosong sungai antara lain Gosong Tengah (sering disebut sebagai gosong bercabang, ditemukan pada tipe sungai teranyam), Gosong Tepi (ditemukan pada tipe sungai meander), dan mulut delta (dapat ditemukan pada sungai yang membentuk delta sungai). Gosong sungai umumnya ditemukan pada bagian sungai yang memiliki aliran air yang tenang dan lambat dan pada bagian yang terdangkal,[1] gosong sungai umumnya terletak saling sejajar terhadap tepian sungai dan menempati area terjauh dari meander sungai.

    Pembahasan no. 24
    Jawaban : A

    Tsunami (“ombak besar di pelabuhan”) adalah gelombang air besar yang diakibatkan oleh gangguan di dasar laut, seperti gempa bumi. Gangguan ini membentuk gelombang yang menyebar ke segala arah dengan kecepatan gelombang mencapai 600–900 km/jam. Awalnya gelombang tersebut memiliki amplitudo kecil (umumnya 30–60 cm) sehingga tidak terasa di laut lepas, tetapi amplitudonya membesar saat mendekati pantai. Saat mencapai pantai, tsunami kadang menghantam daratan berupa dinding air raksasa (terutama pada tsunami-tsunami besar), tetapi bentuk yang lebih umum adalah naiknya permukaan air secara tiba-tiba. Kenaikan permukaan air dapat mencapai 15–30 meter, menyebabkan banjir dengan kecepatan arus hingga 90 km/jam, menjangkau beberapa kilometer dari pantai, dan menyebabkan kerusakan dan korban jiwa yang besar.

    Pembahasan no. 25
    Jawaban : D

    Daerah yang dibutuhkan untuk industry bahan makanan berada dekat dengan pemasaran berupa tempat akumulasi penduduk yang tinggi

    Pembahasan no. 26
    Jawaban : D
    Ciri-ciri Bioma Stepa Ciri-ciri yang terdapat pada Bioma Stepa antara lain :
    • Curah hujan yang tidak teratur, antara 250-500 mm/tahun
    • Suhu 19ºC – 30ºC saat musim panas, 12ºC – 20ºC saat musim dingin • Suhu udara di siang 45ºC dan di malam hari sekitar 0ºC
    • Memiliki kelembaban udara yang sangat rendah
    • Evaporasi (penguapan) tinggi yang lebih cepat dari prepitiasi (hujan)
    • Tanahnya berupa tanah tandus yang pada umumnya tidak mampu menyimpan air yang disebabkan oleh rendahnya tingkat porositas tanah dan sistem penyaluran yang kurang baik sehingga menyebabkan rumput-rumput tumbuh dengan subur, bahkan beberapa jenis rumput tingginya mencapai tiga setengah meter. Hal ini menyebabkan tumbuhnya vegetasi rumput yang luas
    • Bioma Stepa memiliki pepohon yang khas yaitu Akasia yang wilayah persebarannya meliputi Afrika, Amerika Selatan, Amerika Serikat bagian barat, Argentina dan Australia
    • Di Indonesia, daerah yang paling banyak memilki stepa adalah Nusa Tenggara Timur
    • Merupakan padang rumput yang beriklim sedang
    • Faktor gerakan udara yang tinggi

    Pembahasan no. 27
    Jawaban : E

    Data Peta
    Data peta adalah data yang sudah dalam bentuk peta yang siap digunakan. Guna keperluan SIG melalui komputerisasi, data-data dalam peta dikonversikan ke dalam bentuk digital.
    Sebuah peta harus benar-benar mempresentasikan sebagian atau seluruh permukaan bumi. Oleh karena itu, sebuah peta harus memenuhisyarat-syarat berikut ini:
    a) Jarak antartitik pada peta harus sesuai dengan jarak antartitik sesungguhnya di permukaan bumi.
    b) Luas wilayah pada peta harus sesuai dengan luas wilayah sesungguhnya.
    c) Sudut atau arah sebuah garis pada peta harus sesuai dengan sudut arau arah yang sesungguhnya di permukaan bumi.
    d) Bentuk sebuah objek pada peta harus sesuai dengan bentuk yang sesungguhnya di permukaan bumi. Peta yang digunakan tidak harus memiliki skala sama.

    Pembahasan no. 28
    Jawaban : A

    Daerah hutan tanaman industry memiliki pola yang teratur dalam penananamanya sehingga akan membentuk tekstur kasar, pola tertur dan rona terang.

    Pembahasan no. 29
    Jawaban : C

    Daerah yang kering yang tidak mengalami proses presifitasi berada pada daerah bayangan hujan

    Pembahasan no. 30
    Jawaban : E

    Perbukitan Sisa Terpisah/Inselberg
    Apabila bagian depan dinding) suatu pegunungan/ perbukitan mundur akibat proses denudasi dan lereng kaki (footslope) bertambah lebar secara terus menerus akan meninggalkan bentuk sisa dengan lereng dinding bukit sisa yang curam. Umumnya bentuk sisa terpisah /inselberg tersebut adalah berbatu tanpa penutup lahan (bare rock) dan banyak Stadia Tua.

    Pada stadia ini pengaruh tenaga eksogen sangat kuat, sehingga kadang-kadang struktur asli telah hilang. Karakteristiknya adalah: semua aliran rata; aliran sangat lambat sehingga daya angkut material kecil; ditemukan meander, danau tapal kuda (oxbox lake), rawa belakang; igir pemisah hilang atau kalau ada rendah dan sempit karena erosi lateral; kadangkadang dijumpai bukit-bukit sisa terpisah kalau batuannya resisten.

    Pembahasan no. 31
    Jawaban : D

    Daerah perkotaan dapat menjaga kualitas air dengan cara memperluar daerah ruang terbuka hijau

    Pembahasan no. 32
    Jawaban : C

    Daerah pelabuhan memiliki syarat ;
    – laut yang dalam
    – Gelombang laut kecil
    – berada di daerah teluk

    Pembahasan no. 33
    Jawaban : B

    Aspek fisik merupakan kondisi yg berlatar kejadian alam
    – kebakaran hutan menyebabkan kabut asap;
    – terbentuk stalaktif dan stalagmite di Gua Tabuhan, Pacitan;
    – terjadi abrasi di Pantai Parangtritis;

    Pembahasan no. 34
    Jawaban : A

    hal yang mempengaruhi daerah Papua secara demografi berupa jumlah penduduk yang masih rendah

    Pembahasan no. 35
    Jawaban :C

    Daerah dengan keberagaman hewan endemic dapat ditemukan pada kawasan hutan hujan tropis

    Pembahasan no. 36
    Jawaban :B

    Skala pada daerah pedesaan berdasarkan Badan Informasi geospasial berada pada kategori besar 1 : 5000

    Pembahasan no. 37
    Jawaban : B

    Hutan alam memiliki ciri Tekstur kasar, pola tidak teratur dan rona gelap

    Pembahasan no. 38
    jawaban : E

    Lewis Munford mengklasifikasikan perkembangan kota dari segi fisik dan budayanya ke dalam enam tahap yaitu:
    1. Eopolis Tahap ini merupakan awal pembentukkan benih sebuah kota yang dicirikan dengan adanya perkampungan. Kegiatan masyarkat pada tahap ini masih terfokus pada sektor pertanian, pertambangan, perkebunan dan perikanan.
    2. Polis Tahap ini dicirikan dengan munculnya pasar di tengah perkampungan serta mulai berdirinya industri kecil. Pengaruh industri pada tahap ini masih belum begitu besar.
    3. Metropolis Tahap ini kenampakan struktur ruang kota sudah berkembang cukup besar. Pengaruh kota sudah terasa hingga daerah sekitarnya sehingga banyak ditemukan kota satelit atau daerah penyokong kota utama.
    4. Megalopolis Tahap ini dicirkan dengan perilaku manusia di atasnya yang hanya berorientasi materi. Sistem birokrasi yang buruk dan standarisasi produk lebih dipentingkan pada tahap ini. Contoh tahap ini adalah Kota Paris pada abad ke 18, New York pada awal abad ke 20.
    5. Tiranopolis Tahap ini merupakan awal kehancuran suatu kota. Kondisi perdagangan mulai menurun secara signifikan.
    6. Nekropolis Tahap ini disebut juga the city of dead, yaitu kehancurna total kota karena berbagai faktor seperti kelaparan, perang, bencana atau sistem tata kota yang buruk. Kenyamanan sudah tidak ditemukan pada kota seperti ini.
    Konurbasi merupakan sebuah wilayah perkotaan yang terdiri dari beberapa kota, yang dikarenakan pertumbuhan populasi dan pengembangan, telah secara fisik menjadi satu wilayah yang terus berkembang.
    Konurbasi metropolitan Jabodetabekjur telah mengembangkan Jakarta ke segala arah dengan radius titik pancar 15 km dari Monas sebagai titik pusat. Dalam rentang 30 tahun (1970–2000) daerah terbangun metropolitan Jabodetabekjur berkembang dengan cara leapfrog, membentuk urban sprawl; dengan tahapan model struktur ruang bagian dalam kota Jakarta dari model konsentrik (1970) ke model sektor (1985) dan model inti berganda (1995).

    Pembahasan no. 39
    Jawaban :B

    Ekoregion adalah geografis ekosistem, artinya pola susunan berbagai ekosistem dan proses di antara ekosistem tersebut yang terikat dalam suatu satuan geografis. Penetapan ekoregion menghasilkan batas (boundary) sebagai satuan unit analisis dengan mempertimbangkan ekosistem pada sistem yang lebih besar.

    Pembahasan no. 40
    Jawaban : C

    Hutan musim merupakan hutan yang terdapat di wilayah kemarau yang cukup panjang.[1] Hutan musim tumbuhannya cendrung bersifat homogen (sejenis).[1] Hutan musim juga dapat dikatakan sebagai hutan yang terdapat pada daerah yang suhu udaranya cukup tinggi dan mempunyai perbedaan musim hujan dan musim kemarau yang cukup jelas.[2]Tumbuhan yang dapat hidup di hutan musim adalah tumbuhan yang mampu beradapatasi dengan musim kemarau dan musim penghujan serta tahan terhadap kekeringan.[2] Pada musim kemarau di hutan musim sejenis tumbuhan tertentu menggugurkan daunnya seperti pohon jati sedangkan di musim hujan tumbuhan tertentu menghijau kembali.[1] Hutan musim yang terdapat di daearah tropis biasanya memiliki ciri-ciri yaitu pohonnya jarang, ketinggian pohon biasanya antara dua belas sampai tiga puluh lima meter, pada musim kemarau daunnya berguguran dan pada musim penghujan daunnya pun bersemi.[3] Jenis pohon yang ada di daerah hutan musim yaitu pohon jati, pinus dan cemara.[1] Wilayah Indonesia yang banyak terdapat hutan musim yaitu Jawa Timur, Nusa Tenggara dan Sulawesi Selatan

    Sosiologi

    Pembahasan no. 41
    Jawaban 😀

    solusi masalah sosial diperlukan mengkaji fenomena sosial dalam masyarakat secara empiris dan logis.

    Pembahasan no. 42
    Jawaban :B

    Non-etis → yang tidak mendasarkan pada baikburuknya namun dengan menje-laskan fakta secara analitis

    Pembahasan no. 43
    Jawaban : B

    Motivasi adalah mendorongdan mempengaruhi orang lain/kelompok agar dapat bertindak dinamis

    Pembahasan no. 44
    Jawaban :E

    Nilai vital adalah nilai yang berguna bagi aktivitas seseorang/kelompok. Seperti tanah untuk petani.

    Pembahasan no. 45
    Jawaban : E

    Syarat keberlangsungan interaksi social adalah kontak dan komunikasi

    Pembahasan no. 46
    Jawaban :C

    Proses belajar untuk mengetahui peran yang harus dijalankan agar dapat diterima dalam masyarakat

    Pembahasan no. 47
    Jawaban :A

    Pemerintah adalah agen dalam sosialisasi,karena berhubungan dengan kebijakan

    Pembahasan no. 48
    Jawaban :C

    Ciri umum perkumpulan adalah orang-orang sering bertemu dan saling berinteraksi

    Pembahasan no. 49
    Jawaban :B

    Beranggapan bahwa budaya sendiri adalah budaya yang paling baik. Adalah primordialisme, hal ini menghambat pekembangan budaya itu sendiri

    Pembahasan no. 50
    Jawaban 😀

    Kekayaan, kekuasaaan, kehormatan, dan pendidikan adalah indikator terjadinya masyarakat yang terbuka membentuk stratifikasi yang terbuka pula

    Pembahasan no. 51
    Jawaban : E

    Seseorang yang ingin sukses di bidang wirausaha, biasaya melalui saluran sosial pada saluran ekonomi

    Pembahasan no. 52
    Jawaban 😀

    Fenomena sosial yang berkaitan dengan perubahan ideologi masyarakat biasanya tidak menjadi kasus penting dalam tawuran.

    Pembahasan no. 53
    Jawaban 😀

    Keterbatasan akses informasi berlawanan dari stratifikasi atas. Justru masyarakat atas memiliki akses yang luas

    Pembahasan no. 54
    Jawaban :B

    Aksi menuntut perubahan biasa sering terjadi karena adanya perbedaan kelas antara buruh dan majikan

    Pembahasan no. 55
    Jawaban : E

    Gesellschaft of mind yaitu berdirinya partai karena ada kesepahaman, sesuai tujuan partai

    Pembahasan no. 56
    Jawaban :B

    Keunggukan teknik obeservasi adalah dapat mencatat secara langsung pada waktu kejadian dan dapat memperoleh data dari subyek secara langsung dan dapat berkomunikasi langsung dengan responden

    Pembahasan no. 57
    Jawaban 😀

    Ketidakpuasan terhadap kondisi dan situasi yang ada membuat orang desa pergi ke kota mencari keberuntungan.

    Pembahasan no. 58
    Jawaban : E

    Lembaga yang bertugas memenuhi seluruh aktivitas khusus yang dilakukan masyarakat, maka terbentuk berbagai macam lembaga sosial, lembaga biasanya menampung kebutuhan-kebutuhan yang menjadi tujuan lembaga itu terbentuk.

    Pembahasan no. 59
    Jawaban : E

    Perkembangan model baju muslim hanyalah salah satu perubahan yang tidak prinsip, sehingga hanya menjadi bagian perubahan kecil

    Pembahasan no. 60
    Jawaban 😀

    Perkembangan model baju muslim hanyalah salah satu perubahan yang tidak prinsip, sehingga hanya menjadi bagian perubahan kecil

    Ekonomi

    Pembahasan no. 61
    Jawaban : E

    Jumlah uang beredar dalam arti Luas (M2) M2 = uang kartal + uang giral + uang kuasi

    Pembahasan no. 62
    Jawaban : A

    Menghitung laju atau kenaikan atau penurunan dengan rumus : SELALU. sekarang dikurang lalu di bagi lalu

    Pembahasan no. 63
    Jawaban : C

    Pembahasan no. 64
    Jawaban : C

    Aktiva = utang + modal
    160.000 = 150.000 + 10.000
    200.000 = 130.000 + 70.000

    Pembahasan no. 65
    Jawaban : E
    Jika pencatatan menggunakan Acrual Basic (Basis Akrual), pencatatan dilakukan dan diakui pada saat terjadinya transaksi. Pencatatan transaksi sebuah biaya yang terjadi pada tahun 2016 dan akan dibayar pada tahun 2017 adalah :

    Pembahasan no. 66
    Jawaban : A

    Sudah jelas

    Pembahasan no. 67
    Jawaban : E

    Cari persamaan garis penawarannya dahulu, P = 2Q Kemudian masukkan ke persamaan jumlah 500, ketemu P = 1.000

    Pembahasan no. 68
    jawaban : B

    Menentukan keseimbangan pasar setelah pajak dengan eliminasi atau subtitusi. Setelah ketemu keseimbangan pasar maka bisa dihitung besarnya Pajak yang diterima pemerintah dengan mengalikan jumlah kuantitas keseimbangan dan tarif pajak.
    PD = –4QD + 40 dan PS = 2Qs + 10
    Pd =Ps + pajak
    –4QD + 40 = 2Qs + 16
    –6Q = –24
    M2 = Rp 67,91 triliun + Rp 89,37 triliun + Rp 673,92 triliun
    M2 = Rp 831,2 triliun

    Pembahasan no. 69
    Jawaban : A

    Kebijakan fiskal adalah kebijakan mengatasi inflasi dengan cara mengendalikan anggaran belanja negara. Dalam kondisi inflasi, jumlah perdaran uang tinggi dan harga barang semakin tinggi sehingga cara mengatasinya dengan mengurangi jumlah uang beredar sehingga pajak harus dinaikkkan dan anggaran belanja harus di turunkan.

    Pembahasan no. 70
    Jawaban : E

    Besarnya penyusutan akiva tetap dipengaruhi oleh :
    – harga perolehan
    – taksiran umur ekonomis
    – taksiran nilai sisa

    Pembahasan no. 91
    Jawaban : A

    Jurnal Khusus Penjualan dengan analisa Debit Piutang dagang dan Kredit Penjualan.

    Pembahasan no. 72
    Jawaban : C

    Pasar uang adalah pasar yang menjualbelikan surat utang jangka panjang. Contoh : wesel dan promes Pasar modal adalah pasar yang menjualbelikan surat utang jangka panjang. Contoh : Saham, obligasi, sertifikat bank indonesia

    Pembahasan no. 73
    Jawaban : E

    Hambatan-hambatan dalam perdagangan antara lain:
    – tarif
    – subsidi
    – kuota
    – penerapan standar tinggi untuk sebuah produk impor
    – embargo
    – dumping
    – premi

    Pembahasan no. 74
    Jawaban : A

    – PDB riil tidak terpengaruh oleh perubahan harga, tetapi terpengaruh oleh perubahan kuantitas barang dan jasa
    – semakin tinggi harga, semakin tinggi PDB nominal
    – PDB nominal menggunakan harga yang berlaku, bukan harga konstan dengan mengukur jumlah barang dan jasa yang diproduksi
    – PDB Riil merefleksikan perubahan jumlah barang dan jasa yang diproduksi

    Pembahasan no. 75
    Jawaban : A

    Dari gambar diatas, maka dapat disimpulkan bahwa :
    – kurva MC naik
    – kurva MC memotong kurva AC
    – kurva AFC menurun
    – Kurva AVC tidak pada titik minimum

    utbk 2021

    Pembahasan no. 76
    Jawaban : D

    Faktor faktor yang mempengaruhi pergeseran kurva penawaran ke kiri atas( penawaran berkurang ) adalah :
    – biaya produksi mahah seperti bahan baku, upah, air, listrrik dan biaya fasilitas lainnya untuk menghasilkan produk
    – teknologi belum maju

    Pembahasan no. 77
    Jawaban : C

    Sudah jelas

    Pembahasan no. 78
    Jawaban : E

    utbk 2021

    Pembahasan no. 79
    Jawaban : E
    Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pancasilla
    1. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan.
    2. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara
    3. Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya sebagai pokok-pokokkemakmuran rakyat, diakui oleh negara, dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat 4. Sumber-sumber kekayaan dan keuangan negara digunakan dengan pemufakatan lembagalembaga perwakilan rakyat dan pengawasan terhadap kebijaksanaan ada pada lembaga perwakilan rakyat pula.
    5. Perekonomian daerah dikembangkan secara dan seimbang antar daerah dalam satu kesatuan perekonomian nasional dengan mendayagunakan potensi dan peran serta daerah secara optimal dlam rangka perwujudan wawasan nusantara dan ketahanan nasional.
    6. Setiap warga negar memiliki kebebasan memilih pekerjaan yang dikehendaki serta mempunyai hak akan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
    7. Hak milik perseorangan diakui dan pemanfaatannya tidak boleh bertentangan dengan kepentingan masyarakat.
    8. Potensi, inisiatif, dan daya kreasi setiap warga negara dikembangkan sepenuhnya dalam batasbatas yang tidak merugikan kepentingan umum.
    9. Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.

    Pembahasan no. 80
    Jawaban : B

    Pelaku kegiatan ekonomia ada 4, yaitu :
    – rumah tangga konsumsi (konsumen)
    – rumah tangga produski (produsen)
    – pemerintah
    – luar negeri – Penyedia dan pemilik faktor-faktor produksi adalah Rumah Tangga

    Matematika

    Pembahasan no. 81
    Jawaban : E

    Yang tidak sesuai dengan daerah yang diarsir adalah (A – C) ∪ B

    Pembahasan no. 82
    Jawaban : C

    utbk 2021

    Pembahasan no. 83
    Jawaban : B

    utbk 2021

    Pembahasan no. 84
    Jawaban : D

    Pembahasan no. 85
    Jawaban : B

    Pembahasan no. 86
    Jawaban : C

    utbk 2021

    Pembahasan no. 87
    Jawaban : E

    Pembahasan no. 88
    Jawaban : E

    Pembahasan no. 89
    Jawaban : D

    Pembahasan no. 90
    Jawaban :B

    Pembahasan no. 91
    Jawaban : A

    Pembahasan no. 92
    Jawaban : B

    Pembahasan no. 93
    Jawaban : B

    Pembahasan no. 94
    Jawaban : B

    Pembahasan no. 15
    Jawaban : B

    Pembahasan no. 96
    Jawaban : B

    Pembahasan no. 97
    Jawaban : B

    Pembahasan no. 98
    Jawaban : C

    Pembahasan no. 99
    Jawaban : C

    Pembahasan no. 100
    Jawaban : E

    Password Latihan Soal

    password soal : latihantryout3


    Nah, sekian informasi dari kami mengenai Pembahasan Soal Try Out TPS UTBK 2021 (SOSHUM) Batch 3.0.

    Terus latih kemampuan sobat dengan mengerjakan contoh soal Matematika lengkap ditautan berikut ini Latihan Soal Matematika.

    Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang perkuliahan . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya.

    Silahkan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram atau link disini ya.

    Tags

    Elvira

    Undergraduate Communication Student at Universitas Padjadjaran

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Close