Kampus

11 Tips Menjadi Lulusan Terbaik

Menjadi salah satu lulusah terbaik di sekolah atau di kampus merupakan impian banyak orang. Selain mereka dapat membanggakan orangtua, mereka akan mendapatkan sebuah hasil pencapaian atas kerja kerasnya. Namun, jika kita tidak termasuk menjadi salah satu lulusan terbaik, bukan berarti kita termasuk kategori tidak baik. Setiap manusia memiliki persepektif masing-masing atas berbagai hal dalam kehidupannya.

Lantas apa saja usaha yang dapat kita lakukan untuk menjadi lulusan terbaik?

Target

target
Photo by engin akyurt on Unsplash

Kita perlu memiliki target terhadap berbagai hal yang ingin kita raih. Jika kita ingin menjadi lulusan terbaik kita dapat membuat target dari hal sederhana, misalnya target untuk mempertahankan dan meningkatkan nilai dan prestasi. Setiap target yang kita rencanakan jangan sampai menjadikan sebuah beban untuk kita, karena jika kita membebankan hal tersebut tentu kita akan merasa berat untuk menyelesaikan atau memenuhi target-target tersebut. Jadikan target sebagai dorongan untuk menjadi pribadi yang lebih terarah dan bertanggung jawab.

Konsisten

Untuk memperoleh apa yang kita harapkan kita perlu konsisten dalam menjalani berbagai upaya dalam meraih impian tersebut. Jika kita dapat konsisten maka kehidupan kita akan stabil. Konsisten dapat memiliki cakupan yang luas, namun kalian dapat mencoba dari hal sederhana dalam kehidupan.

Sabar

sabar
Photo by Tim Gouw on Unsplash

Setiap langkap kehidupan pasti selalu ada berbagai masalah yang menimpa, dan tentu masalah tersebut bisa menjadi salah satu hambatan dalam meraih harapan yang kita inginkan. Namun tanpa adanya masalah maka kamu tidak akan mengalami berbagai pengalaman yang dapat dijadikan sebuah pembelajaran hidup. Permasalahan harus kita hadapi, karena sebagai proses pendewasaan diri kita. Masalah yang menimpa akan memberikan hikmah bagi kehidupan kita. Sabar perlu kita tegakan dalam kehidupan, terlebih lagi dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan. Dalam meraih sebuah impian pasti kita mendapatkan jalan yang tidak mudah dan butuh kesabaran. Yakinlah bahwa kita akan mendapatkan buah hasil yang manis dari setiap kesabaran.

Disiplin

Untuk menjadi pribadi yang disiplin memang tidak mudah dan membutuhkan penyesuaian dan keberanian besar untuk menegakkan sebuah kedisiplinan. Jika sejak kecil kita sudah terbiasa disiplin maka ketika kita beranjak dewasa kita akan terbiasa untuk hidup disiplin. Namun bagaimana dengan orang yang belum terbiasa untuk hidup disiplin? Jawabannya hanya satu, yaitu mencoba. Sebelum mencoba kita perlu memiliki tekad kuat  mengubah kebiasaan hidup kita menjadi disiplin.

Berusaha

berusaha
Photo by Green Chameleon on Unsplash

Usaha yang kita lakukan merupakan sebuah gambaran dari apa yang nantinya akan kita peroleh. Jika kita tidak mau berusaha maka pencapaian yang kita impikan hanya menjadi angan-angan semata. Meskipun terkadang usaha yang kita lakukan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, namun setidaknya kita telah berusaha, dan tentu kita akan menjadi seorang yang terlatih dan pekerja keras. Tetaplah untuk tidak menyerah dalam setiap usaha yang kita lakukan.

Tidak terbawa arus

Maksud tidak terbawa disini adalah kita dapat menjadi pribadi yang tetap memiliki pendirian tegas untuk tidak terbawa arus yang tidak baik. Ketika kita terbawa arus atau lingkungan yang tidak baik maka kita akan terperangkap dan sulit untuk keluar dari zona tersebut. Hal tersebut akan mempengaruhi masa depan kita, salah satunya impian masa depan yang sudah lama kita rencanakan.

Dapat berkomunikasi dengan baik

komunikasi
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Sebagai manusia tentu kita akan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Dengan demikian kita harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang-orang disekitar kita. Komunikasi adalah hal yang memang perlu untuk diperhatikan. Ketika kamu tidak membiasakan diri untuk menjalin komunikasi, maka kamu akan mengalami kesulitan untuk bertanya mengenai berbagai hal yang mungkin akan menjadi salah satu faktor yang akan membantu keberhasilanmu.

Berbakti kepada orang tua

berbakti
Photo by Juliane Liebermann on Unsplash

Kehidupan manusia tidak terlepas dari perjuangan kedua orang tua dalam menjaga dan mendidik kita. Doa orang tua sangat berpengaruh besar terhadap kesuksesan anaknya. Berbakti kepada kedua orang tua merupakan kewajiban seorang anak, karena kita tahu bahwa kasih saying dan perjuangan yang orangtua berikan hingga sampai saat ini tak mampu kita gantikan dengan apapun, dengan demikian salah satu bentuk balasan terbaik adalah tetap berbakti kepada orangtua. Usaha yang kita lakukan tidak akan ada artinya jika kita sendiri lupa untuk melaksanakan kewajiban kita Bagaimana pun keadaanmu kini jangan jadikan sebagai alasan untuk tidak berbaktik kepada orangtua, karena mereka berdua telah berjuang untuk tetap menjagamu dan mendidikmu.

Beribadah

Beribadah merupakan sebuah kewajiban yang tidak boleh kita tinggalnya sebagai umat yang beragama.

Jujur

Kejujuran dapat membantu kita untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Ketika kita memutuskan untuk bertindak tidak jujur, misalnya dalam sebuah ujian, maka jika suatu saat nanti kita dihadapkan dengan ujian yang lebih ketat pengawasannya, kita tidak akan bisa mengerjakan ujian tersebut, akhirnya kekecewaan yang akan kita dapatkan. Jujur dalam segala hal itu penting.

Bijak dalam menggunakan waktu

Kita tahu bahwa kita hidup di dunia hanya satu kali. Untuk mencapai sebuah impian kita diberikan kesempatan satu kali, karena seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa kita hidup hanya sekali. Memanfaatkan waktu itu penting, karena waktu akan terus berjalan dan jika kita tidak memanfaatkan waktu dengan bijak maka itu artinya kita menyia-nyiakan kesempatan yang kita miliki. Membuat jadwal kegiatan merupakan salah satu bentuk penggunaan waktu dengan bijak.

Menjadi lulusan terbaik memang sulit, namun tidak ada salahnya bagi kita semua untuk mengupayakannya. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di waktu mendatang, sebagai manusiakita hanya dapat berencana dan berusaha. Jadikan setiap usaha sebagai pembelajaran dalam menjalani kehidupan ini!

Tidak menjadi lulusan terbaik tidak masalah, selama kamu masih dapat menjaga nama baik kedua orangtuamu

Yakinlah bahwa semua usahamu tidak akan sia-sia!

Tetap semangat ya sobat Edura!


Sekian Info dari kami tentang Tips Menjadi Lulusan Terbaik. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau seputar kampus  ini. Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Tags

Hasna Rahma

Mahasiswa S1 Agroteknologi Universitas Padjdjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close