Kampus

Ingin Bekerja sebagai Data Analyst? Sudah Menguasai Skill ini Belum?

Halo sobat edura! Di era yang sudah serba digital ini rupanya karir sebagai Data Analyst semakin dibutuhkan nih. Tentunya karena kebutuhan akan big data seakan-akan menjadi harta karun bagi berbagai perusahaan dan memerlukan skill khusus untuk bisa mengolahnya menjadi suatu informasi yang berguna dalam menarik keputusan bisnis secara keseluruhan. Hmm gimana? Berminat untuk bekerja sebagai Data Analyst?

Seperti Apa sih Bekerja sebagai Data Analyst itu?

Data Analyst adalah bidang pekerjaan yang bertanggungjawab dalam merubah kumpulan data dalam jumlah besar dengan kode angka yang membingungkan menjadi suatu laporan yang mudah dimengerti oleh pihak manajemen.

Biasanya pihak yang sering membutuhkan jasa Data Analyst ini adalah perusahaan. Hal ini karena perusahaan pastinya ingin bisa melancarkan strategi dalam bersaing dalam dunia pasar yang luas, sehingga dibutuhkanlah suatu data yang berupa data riset pasar, penjualan, biaya transportasi, logistik, dll.

Dengan adanya para Data Analyst perusahaan jadi bisa lebih memahami data tersebut dan menggunakannya untuk membuat keputusan bisnis yang lebih strategis, seperti misalnya dalam memutuskan strategi marketing yang disesuaikan dengan hasil data mengenai selera konsumen, menekan pengeluaran biaya perusahaan, atau menentukan berapa banyak pegawai yang dibutuhkan pada hari-hari tertentu.

Berbagai Macam Data Analyst

  • Marketing Analysts
  • Operations Analysts
  • Financial Analysts

Apa saja yang Dikerjakan Data Analyst?

  • Melakukan riset dari sumber data primer dan sekunder
  • Mempertahankan database
  • Mengumpulkan, mengelola, dan menganalisa data dari berbagai sumber baik data yang masih mentah hingga sudah jadi
  • Menafsirkan data menjadi laporan yang sedang berjalan dengan menggunakan Teknik statistik
  • Menyediakan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan klien, seperti manajemen atau logistic. Karena kebutuhan datanya bisa berbeda
  • Mengimplementasi database untuk mengoptimalkan efisiensi dan kualitas statistik

Berminat Bekerja sebagai Data Analyst? Emang Berapa Gajinya?

bekerja sebagai data analyst

Bila membahas mengenai gaji sendiri, kisarannya bisa bermacam-macam. Soalnya banyak riset yang mengulas mengenai rata-rata gaji Data Analyst dan hasilnya berbeda-beda.

Misalnya saja dari hasil riset PHI-Intergration menunjukkan bahwa gaji Data Analyst untuk fresh graduate saja sudah mencapai Rp12 – 15 juta dan untuk profesional sebesar lebih dari Rp20 juta.

Lalu berdasarkan Glassdoor, gaji Data Analyst rata-rata berkisar Rp8,6 juta
Berikut ada juga list gaji Data Analyst dari berbagai perusahaan (ingat! Ini hanya informasi sementara dan bisa berubah-ubah seiring waktu) :

  • Data Analyst Gojek Indonesia PT – Rp 6,0 Mil
  • Data Analyst InboundID PT – Rp 5,0 mil
  • Data Analyst Asia Pacific Resources International Limited – Rp 28,5 Mil
  • Data Analyst Tokopedia PT – Rp10,1 Mil
  • Data Analyst Bukalapak.com PT – Rp8,3 Mil
  • Data Analyst PT. Hidup Jangan Kaku – Rp10.954.825
  • Data Analyst PT.United Tractors Tbk – Rp7.000.000

Berikut Skill yang Harus Kamu Kuasai Bila ingin Bekerja Sebagai Data Analyst

bekerja sebagai data analyst

SQL

SQL atau singkatan dari Structured Query Language. Pengertian dasarnya merupakan salah satu bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk mengakses data khususnya data dengan basis relasional.

Hal ini karena database biasanya menggunakan bahasa SQL. Sehingga bahasa ini harus dipelajari bagi kamu yang mau bergelut dalam dunia IT khususnya yang memiliki impian menjadi Data Analyst. Maka tak heran bila SQL merupakan kemampuan paling fundamental dan wajib dipelajari.

Python

Ya memang begitu lah pekerjaan seperti ini memang harus mempelajar beberapa bahasa pemrograman. Python adalah bahasa interpretative multiguna yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode.

Bahkan untuk Junior Data Analyst sekalipun dapat menguasai kemampuan Python akan menjadi nilai plus. Selain itu yang menjadi keistimewaan dari bahasa pemrograman ini adalah mudah dipelajari dibanding yang lain. Hal ini karena struktur sintak yang lebih rapi dan mudah dipahami.

Statistika

Statitiska merupakan kemampuan vital sebagai Data Scientist dimana skill ini berfungsi sebagai sarana untuk analisis data. Ya gakkan jauh sih alesannya karena pekerjaan seperti ini sangat melekat data dan angka. Terutama dalam hal menjabarkan angka pada berbagai visualisasi data seperti bentuk table, grafik, dll.

Adobe Campaign

Bagi Data Analyst, dalam mengelola data salah satu software yang dapat diandalkan adalah Adobe Campaign. Karena software tersebut dapat membantu dalam personalisasi dan mengirimkan campaign ke jaringan offline maupun online.

Machine Learning

Supaya lebih mudah Machine Learning adalah kemampuan untuk mengajarkan mesin untuk melakukan sesuatu. Yep! Mengajarkan elektronik, layaknya manusia melatih anjing.

Dengan kata lain Machine Learning merupakan bagaimana manusia dengan menggunakan Teknik statistika sehingga menghasilkan komputer kemampuan untuk “belajar”. Machine Learning sendiri digunakan pada berbagai bidang seperti image processing, energy production, automotive, dll.

Sekian Info dari kami tentang Ingin Bekerja sebagai Data Analyst? Sudah Menguasai Skill ini Belum?. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau seputar kampus  ini. Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih








Tags

Elvira

Undergraduate Communication Student at Universitas Padjadjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close