BeasiswaKampus

Mengenal Jenis Beasiswa, Kamu Cocok yang Mana?

Buat kamu yang sedang mencari beasiswa, alangkah baiknya bila mengenal berbagai jenis beasiswa lebih dulu.

Tentu saja karena setiap beasiswa memiliki klasifikasi yang berbeda-beda, baik dari segi lokasi, pembiayaan, pihak penyandang dana, persyaratan/kriteria, waktu, dll. Misalnya saja Beasiswa XL Future Leaders

Mengetahui berbagai jenis beasiswa itu penting sekali. Hal ini supaya mahasiswa nantinya dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuannya. Yuk supaya gak bingung, check it out!

Jenis Beasiswa Berdasarkan Cakupan Biaya

Photo by MD Duran on Unsplash

Beasiswa Penuh
Bila kamu sedang mencari beasiswa yang bukan hanya dapat menanggung biaya pendidikan saja tapi bersama beban-beban lain seperti akomodasi, asuransi, biaya perjalanan, hingga biaya hidup maka carilah beasiswa jenis ini.

Jadi bisa dibilang beasiswa penuh ini akan menanggung seluruh kebutuhan pelajar. Bahkan tak jarang yang sampai menanggung biaya hidup sekeluarganya juga.

Beasiswa Parsial
Sedangkan untuk beasiswa parsial itu hanya menanggung sebagian dari tanggungan biayamu saja, misalnya membantu dalam menutupi hanya biaya studi atau akomodasi.

Beasiswa Berdasarkan Pihak yang Memberi

Photo by Cole Keister on Unsplash

Beasiswa dari perguruan tinggi
Tentu saja perguruan tinggi selaku yang mendirikan pendidikan lanjutan pun turut memberikan beasiswa. Bidangnya pun bisa beragam, dimulai dari beasiswa olahraga, beasiswa bidang studi, hingga program pertukaran pelajar.

Selain itu pemberian beasiswa perguruan tinggi pun terbagi dalam beberapa skema. Pertama adalah Major-Specific Award atau beasiswa bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan akademis pada bidang tertentu.

Dengan kata lain, beasiswa ini selain ditujukan pada mahasiswa dari perguruan tinggi itu sendiri juga disediakan pula untuk mahasiswa diluar perguruan tinggi terkait, bahkan termasuk untuk WNA.

Lalu ada juga Fellowship, maksudnya disini adalah beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang sedang melakukan penelitian dalam universitas dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Selain itu adapula Athletic Scholarships yang diberikan pada golongan atlet di berbagai bidang olahraga.

Beasiswa dari Organisasi, Yayasan, Komunitas
Organisasi yang bergerak pada bidang tertentu baik akademik dan non akademik, keagamaan, hingga gerakan sosial pun turut menyediakan beasiswa yang tentunya disesuaikan dengan visi dan misi mereka.

Misalnya saja program beasiswa dari komunitas KejarMimpi yang merupakan organisasi bergerak di bidang pendidikan, maka fokusnya pun dimulai dari persyaratan pendaftar hingga benefitnya pun akan terkait pendidikan juga.

Beasiswa dari Swasta (Private Scholarships)
Beasiswa seperti ini biasanya diadakan oleh instansi/perusahaan swasta yang peduli dengan dunia pendidikan. Contoh beasiswa swasta yang bisa kamu ikuti seperti The Ford Foundation, Djarum, Sampoerna Foundation, dll.

Beasiswa dari Pemerintah
Tentu saja sebagai lembaga publik dimana memprioritaskan kepentingan masyarakat banyak memang selalu menghadirkan banyak sekali beasiswa.

Biasanya pihak lembaga yang mengadakan ini adalah organisasi publik seperti pemerintah misalnya. Buat kamu yang tertarik mengikuti beasiswa ini biasanya yang paling populer adalah LPDP, Beasiswa LIPI, Beasiswa BAPENNAS, beasiswa Kominfo, Departemen Pendidikan Nasional, dll.

Jenis Beasiswa dari Segi Lokasi

Photo by Bùi Thanh Tâm on Unsplash


Beasiswa dalam negeri
Beasiswa ini persis seperti yang telah dinyatakan sebelumnya, yaitu hanya berlaku secara nasional baik itu diberikan oleh pihak swasta, Yayasan, atau pemerintah.

Beasiswa luar negeri
Beasiswa yang ditawarkan dari berbagai negeri nun jauh disana. Biasanya sering diadakan oleh institusi resmi atau perusahaan swasta yang berdomisili di negeri terkait. Tentu saja bisa dapat beasiswa ke luar negeri ini banyak sekali diincar oleh mahasiswa

Seperti bayangkan saja bisa mendapat pengalaman berharga, pendidikan maju, relasi dari berbagai negara tanpa harus mengkhawatirkan biaya yang besar karena sudah ditanggung oleh pihak pemberi beasiswa.

Nah buat kamu yang misalnya berminat, berikut ada beberapa contoh beasiswa jenis ini yang bisa dicoba, seperti :
Beasiswa Chevening (dikelola oleh British Council)
Beasiswa Monbukagakusho dari pemerintah Jepang
Beasiswa Australia Award dari pemerintah Australia
Beasiswa Fullbright (dikelola oleh AMINEF)

Sekian Info dari kami tentang Mengenal Jenis Beasiswa, Kamu Cocok yang Mana? Untuk konsultasi mengenai Beasiswa atau seputar kampus  ini. Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Tags

Elvira

Undergraduate Communication Student at Universitas Padjadjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close