Geografi

Struktur Geografi : Geografi Fisik, Geografi Manusia, Geografi Teknik

Halo sobat edura! Kali ini kita akan lanjut selalu pada mata pelajaran Geografi di materi selanjutnya. Sekarang kita akan membahas seputar struktur geografi. Namun, supaya lebih paham materi geografi secara keseluruhan, yuk sebelumnya baca materi ini dulu :

1.) Definisi dan Konsep Geografi

2.) Prinsip dan aspek geografi
3.) 3 Pendekatan Geografi
4.) Obyek Studi Geografi


Perlu diketahui bahwa mempelajari geografi memang cukup kompleks, berhubung fokus studi yang harus dipelajari adalah segala fenomena yang terjadi di bumi. Bumi yang begitu luas dan terdiri dari berbagai komponen dengan jumlah tak terhingga ini akhirnya dikelompokkan pada kategorisasi atau fokus tertentu.

Pembagian fokusnya sendiri tidak hanya sebatas pada struktur ilmu saja tapi turut diintergasikan pendekatan ilmunya, yaitu analisis keruangan, kelingkungan, dan kewilayahan.

Hal ini karena aspek geografi sendiri mencakup fenomena alam, biotik, hingga manusia. Bahkan keterlibatan dalam mendalami geosfer ini pun bisa menciptakan cabang ilmu baru lagi.

Apa itu Struktur Geografi?

Struktur Geografi adalah unsur-unsur yang terdapat pada ilmu geografi yang dikelompokan berdasarkan fokus/target sasaran yang berbeda agar setiap aspek fenomena geosfer dapat dipelajari sepenuhnya hingga akhirnya terbentuklah cabang ilmu sebagai penunjang ilmu geografi.

Ilmu geografi membahas mengenai alam, manusia, dan sosial. Namun geografi pun turut mempelajari ilmu Teknik.

Dengan mempelajari struktur geografi ini kita jadi mengetahui ada banyak sekali cabang ilmu geografi. Sehingga geografi merupakan ilmu yang memiliki berbagai cabang ilmu yang terstruktur, tapi di saat yang sama geografi pun turut memiliki struktur ilmunya sendiri sebagaimana ilmu lainnya.

Geografi pun terbagi menjadi tiga cabang ilmu utama yang akan dibahas berikut ini.

3 Cabang Struktur Geografi

Geografi Fisik

Geografi fisik adalah cabang ilmu yang mempelajari bentang lahan atau bagian dari permukaan bumi yang terbentuk dari interaksi dan interdependensi bentuk lahan.

Atau keilmuan yang membahas dan mempelajari fenomena alam yang terjadi di sekitar kita atau terkait aspek fisik baik itu dipengaruhi oleh alam atau manusia.

Contoh dari geografi fisik adalah seperti atmosfer, tata surya, hidrosfer, lithosfer, biosfer, pedosfer, dll. Jadi bisa dilihat yang dibahas pada geografi fisik ini banyak banget kan?

Coba bayangkan bila semua komponen yang berjumlah ratusan ribu ini dipelajari secara acak. Pasti tidak ada satupun fenomena alam yang berhasil dipahami.

Nah untuk menunjang kompleksitas geosfer inilah diciptakan lingkup keilmuan untuk mendukung sistem dari geografi fisik itu sendiri, bidang keilmuannya sendiri terdiri dari :

  • Biologi adalah ilmu pengetahuan seputar biotik atau segala yang berkaitan dengan mahluk hidup
  • Ilmu tanah adalah yang mempelajari sifat-sifat tanah
  • Geologi ilmu yang berusaha mempelajari bagaimana bumi terbentuk serta perubahannya dari waktu ke waktu
  • Geomorfologi mempelajari bentuk permukaan lahan dan sejarahnya
  • Geografi tanah merupakan ilmu yang mempelajari tentang tanah, seperti sifat, penyebaran, genesis, dan penggunaannya di kehidupan manusia
  • Hidrografi ilmu mengenai penelitian dan pemetaan air di permukaan bumi
  • Biogeografi ilmu yang mempelajari penyebaran organisme
  • Hidrologi mempelajari gerakan dan persebaran air di bumi
  • Meteorologi dan Klimatologi adalah ilmu yang mempelajari iklim, cuaca di atmosfer
  • Oceanografi ilmu yang mempelajari lautan seperti sedimen, interaksi laut dan atmosfer, batuan yang membentuk dasar laut, pergerakan air laut, dll

Geografi manusia

Geografi manusia adalah cabang ilmu yang mempelajari segala hal terkait manusia seperti politk, sosial, budaya, penyebaran dan dinamika penduduk, dll. Bidang keilmuannya sendiri terbagi menjadi :

  • Ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha manusia dalam mencapai kemakmuran
  • Politik adalah ilmu yang mempelajari aktivitas negara dalam rpses untuk menentukan dan mencapai tujuan
  • Demografi ilmu yang mempelajari kondisi perubahan penduduk
  • Geografi ekonomi mempelajari cara manusia mengeksploitasi SDA, berproduksi, penyebaran industry
  • Geografi Politik adalah ilmu yang mempelajari unit-unit politik bagi secara nasional maupun internasional
  • Geografi penduduk merupakan cabang yang membahas berbagai kualitas ruang pada demografi maupun nondemografi dari penduduk manusia

Geografi Teknik

Geografi Teknik adalah cabang ilmu yang mempelajari cara menganalisis data terhadap informasi seputar geografis baik dalam bentuk diagram, citra, peta, dll. Bidang keilmuannya terdiri dari :

  • Kartografi adalah ilmu mengenai cara membuat peta dengan mengumpulkan informasi/data mengenai permukaan bumi
  • Pengindraan jauh adalah ilmu yang mempelajari cara memperoleh informasi mengenai obyek geosfer yang ingin dianalisis dengan menggunakan alat tertentu tanpa harus berkontak langsung dengan obyek tersebut (daerah, gejala)
  • Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah suatu sistem berbasis komputer yang berguna untuk mengelola, memproses, dan menganalisis data geografis maupun nongeografis

Sekian artikel dengan judul Struktur Geografi : Geografi Fisik, Geografi Manusia, Geografi Teknik Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang kampus . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Tags

Elvira

Undergraduate Communication Student at Universitas Padjadjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close