Geografi

Jenis Gerhana Matahari dan Bulan

Halo sobat edura! Jumpa lagi nih, kali ini seperti biasa kita akan membahas mata pelajaran Geografi khususnya di bab 3 mengenai jenis gerhana matahari dan bulan.

Hal ini sesuai dengan lanjutan dari materi sebelumnya, yaitu seputar sistem tata surya. So, buat kamu yang belum mempelajarinya bisa banget baca-baca seputar tata surya disini ya.

Bab 1
Definisi dan Konsep Geografi
3 Pendekatan Geografi
Prinsip dan Aspek Geografi
Obyek Studi Geografi
Prinsip dan aspek Geografi
Struktur Geografi

Bab 2
Sejarah pembentukan bumi
Struktur lapisan bumi
Proses terbentuknya kulit bumi
Pergerakan lempeng tektonik

Bab 3
7 Teori Tata Surya
Susunan sistem Tata Surya

Bila ngobrol mengenai tata surya, tentu tidak asing lagi dengan hubungan antara matahari, bumi, dan bulan bukan?

Ketiga benda luar angkasa ini mengambil posisi yang berbeda dimana matahari sebagai bintang dan pusat tata surya, bumi sebagai planet yang membutuhkan sinar matahari sekaligus mengelilingi matahari, dan bulan sebagai satu-satunya satelit alami yang mengelilingi bumi.

Bumi dan bulan selalu mengelilingi matahari sesuai dengan garis edarnya. Namun ada satu momen ketika matahari, bumi, dan bulan berada dalam suatu garis lurus, maka kondisi tersebut dapat menimbulkan terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan.

Apa itu Gerhana Matahari?

Gerhana matahari terjadi ketika bulan terletak diantara bumi dan matahari. Perlu diketahui bahwa bulan adalah satelit alami yang tidak bisa memancarkan cahayanya sendiri. Bulan bisa terlihat berkat cahaya matahari. Hal inilah yang membuat bulan mengalami fase bulan (purnama, sabit, setengah).

Nah hanya saja bila bulan berada ditengah antara bumi dan matahari hal ini akan menyebabkan bulan menutupi sinar matahari terhadap bagian bumi yang seharusnya sedang berada pada waktu siang hari.

Walaupun bulan ukurannya jauh lebih kecil dari matahari, tapi di saat yang sama jarak bulan ke bumi jauh lebih dekat dari matahari.

Jarak bulan ke bumi – 384.400 Km
Jarak matahari ke bumi – 149.680.000 Km

Hal inilah yang membuat ukuran matahari dan bulan terlihat sama bila dilihat di bumi. Ketika bulan menutupi matahari maka akan terbentuk bayang-bayang bulan ke permukaan bumi.

Bayangan pada gerhana matahari terbagi menjadi 3, yaitu bayangan inti (umbra), bayangan tambahan (penumbra), dan bayangan atumbra. Nah bayangan inilah yang menyebabkan terjadi berbagai jenis gerhana matahari dan bulan.

jenis gerhana
Picture from Freepik

Umbra adalah wilayah tergelap dari sebuah bayangan. Bayangan inilah yang membuat matahari sepenuhnya tertutup oleh bulan. bagi penduduk bumi yang melihat di wilayah bayangan ini biasanya akan melihat gerhana matahari total.

Penumbra adalah wilayah bayangan tambahan saat gerhana terjadi, biasanya sumber cahaya (matahari) akan terlihat sebagian. bagi penduduk bumi yang melihat di wilayah bayangan ini biasanya akan melihat gerhana matahari sebagian.

Atumbra adalah wilayah bayangan dimana bulan terlihat jauh lebih kecil dibanding matahari, bagi penduduk bumi yang melihat di wilayah bayangan ini biasanya akan melihat gerhana matahari cincin.

Jenis Gerhana Matahari

jenis gerhana
Picture from Freepik

Gerhana Matahari Total – Gerhana ini terjadi apabila seluruh matahari benar-benar tertutup sepenuhnya oleh bulan. Biasanya bila dilihat dari bumi, bulan dan matahari terlihat memiliki ukuran yang sama.

Gerhana Matahari Sebagian – Gerhana terjadi bila bulan hanya menutupi sebagian dari penampakan matahari. Biasanya akan berbentuk seperti matahari sabit.

Gerhana Matahari Cincin – Gerhana yang terjadi akibat bulan berada di titik terjauh dengan bumi dan bulan berada di pertengahan penampakan matahari. Hanya saja pinggiran mataharinya masih terekspos sehingga terlihat seperti cincin.

Gerhana Matahari Hibrida – Gabungan dari gerhana matahari total dan cincin. Biasanya fenomena ini dimulai dengan gerhana cincin terlebih dahulu lalu berangsur-angsur menjadi total dan kembali menjadi gerhana cincin lagi. Ketika gerhana hibrida terjadi, pada titik wilayah tertentu bumi, matahari terlihat seperti gerhana total, sedangkan pada wilayah lainnya gerhana cincin.

Apa itu Gerhana Bulan?

Gerhana bulan adalah kondisi dimana bumi berada ditengah bulan dan matahari dalam satu garis lurus yang sama.

Sehingga bayangan bumi akan mengenai bulan dan akibatnya cahaya matahari akan terhalang oleh bumi. Berhubung ukuran bumi lebih besar daripada bulan, akibatnya bulan akan tertutupi oleh bumi. Darisinilah peristiwa gerhana bulan akan terjadi dalam kurun waktu kira-kira 1 jam 40 menit.

Jenis Gerhana Bulan

jenis gerhana
Picture from Freepik

Gerhana Bulan Total – Gerhana yang terjadi ketika bagian bulan berada pada wilayah bayangan umbra.

Ketika gerhana bulan total terjadi maka peristiwa yang bisa penduduk bumi saksikan adalah warna yang berbeda dimulai dari jingga, coklat, bahkan merah. Gerhana dapat terjadi setiap 18 bulan sekali, namun ada beberapa wilayah yang gerhana bulannya hanya terjadi ratusan tahun sekali.

Gerhana Bulan Sebagian (Parsial) – gerhana ini tidak semua bagian bulan terhalang oleh bumi. Hal ini terjadi bila sebagian permukaan bulan berada di wilayah bayangan penumbra sementara sebagiannya lagi di wilayah umbra. Jadi jika dilihat pengamat dari bumi, masih ada sebagian cahaya matahari yang sampai ke bulan.

Gerhana Bulan Penumbra – Gerhana bulan ini baru terjadi pada Januari 2020 lalu. Gerhana bulan penumbra ini terjadi ketika seluruh bagian bulan berada pada wilayah bayangan penumbra. Sehingga bila dilihat dari bumi hanya terlihat warna bulan yang suram.

Sekian artikel dengan judul Jenis Gerhana Matahari dan Bulan Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang kampus . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.


Tags

Elvira

Undergraduate Communication Student at Universitas Padjadjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close