Fisika

Suhu: Sifat Termometrik Zat, Macam-Macam Termometer

Halo Sobat Edura! Sobat edura mungkin bertanya-tanya, dari manakah konsep suhu berasal? Bahan apa sajakah yang dapat digunakan untuk membuat sebuah termometer? Mengapa ada beberapa termometer dengan skala berbeda, seperti Celcius, Fahrenheit, dan Kelvin? Bagaimana pabrik memberi skala sebuah termometer? terdapat macam-macam termometer yang haru sobat edura ketahui.

Pertanyaan-pertanyaan inilah yang akan kita cari jawabannya.

Apa itu Suhu?

macam macam termometer
Photo by Adam Chang on Unsplash

Pernahkah sobat merasakan saat musim hujan merasa kedinginan,  dan saat musim panas sobat merasakan kegerahan? Lalu bagaimana sobat membedakan derajat kepanasan dan derajat kedinginan?

Ya, sobat memerlukan suatu besaran untuk dapat diukur dengan suatu alat ukur. Nah, dari sinilah munculnya konsep suhu. Kemudian orang-orang mendefinisikan suhu merupakan suatu besaran yang menyatakan ukuran derajat panas atau dinginnya sebuah benda.

lalu dapatkah tangan kita digunakan sebagai pengukur suhu?

Tangamu sebagai indra peraba tidak dapat digunkan sebagai alat pengukur suhu. Karena,suhu yang dirasakan tanganmu bergantung pada suhu yang diraba tangan sebelumnya.

Selain itu, tanganmu tidak tahan meraba benda yang sangat panas atau sangat dingin.Tanganmu sebagai sensor suhu juga tidak dapat digunakan mengukur derajat panas pada suhu tubuh.

Kamu tela mengetahui bahwa tanganmu tidak bisa digunakan sebagai alat pengukur suhu. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu dengan tepat dan menyatakannya dengan angka adalah termometer.

Saat ini terdapat beberapa jenis termometer. Jenis termometer yang akan dipilih untuk digunakan bergantung pada jangkaun suhu yang diukur, ketelitian yang diinginkan dan sifat-sifat fisik dari bahan yang digunakan.

Sifat Termometrik Zat

Sifat-sifat zat yang berubah ketika suhunya berubah disebut sifat termometrik zat. Misalnya: warna, volume, tekanan, dan daya hantar

Dengan memanfaatkan sifat termometrik zat tersebut, maka dapat dibuat beberapa jenis termometer, antara lain : termometer cairan (kaca), termometer gas, termometer hambatan listrik (pirometer), termokopel dan lain-lain.

Cairan pengisi termometer yang paling banyak digunakan adalah raksa karena:

  1. Mudah dilihat karena mengkilap
  2. Tidak membasahi dinding tabung sehingga lebih teliti
  3. Pemuaiannya teratur
  4. Daerah ukurnya besar, karena titik bekunya -39OC dan titik didihnya 137OC
  5. Penyesuaian suhunya sangat cepat

Lalu sifat mutlak yang dibutuhkan oleh sebuah termo meter adalah:

  1. Skalanya mudah dibaca,
  2. Aman untuk digunakan,
  3. Kepekaan pengukurannya,
  4. Lebar jangkauan suhu yang mampu diukur.

Macam-macam Termometer

macam-macam termometer
Photo by Matteo Fusco on Unsplash

Termometer Air Raksa

Jangkauan pengukuran suhu antara -39OC sampai dengan 500OC. Sifat termometrik air raksa adalah memuai jika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan.

Termometer Alkohol

Karakteristik air raksa adalah membeku pada suhu -40OC dan mendidih pada suhu 360OC. Karakteristik ini menyebabkan termometer air raksa hanya dapat dipakai untuk mengukur suhu-suhu di antara interval tersebut. Oleh karena itu, untuk mengukur temperatur yang lebih rendah dapat dipakai termometer alkohol(titik beku -130OC).

Termoelemen

Termoelemen bekerja atas dasar timbulnya gaya gerak listrik (ggl) dari dua buah sambungan logam apabila sambungan tersebut suhunya berubah.

Pyrometer Optik

Pyrometer optik dapat dipakai untuk mengukur temperatur yang sangat tinggi (pengukuran di atas 1000OC) sifat termometrik adalah intensitas radiasi yang dipancarkan oleh benda yang sangat panas.

Termokopel

Jangkauan suhu antara -250OC sampai dengan 1500OC. Sifat termometrik pada termometer ini adalah perbedaan pemuaian antara dua logam berbeda yang ujungnya disentuhkan akan menghasilkan gaya gerak listrik (ggl).

Termometer Maksimum-minimum Six Bellani

Termometer Maksimum-minimum Six Bellani adalah termometer yang dipakai untuk menentukan suhu yang tertinggi atau terendah dalam suatu waktu tertentu.

Termostat

Termostat dipakai untuk mendapatkan suhu yang tetap dalam suatu ruangan.

Termometer Diferensial

dipakai untuk menentukan selisih suhu antara dua tempat yang berdekatan

Termometer Gas Volume Tetap

Pengukuran suhu antara -270OC sampai dengan 1500OC. Sifat termometrik adalah, apabila gas dipanaskan pada volume tetap, maka akan mengakibatkan pertambahan tekanan.

Skala Beberapa Termometer

Penetapan skala termometer diawali dengan pemilihan dua titik tetap yaitu titik lebur es sebagai titik tetap bawah (tb) dan titik didih air sebagai titik tetap atas (ta).

Macam-macam termometer antara lain:

Termometer Celcius (C) dengan skala 0O – 100O

Reamur (R) dengan skala 0O – 80O

Fahrenheit (F) dengan skala 32O – 212O

Kelvin (K) dengan skala 273O – 373O

Perbandingan skala C, R, F dan K adalah :

                C : R : F : K = 100 : 80 : 180 : 100   atau

                                     =   5    :   4  :   9   :   5

Dari perbandingan skala tersebut dapat dirumuskan hubungan angka-angka antara ke empat termometer tersebut:

  1. Hubungan antara C dan R :

C : R = 5 : 4, maka:            C =  R                   atau                       R =  C

  • Hubungan antara C dan F :

C : F = 5 : 9, maka              C =  (F – 32)       atau                       F =  C + 32

  • Hubungan antara R dan F :

R : F = 4 : 9, maka              R =  (F – 32)       atau                       F =  R + 32

  • Hubungan antara C dan K :

C : K = 5 : 5, maka             C = K – 273          atau                       K = C + 273

Suhu dalam Kelvin (K) disebut suhu mutlak ditulis tanpa derajat (O).


Nah, sobat Edura sekian informasi tentang materi fisika Fisika : Celcius, Pengertian, Termometer Lengkap. Ternyata konsep fisika itu ada disekeliling kita kan? Nantikan informasi lainnya seputar materi fisika dari Edura.    

Belajar materi fisika lainnya disini ya.

Informasi yang kami ambil dari beberapa sumber bacaan. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang materi sekolah . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Semangat mengejar cita-citamu ya sobat Edura!

Tags

Haruna Elfathin

Mahasiswa S1 Informatika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close