Biologi

Organ Utama Tumbuhan dan Fungsinya Lengkap

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang dikelompokan pada kingdom plantae. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri atau disebut autotrof. Fotosintesi berawal dari cahaya dan Karbondioksida masuk melalui stomata dan terjadilah fotosintesis. Hasil fotosintesis ditransportasi lewat floem sebagai energi dan sebagai cadangan makanan.

Asah kemampuan dan perluas wawasan dengan terus belajar ya sobat. Berikut tautan pembelajaran mata pelajaran Biologi. Jaringan Tumbuhan.

Organ Tumbuhan

Tumbuhan memiliki 5 organ utama .Organ utama pada tumbuhan yaitu daun, batang, akar, bunga dan buah

Daun

Photo by Avinash Kumar on Unsplash

Pada tumbuhan tingkat tinggi daun merupakan tempat penting untuk
fotosintesis. Pada daun memiliki klorofil, stomata yang berperan penting untuk fotosintesis. Selain klorofil masih banyak jaringan-jaringan yang terdapat di daun, diantaranya;

  • Jaringan-jaringan yang mengandung banyak kloroplas, yaitu mesofil, pallisade, dan mesofil spons,
  • Jaringan ikat pembuluh, sebagai alat transport
  • Memiliki mulut daun atau stomata sebagai jalan masuk dan keluarnya udara yang kandungan Karbondioksidanya diperlukan dalam fotosintesis
  • Mempunyai jaringan yang banyak ruang antar sel untuk menampung
  • Mempunyai jaringan pelindung yang dilapisis kutikula untuk mengurangi udara.

Batang

Photo by Brandon Green on Unsplash

Batang berfungsi sebagai tempat transportasi air dan zat-zat mineral yang diserap oleh akar, hasil fotosintesil yang berasal dari daun, batangpun menjadi tempat tumbuhnya daun, bunga dan buah.

Pada tumbuhan monokotil meristem apikal kecil dan berkembang menjadi
bakal daun, bakal tunas ketiak, dan epidermis.

Batang tumbuhan dikotil tumbuhannya batang dimulai dari meristem apikal yang terdapat di ujung batang. Meristem apikal membentuk jaringan primer seperti bakal daun, tunas ketak, epidemis, korteks, dan empulur.

Di bawah meristem apikal terdapat meristem primer yang menebal disebut meristem primer. Meristem ini berkembang menjadi bagian terbesar batang yang berisi ikatan pembuluh yang tersebar sehingga tidak kelihatan adanya korteks dan silinder pusat.

Akar

Photo by Matteo Grando on Unsplash

Akar berfungsi menyerap air dan unsur hara dari dalam tanah dan diangkut dan di distribusikan oleh batang ke daun. Akar merupakan pondasi dari sebuah tumbuhan dan sebagian akar telah mengalami modifikasi menjadi tempat menyimpan cadangan makanan. Contohnya ketela pohon, ubi dan lain sebagainya.

Akar berkembang dari meristem apikal di ujung akar yang ditutupi oleh tudung akar. Tudung akar berasal dari meristem apikal terdiri atas sel-sel parenkim. Pembelahan meristem apikal membentuk daerah pemanjangan dan daerah diferensiasi.

Daerah diferensiasi dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Daerah pendewasaan jaringan primer
2. Daerah jaringan primer yang sudah dewasa

Jaringan sekunder pada akar dikotil tumbuh dari kambium. Pada akar monokotil tidak memmpunyai kambium, ini disebabkan tidak adanya jaringan sekunder.

Bunga

Bunga merupakan tempat alat kelamin tumbuhan dan tempat fertilisasi atau pembuahan. Fertilisasi adalah proses pembuahan dikarenakan jatuhnya serbuk sari di kepala putik. Bunga terbagi menjadi dua yaitu, bunga lengkap dan bunga tidak lengkap.

  1. Bungan lengkap adalah bungan yang mempunyai kelopak (callyx), mahkota (corolla), benang sari (stamen) dan putik (pisti). Benang san merupakan alat pembiak jantan karena menghasilkan inti sperma. Putik merupakan alat pembiak betina karena membentuk ovum (sel
    telur).
  2. Bunga tidak lengkap adalah bunga yang tidak mempunyai satu atau dua di antara empat bagian bunga.
    Contoh bunga rambutan (Nephelium lappaceum) tidak mempunyai
    mahkota bunga. Bunga lada (Piper nigrum) tidak mempunyai kelopak
    dan mahkota bunga.

Buah

Melekatnya serbuk sari di atas kepala putik disebut penyerbukan. Penyerbukan diikuti oleh pembuahan. Sesudah pembuahan, bakal buah dan biji berkembang menjadi buah. Biji yang mengandung embrio atau lembaga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan bagi tumbuhan.
Macam-macam buah adalah sebagai berikut :

  1. Buah tunggal : buah yang dibentuk oleh hanya satu bakal buah.
    Contoh: Buah mangga dan pepaya.
  2. Buah agregat : buah yang dibentuk oleh banyak bakal buah dari satu
    bunga. Contoh : buah murbai.
  3. Buah majemuk (buah berganda) : buah yang dibentuk oleh banyak bakal buah dari banyak bunga. Contoh : buah nanas, nangka dan keluwih.

Sekian info tentang Organ Utama Tumbuhan dan Fungsinya Lengkap

Belajar materi biologi lainnya disini ya. Dan untuk latihan soal biologi disini ya.

Informasi yang kami ambil dari beberapa sumber bacaan. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang materi sekolah . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura!

Tags

M Mahardika Rafi ' Setiko

Mahasiswa S1 Agroteknologi Universitas Padjadjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close